SITE STATUS
Jumlah Member :
500.927 member
user online :
827 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Ingin melahirkan normal setelah sc


Ingin melahirkan normal setelah sc
Dok saya lagi hamil 33minggu, dan anak pertama saya usia 3thn 5bln, dan anak pertama saya dulu melahirkan lewat oprasi caesar,karena bayinya sungsang.dan untuk kehamilan sekarang ingin melahirkan normal ,apa kemungkinan dok saya bisa melahirkan normal?? Dan ciri2 bayi kepala sudah d bawah itu apa aja ya dok?? Trimakasih
07 Jul 2018, 18:25
Dari : silya

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Pilih Bersalin Normal atau Caesar ya? (2) " :Bila minggu lalu kita membahas tentang persalinan normal, seperti janji infobunda, minggu ini kami akan mengulas tentang persalinan secara Caesar.
Persalinan Caesar adalah proses kelahiran bayi yang bukan melalui vagina melainkan perut. Normalnya persalinan Caesar akan ditempuh bila ditemukan adanya kelainan kondisi jalan lahir, misalnya panggul terlalu sempit. Pada kondisi panggul yang terlalu sempit sangat beresiko bila dilakukan persalinan normal. Dikuatirkan akan timbul trauma pada Bunda dan juga janin. Dokter juga akan memberikan saran untuk bersalin Caesar bila melihat tenaga atau energi Bunda yang tidak memungkinkan bersalin normal. Kondisi janin juga menjadi bahan pertimbangan, seperti janin tidak dalam posisi siap lahir, melintang, tertekan terlalu lama di panggul, dan bila ternyata kondisi denyut jantung janin melemah.

Pemulihan bersalin caesar memakan waktu lebih lama daripada bersalin normal. Yang paling jelas adalah setelah Caesar Bunda belum dapat memberikan ASI bila kondisi Bunda belum pulih setelah operasi. Biasanya akan memakan waktu 6-8 jam setelah operasi.
Ada beberapa kemungkinan masalah yang bisa muncul setelah persalinan caesar, yakni :
• Bekas operasi terinfeksi
Bunda harus ekstra higienis dengan bekas sayatan pada operasi Caesar. Hindari jahitan terkena air kurang lebih enam pekan. Bila tak sengaja terkena air segera keringkan. Gunakan pakaian longgar supaya bekas jahitan tidak banyak tergesek.
• Cemas bila berhubungan intim lagi
Kekuatiran ini kerap melanda para Bunda sehingga menimbulkan rasa sakit di vagina saat berhubungan intim. Jangan terkecoh, rasa sakit itu muncul karena Bunda terlalu takut dan cemas bukan karena proses bersalin caesar.

Setelah bersalin Caesar, masih bisakah bersalin normal pada proses kelahiran berikutnya?
Para pakar dari American College of Obstetricians and Gynecologist menyatakan sekitar 60-80% wanita yang bersalin secara Caesar bisa melahirkan secara normal nantinya. Tentunya dengan beberapa syarat :
-Berikan selang waktu hamil minimal 2 tahun setelah operasi Caesar
-Bukan karena panggul yang sempit dan plasenta plasenta previa (plasenta yang menutupi jalan lahir)
-Apabila dokter menyatakan bekas jahitan memungkinkan persalinan normal
-Lakukan percobaan persalinan normal setelah persalinan Caesar (Vaginal Birth After Cesarean) di rumah sakit, sehingga bila persalinan normal tidak memungkinkan dapat segera diambil tindakan Caesar.

Nah, kini Bunda sudah tahu tentang persalinan normal dan Caesar. Bila faktor-faktor penyebab bersalin Caesar tidak ditemukan, jangan memilih bersalin Caesar hanya untuk menghindari rasa sakit. Tanamkan dalam pikiran Bunda kalau proses kelahiran adalah sesuatu keajaiban yang tak terlupakan seumur hidup. Selamat menyambut datangnya sang buah hati!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dhiya Nhariszs MinHo " dengan judul pertanyaan " Panggul Sempit Ingin Melahirkan Normal Pasca Caesar" pada Tanya Bidan:Selamat Sore buk, sy ingin bertanya..
saat ini sy sdh hamil ank k 2, UK 26minggu..
disaat kehamilan ank pertama sy Operasi.. krna dokter bilang tulang panggul sy kecil,,
yg sy ingin tanyakan, apakah untuk kehamilan k 2 ini sy bisa Melahirkan secara Normal ?
Terima Kasih Buk ☺

Bidan menjawab
Dear bunda Dhiya Nhariszs MinHo,
Kondisi panggul sempit memang membuat proses persalinan jadi sulit. Dalam kebidanan panggul sempit berarti ada ketidak sesuaian antara keadaan luas pintu panggul dengan besar bayi ( terutama ketidaksesuaian antara luas pintu panggul dengan bagian kepala bayi ). Sebenarnya ukuran dan bentuk panggul sempit ini bervariasi. Namun yang penting secara awam dapat dipahami bahwa untuk dapat dilahirkan kepala bayi harus mampu melewati bagian yang dinamakan pintu panggul. Untuk dapat melahirkan secara normal pasca tindakan SC, maka sangat disarankan bunda untuk menjaga berat badan janin agar tidak terlalu besar, kontrol kehamilan secara rutin, dan yang terpenting adalah persalinan harus dilakukan ditempat yang petugas kesehatan, kamar bedah dan fasilitas alat lengkap dan dapat dipakai pada saat terjadi kedaruratan. Pada kasus bunda, sebaiknya diskusikan kembali dengan dokter yang menangani kehamilan bunda, untuk persalinan terbaik.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Diana Iman " dengan judul pertanyaan " Post SC ingin persalinan normal " pada Tanya Dokter:Dok,saya mau bertanya.. Saat ini usia kandungan saya sudah memasuki 33 minggu, dan ini adalah kelahiran saya yang kedua. Kelahiran anak pertama saya melalui operasi sesar, karena setelah didiagnosa sejak usia kandungan 16 minngu ternyata janin saya kekurangan air ketuban (oligohydramnion). Setelah konsultasi dengan 4 Dokter, di kelahiran kedua ini, 2 Dokter mem-vonis harus sesar lagi, dikarenakan jarak antara kelahiran pertama dgn kedua dekat, 1 dokter belum bisa memutuskan, dan 1 dokter bisa menjamin saya untuk kelahiran normal dan bisa jadi dengan induksi. Pertanyaan saya, apabila saya memutuskan untuk melahirkan normal dan dengan induksi, apakah kemungkinan terburuk yang saya akan alami?? Apa yang sebaiknya saya lakukan, sesar atau normal??

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Apabila pada persalinan sebelumnya menggunakan cara operasi Caesar, maka persalinan berikutnya dapat saja dilakukan “percobaan persalinan normal” dengan syarat tidak ada kendala untuk dilakukan persalinan per vagina. Apabila kehamilan Bunda cukup sehat dan baik, serta memenuhi syarat untuk dilakukan persalinan normal, maka dokter anda dapat melakukan percobaan persalinan normal di rumah sakit yang juga mempunyai fasilitas kamar Operasi, agar apabila mengalami kegagalan pada persalinan percobaan, dapat segera dilakukan operasi Caesar. Namun harus diingat, bahwa tehnik sayatan dan lokasi sayatan pada operasi Caesar sebelumnya juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan, apakah dapat dilakukan persalinan normal secara aman atau tidak. Sebaiknya bunda berkonsultasi pada dokter OBSGYN yang melakukan operasi Caesar terdahulu mengenai hal ini. Demikian ajwaban saya, semoga dapat membantu Anda.



Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " idamatul.khoiriyah " dengan judul pertanyaan " Posisi janin " pada Tanya Apoteker:siang dok,, salam kenal... sy mau tanya, gerakan janin usia 32minggu terasa menonjol dikiri kanan pusar... apakah itu menanndakan kepala janin sudah dibawah? krna minggu kmaren sy periksa ke bidan katanya kpla janin masih diatas... dan disuruh banyak sujud.. yang saya takutkan jika kbanyakan sujud malah posisi kpala janin akan muter kembali ke atas.... mohon jawabannya ya dok.. trima kasih...

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Rajinlah memeriksakan kehamilan Anda (ANC/ Ante Natal Care) setidaknya 4 kali dalam periode kehamilan Bunda untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan kehamilan Bunda. Pada ANC dilakukan pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan, juga palpasi atau perabaan untuk menentukan letak janin dan pengukuran tinggi fundus uteri (TFU). Pengukuran TFU dapat membantu menentukan usia kehamilan sesuai ketinggian fundus tersebut juga prediksi berat badan janin. Posisi janin dapat mengarah ke bawah (kepala di bawah) ataupun kepala di atas atau posisi janin melintang. Pada perabaan bokong di atas (kepala di bawah) ataupun letak lintang pada perabaan puncak fundus (bagian atas perut Bunda) akan teraba lebih lunak dibandingkan bila posisi kepala janin berada di atas (perabaan kepala janin akan lebih keras). Posisi janin mungkin masih bisa berubah ataupun berputar, namun di harapkan setelah usia kehamilan 37 minggu posisi janin sudah menetap dengan posisi kepala di bawah.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :