SITE STATUS
Jumlah Member :
499.894 member
user online :
642 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


Promil
Dok sya lg promil mengkonsumsi obat seloxy AA sma folavit 400iu apakah boleh
09 Jun 2018, 12:42
Dari : Aisha Aan

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Nutrisi Pada Program Kehamilan " :Ingin hamil? Jika, ya, selamat! Dengan merencanakan kehamilan, tandanya Bunda telah siap secara emosional untuk memiliki seorang buah hati. Langkah selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan. Salah satu langkah untuk meningkatkan kesuburan adalah mengonsumsi makanan yang sehat, nutrisi yang baik dapat meningkatkan keberhasilan kehamilan dan mempersiapkan tubuh Bunda sebagai ‘rumah’ yang nyaman bagi janin. Pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas nutrisi yang diserap oleh tubuh, hal ini tentu saja menghambat proses terjadinya kehamilan.

Konsumsi asam folat sangat penting selama progam kehamilan. Dengan mengkonsumsi 400mcg asam folat per hari, terutama pada masa sebelum dan selama masa awal kehamilan, dapat mengurangi resiko gangguan perkembangan otak pada janin. Asam folat dapat Bunda peroleh dalam bentuk suplemen atau dari sumber alami semisal: alpukat. Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada alpukat ditunjang pula dengan kandungan vitamin B6, betakaroten, vitamin E dan klorofil. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi vitamin B6 sekurangnya 10mg/hari selama program kehamilan, mampu meminimalisir efek morning sickness pada masa kehamilan.

Vitamin lain yang menujang proses kehamilan adalah vitamin C dan E. Kedua vitamin ini sama pentingnya dengan asam folat. Selain menunjang daya tahan tubuh, vitamin C mampu meningkatkan kesuburan, asupan vitamin C alami bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan semisal: stroberi, jambu biji, jeruk, papaya, dll. Bosan dengan buah-buahan tersebut? Tidak masalah, bunda dapat mengolahnya menjadi smoothie, jus bahkan gelato. Selanjutnya, vitamin E memiliki peran yang tak kalah penting, Bunda! selain berperan sebagain antioksidan, ia juga mampu melindungi sel telur dari radikal bebas. Sumber vitamin E alami selain alpukat, dapat Bunda peroleh melalui konsumsi kacang almond, bayam, brokoli, dll.

Beberapa tips berikut ini dapat membantu Bunda dalam menjalani program kehamilan:
1. Hindari rokok
2. Konsultasikan program hamil kepada dokter
3. Istirahat yang cukup
4. Stop konsumsi alkohol
5. Olah raga yang cukup


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rr dwi " dengan judul pertanyaan " vit untuk program hamil " pada Tanya Bidan:Selamat Siang Bu Bidan,
saya sdh 4 th menikah blm dkaruniai anak. Sy lg mau program hamil, kbtulan dksh tw dengan kluarga dan teman vit ny.
Folic acid dan folavit itu apa y? apakah aman? apa ada efek samping? apa boleh jk dkonsumsi dua2 ny sekaligus?
Dan yg minum itu istri saja, atw istri dan suami?
Ditunggu balasanny y bu.
Terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda rr Dwi,
Folavit dan folic Acid memiliki kandungan yang sama yaitu asam folat. Salah satu kegunaannya adalah pada wanita hamil dapat mencegah keguguran dan anak lahir cacat, efek samping asam folat sangat kecil angka kejadiannya karena asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air. Terapi ini aman dikonsumsi oleh bunda beserta pasangan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " budisusan " dengan judul pertanyaan " Minum folic acid 400mcg untuk kesuburan pria " pada Tanya Dokter:siang dokter, saya baru menikah 6bulan dan sedang promil istri saya minum enervon-c dan nature's plus folic acid hearts 400Mcg, karena saya baca2 bagus untuk sel telur apakah saya minum juga atau tidak, karena saya baca juga bagus untuk sperma Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Ayahanda,
Vitamin C, E dan asam folat sering di hubungkan dengan masalah kesuburan. Sebagai zat anti oksidan, vitamin C dan E dianjurkan untuk digunakan dalam kasus infertilitas baik pria dan wanita begitu juga dengan suplemen asam folat. Untuk dosis yang tepat, maka Ayahanda dapat berkonsultasi kepada dokter secara langsung.
Secara umum, konsumsi vitamin C dan E dalam bentuk suplemen dapat dilakukan dengan suplemen yang di jual bebas di apotik, namun untuk dosis yang tinggi akan membutuhkan resep dan saran dokter. Asam folat juga bisa di gunakan dengan dosis 400 mcg per hari dalam bentuk suplemen. Selain suplemen, makanan alami sangatlah penting. Makanlah sayuran hijau dan buah-buahan untuk mengambil manfaat vitamin C dan E serta asam folat.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " sarli " dengan judul pertanyaan " vitamin untuk perencanaan kehamilan
" pada Tanya Apoteker: Selamat siang..saya mau bertanya
sekarang saya sedang percenaan kehamilan, vitamin/obat apa saja yang perlu dikonsumsi agar cepat hamil.
terimkasih sebelumnya..

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Sarli,
Berikut adalah beberapa vitamin yang dapat meningkatkan fertilitas :
Zink:

- Zink berkontribusi dalam ovulasi dan kesuburan pada wanita dan juga pembentukan sperma dan testosteron pada laki-laki.


Coenzyme Q10:
- CoQ10 dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur dan juga meningkatkan jumlah sperma.


Zat Besi:
- Zat besi dibutuhkam untuk memproduksi hemoglobin yang merupakan komponen pada sel darah merah yang membawa oksigen. Jika organ dan jaringan kekurangan oksigen, maka tidak dapat berfungsi dengan baik, termasuk jaringan reproduksi dan pendukungnya.

Vitamin E :
- Menurut penelitian, vitamin E dapat meningkatkan kesehatan dan motilitas dari sperma. Dalam salah satu penelitian,dengan mengkonsumsi suplemen vitamin E dan selenium dapat meningkatkan motilitas, presentasi sperma yang hidup dan presentase spermatozoa normal . Selain itu, Vitamin E dapat meningkatkan mukus pada cervix yang dapat membantu supaya sperma tetap hidup selama beberapa hari. vitamin E dapat mencegah kerusakan pada sel telur dan meningkatkan kesehatan sel telur.
Semoga informasi dari saya dapat membantu.
Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel