SITE STATUS
Jumlah Member :
499.894 member
user online :
657 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan BO


kehamilan BO
siang dokter,
sy hamil 8w5d pas d usg yg terlihat kantung rahim 5,14 cm klo menurut usia usg 10w3d v dokter d puskesmas tdk memvonis saya bo di suruh dirujuk ke dr.spesialis atau ke rumah sakit
kebetulan pas d usg juga ditemukan kista ovarium 2,3cm letaknya di luar kandungan...
apakah kehamilan saya masih bisa di pertahankan dok? atau itu memang kehamilan BO.....
08 Jun 2018, 11:24
Dari : Sri Ayu Kartini Herdiana

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Waspadai Kehamilan-kehamilan Bermasalah " :Para ibu hamil diharapkan untuk selalu mengontrol kondisi janinnya secara rutin. Hal ini bukan tanpa alasan karena ada beberapa kehamilan yang bermasalah. Kehamilan bermasalah ini dapat membahayakan kondisi janin bahkan mengancam nyawa bunda. Kehamilan bermasalah yang kerap terjadi yakni kehamilan etopik dan kehamilan kosong.

Hamil Ektopik
Bila Bunda pernah mendengar istilah hamil di luar kandungan, inilah yang dinamakan hamil ektopik. Hamil ektopik adalah kehamilan di mana janin tidak menempel pada dinding rahim melainkan di luar dinding rahim seperti di saluran telur (tuba falopi), indung telur, leher rahim, atau rongga perut. Bila pertumbuhan embrio terjadi di saluran telur, maka lama kelamaan saluran akan membengkak dan pecah serta bisa mengakibatkan pendarahan yang cukup beresiko.
Hamil ektopik terjadi 1 pada 50 ibu hamil. Biasanya seorang ibu hamil baru diketahui mengalami hamil ektopik pada usia kehamilan 8 minggu. Kehamilan ini terjadi karena beberapa faktor seperti kegagalan alat kontrasepsi, adanya riwayat infertilitas atau kehamilan ektopik, gangguan pada tuba falopi, dan gangguan hormon.

Gejala umum yang tampak pada kehamilan ektopik :
-terjadi pendarahan vagina
-mual dan muntah
-terasa sakit di bagian bawah perut
-sering kram perut
-nyeri pada salah satu sisi panggul
-pusing dan merasa lelah
-nyeri pada bahu, leher dan rektum
-pingsan

Kehamilan ektopik harus selalu dihentikan. Bila kehamilan ini terdeteksi pada awal kehamilan, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan embrio. tetapi bila tuba falopi sudah mengembang, dokter akan mengambil tindakan operasi.

Kehamilan Kosong
Kehamilan kosong tidak terlihat di awal. Bila bunda melakukan tes hasilnya juga akan positif. Pada kehamilan kosong memang terjadi pembuahan sel telur namun tidak berkembang menjadi embrio. Bahkan meski pun perut tampak membesar ternyata embrio tidak tumbuh dan berkembang. Penyebab kehamilan ini sering dikaitkan dengan masalah kromosom. Bisa jadi karena kualitas sperma atau sel telur yang kurang baik. Biasanya kehamilan ini akan gugur dengan sendiri dengan tanda munculnya bercak kecoklatan. Namun untuk lebih memastikan periksalah ke dokter kandungan pilihan bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mama Frida M " dengan judul pertanyaan " Kantong Kehamilan 8 minggu " pada Tanya Bidan:bu bidan, Mohon bantuannya.. Jadi begini.. Saya mmg akhir2 ini punya siklus yg kurang teratur. Nah HPHT saya 28 januari. Tapi, saat 17 maret, TP saya baru positif. itupun masih samar. sehingga besoknya saya TP tiap hari dan baru terlihat jelas. Pada saat tgl 30 Maret, saya USG dan UK nya baru 5W 4D. Masih terlihat kantong dan belum terlihat janin. Pdhl kalau dihitung dari HPHT sdh sekitar 8W seharusnya. Aapakah ini normal? Kata2 dokter yg agak tidak mengenakkan adalah ketika dy blg "wah kyknya gak berkembang ini" , tapi dy blg tunggu 2 minggu lagi. Kok bisa ya dokternya blg begitu? Saya jd galau. Apa mungkin memang UK saya mmg masih kecil, jadi janin belum terlihat. Kan mungkin karena siklus saya panjang, jadi konsepsinya agak telat? untuk yg sudah pengalaman mohon masukannya bu. Agar saya bisa tenang. krn ini kehamilan pertama saya. jd saya kurang begitu paham.

Bidan menjawab
Dear Mama Frida M,
Usia kehamilan 8 minggu normalnya kehamilan sudah lengkap, sudah tampak janin dan Yolk Sac (Kantong Kehamilan). Pada kasus bunda, bisa saja pertumbuhannya lambat, bisa terjadi karena menstruasi yang tidak lancar. Untuk memastikannya disarankan untuk melakukan USG ulang 2 minggu pasca USG pertama untuk melihat perkembangan serta pertumbuhan janin, ataupun bunda dapat berkonsultasi dengan dokter lain guna Second Opinion. Hal ini dilakukan bukan berarti kita tidak percaya dengan dokter pertama, tetapi pendapat dokter lain diperlukan untuk kepastian.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Heni Ibuna Bayu " dengan judul pertanyaan " Janin terlambat berkembang " pada Tanya Dokter:dok saya mau tanya saat ini saya hamil 10w kemaren pas USG perut saya dinyatakan bo kantung janin saya berkembang, namun saya flek coklat tdk disertai nyeri. yg saya tanyakan apakah mmg saya Bo krn bln" sblmny sy sll haid tgl 23-25 namun terakhir haid kemaren 18 feb.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah BO yang Bunda maksudkan adalah Blighted ovum?
Pada Blighted Ovum memang biasanya tidak dapat diketahui dan baru terdeteksi setelah pemeriksaan USG karena tanda dan perkembangannya seperti layaknya kehamilan pada umumnya namun janin tidak berkembang. Setelah sekitar minggu ke 5-7 kehamilan, pada kehamilan yang normal akan di temukan kantong dan janin di dalam rahim dengan pemeriksaan USG. Terkadang dokter akan menunggu sampai beberapa minggu untuk pemeriksaan USG ulangan. Bila setelah USG ulangan tetap tidak di temukan janin di dalam kantung kehamilan, maka tidak ada janin yang berkembang dan harus di kuretase. BO juga biasanya akan mengalami keguguran secara alami, meskipun tidak semua mengalaminya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "mangot masih cinta" dengan judul pertanyaan " Kista di saat kehamilan " pada Tanya Dokter:selamat malam dok, saya mau tanya di saat usia kandungan saya 13 minggu perutbawah sebelah kanan saya mulai terasa sakit ,nyeri dan berkelanjutan perih perih, setelah saya periksa ke dokter kandungan saya positif terkena kista di dalam perut saya ,yang saya mau tanyakan apakah kista mempengarui perkembangan janin saya ??? apakah berbahaya bagi janin saya ?? tolong di jelaskan !! terimkash dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila anda memiliki kista pada ovarium atau pada kandungan anda, maka anda harus rajin memeriksakan kandungan anda untuk masa kedepannya. Adanya kista belum tentu mengganggu kehamilan apabila ukuran kista tersebut tidak bertambah besar, cara mengetahuinya adalah dengan memeriksakan kandungan anda secara rutin kepada dokter kandungan anda. Apabila kehamilan dengan baik dapat dilalui sampai lahirnya bayi anda, maka perencanaan terhadap kista tersebut dapat di tinjau kembali, berkonsultasilah dengan dokter anda apakah kista tersebut sebaiknya di angkat atau tidak. Penyebab terjadinya kista kemungkinan oleh mekanisme hormonal. Demikian jawaban saya.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :