SITE STATUS
Jumlah Member :
497.618 member
user online :
1186 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - keluar lendir pasca keguguran spontan tanpa kuret


keluar lendir pasca keguguran spontan tanpa kuret
haloo dok...mau tanya dong, HPTH saya tanggal 5 april 2018, pada tanggal 9 mei saya tespeck dan hasilnya 2 garis, besoknya saya ke bidan dihitung usia kehamilan secara manual perkiraan 5-6 minggu (belum usg) tetapi pada tanggal 24 mei saya ada flek coklat muda segaris, siangnya flek coklat tambah banyak terlebih saat sy bergerak lama lalu sy coba usg dan ada kantung janin usianya sekitar 4 minggu, sy dikasih penguat dan asam folat setelah itu flek coklat berubah seperti haid dan di hari ke 7 paginya keluar gumpalan sepanjang jari tangan dan siangnya juga keluar gumpalan agak keras, besoknya sy usg kata dokter kantungnya kecil ngga tau hamil atau engga udah ngga keliatan, dikasihlah obat antibiotik, dll setelah minum obat pendarahan sy berkurang sampai obat habis selesai pendarahannya, tetapi setelah itu sy sering mual dan sakit seperti mau haid dan keluar lendir seperti ingus bening tp tidak gatal dan tidak berbau, yg ingin sy tanyakan apakah lendir tsb normal dan apakah itu ciri rahim sy sudah bersih karena sy minum air kelapa muda, demikian dok maaf panjang, mohon diberi jawaban, terimakasih
08 Jun 2018, 10:07
Dari : indri86

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan " :Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "
lilyan22 " dengan judul pertanyaan " Pendarahan dari Keputihan Hamil 11W " pada Tanya Bidan:Saya Lilyan Ibu Hamil 11W. Dokter saya ingin bertanya kemarin saya mengalami Pendarahan, setelah diperiksa Pendarahan tersebut dari Mulut Rahim yang disebabkan dari Keputihan, yang ingin saya tanyakan apa pengaruhnya Pendarahan dan Keputihan. Informasi dari Artikel sebelumnya Keputihan Ibu Hamil itu normal dikarenakan Hormon yang tidak stabil, selagi keputihan itu tidak Bau Busuk dan Tidak Gatal. tetapi saya mengalami keputihan tidak bau dan tidak gatal tapi kenapa bisa menyebabkan Pendarahan ? adakah pengaruhnya terhadap kandungan saya ? Mohon jawabannya. Terimakasih.

Bidan menjawab
Dear bunda Lilyan,
Keputihan normalnya tidak berbau, tidak menimbulkan keluhan gatal, dan berwarna putih kekuningan. Sedangkan apabila menimbulkan gatal, berbau, serta berwarna kuning kehijauan samapai hijau maka disebut dengan keputihan abnormal. Apabila keputihan berkepanjangan dan tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan timbulnya iritasi pada mulut rahim. Selain itu, keputihan dapat menyebabkan terjadinya infeksi, yang dapat memicu terjadinya ketuban pecah dini.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " irma yulianti suhendi " dengan judul pertanyaan " Keputihan pada saat hamil " pada Tanya Dokter: pagi dok, saya mau tanya.. dari sebelum menikah saya sudah mengalami keputihan dan semakin hari warnanya semakin kehijauan dan berbau tidak sedap, saya sudah berobat kemana" namun hasilnya nihil, saya harus gimana dok ? kata orang itu bahaya, dan sekarang saya sedang hamil, apakah keputihan saya akan berdampak buruk bagi anak saya ? terima kasih sebelumnya..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila mengalami keputihan yang berjumlah banyak, lebih banyak daripada normalnya yang Bunda alami, terutama bila keputihan tersebut berwarna kekuningan , kehijauan atau putih seperti susu atau keju, mengeluarkan bau tidak sedap, maka periksakan pada dokter. Keputihan yang fisiologis atau nomal tidak berwarna ataupun berbau tidak sedap. Penyebab keputihan yang berwarna atau berbau dapat karena adanya infeksi oleh bakteri atau jamur. Faktor stress secara psikologis juga dapat memicu keluarnya cairan vagina lebih banyak dari biasanya, namun bila tidak disertai infeksi oleh bakteri ataupun jamur, hal ini tidak menyebabkan keluhan kesehatan.Saat hami, terjadi perubahan hormonal dan mempengaruhi suasana vagina yang berefek pada bertambahnya cairan keputihan serta mudah terjadi iritasi maupun infeksi oleh jamur dan bakteri. Pada hal yang lebih lanjut, keputihan ini dapat mengancam kesehatan kehamilan Bunda maka itu bila terjadi keputihan yang berwarna (terutama hijau pekat,putih menggumpal, gatal atau perih) sebaiknya mengunjungi dokter atau bidan Anda untuk diperiksa dan diobati. Jagalah kebersihan daerah kewanitaan, membasuh daerah vagina dari arah depan ke belakang bukan sebaliknya, cukup dengan air bersih atau dengan sabun khusus kewanitaan, pakailah pakaian dalam yang kering, dan pakaian yang memiliki aliran udara yang baik (tidak ketat).



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Widya Syamsa Adjiee " dengan judul pertanyaan " Flek pada usia kehamilan 5 minggu " pada Tanya Dokter:Dok saya sedang hamil uk 5w ini kehamilan saya yang pertama dok... kenapa yah dok saya sering banget flek coklat kadang sedikit kadang lumyan byak... saya sudah bedrest dan kurangi aktifitas yg terlalu berat tapi msih sering keluar flek... saya jg sudah minum obat penguat dr dokter tp tetap saja... apa kejadian seprti ini wajar pda awal kehamilan, apa ada keabnormalan dg kandungan saya dok? Tolong jawab dok trimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada ibu hamil, tidak pada umumnya mendapatkan perdarahan atau flek. Meskipun terkadang keluhan perdarahan dapat terjadi pada awal kehamilan.
Perdarahan dan ancaman aborsi pada kehamilan dapat disebabkan oleh multifaktoral bahkan tidak diketahui sebabnya. Penyebab yang umum pada perdarahan pervaginam ketika hamil adalah adanya masalah pada plasenta, plasenta menutupi jalan lahir dan lain-lain. Dilakukannya bed rest sebagai upaya untuk mencegah terjadinya aktivitas yang mengakibatkan timbulnya perdarahan per vaginam, hal ini dilakukan sampai perdarahan berhenti. Setelah itu, kurangi jumlah aktivitas karena dapat kembali menyebabkan terjadinya perdarahan. Selalu melakukan check up kehamilan dan datang kembali kepada dokter bila terjadi perdarahan meskipun tidak sesuai dengan jadwal check up Anda.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :