SITE STATUS
Jumlah Member :
499.894 member
user online :
945 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Janin tidak berkembang diusia 14 minggu


Janin tidak berkembang diusia 14 minggu
Permisi dok saya mau tanya ini kehamilan saya yang ke dua berbeda tidak seperti kehamilan saya yang pertama 5tahun lalu saya 25 tahun..kehamilan saya yg sekarang bikin saya cemas dok saya datang ke bidan kata bidan perkembangan janin saya buruk tidak seperti ibu hamil lainya tidak berkembang dengan baik karna tidak seperti janin 15 bulan dan stak sgini gini aja apakah solusi terbaik di kuret dok mohon pencerahannya .terimakasih
06 Jun 2018, 0:35
Dari : Fey arizona

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Waspadai Kehamilan-kehamilan Bermasalah
" :Para ibu hamil diharapkan untuk selalu mengontrol kondisi janinnya secara rutin. Hal ini bukan tanpa alasan karena ada beberapa kehamilan yang bermasalah. Kehamilan bermasalah ini dapat membahayakan kondisi janin bahkan mengancam nyawa bunda. Kehamilan bermasalah yang kerap terjadi yakni kehamilan etopik dan kehamilan kosong.

Hamil Ektopik

Bila Bunda pernah mendengar istilah hamil di luar kandungan, inilah yang dinamakan hamil ektopik. Hamil ektopik adalah kehamilan di mana janin tidak menempel pada dinding rahim melainkan di luar dinding rahim seperti di saluran telur (tuba falopi), indung telur, leher rahim, atau rongga perut. Bila pertumbuhan embrio terjadi di saluran telur, maka lama kelamaan saluran akan membengkak dan pecah serta bisa mengakibatkan pendarahan yang cukup beresiko.
Hamil ektopik terjadi 1 pada 50 ibu hamil. Biasanya seorang ibu hamil baru diketahui mengalami hamil ektopik pada usia kehamilan 8 minggu. Kehamilan ini terjadi karena beberapa faktor seperti kegagalan alat kontrasepsi, adanya riwayat infertilitas atau kehamilan ektopik, gangguan pada tuba falopi, dan gangguan hormon.

Gejala umum yang tampak pada kehamilan ektopik :
-terjadi pendarahan vagina
-mual dan muntah
-terasa sakit di bagian bawah perut
-sering kram perut
-nyeri pada salah satu sisi panggul
-pusing dan merasa lelah
-nyeri pada bahu, leher dan rektum
-pingsan

Kehamilan ektopik harus selalu dihentikan. Bila kehamilan ini terdeteksi pada awal kehamilan, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan untuk menghentikan pertumbuhan embrio. tetapi bila tuba falopi sudah mengembang, dokter akan mengambil tindakan operasi.

Kehamilan Kosong
Kehamilan kosong tidak terlihat di awal. Bila bunda melakukan tes hasilnya juga akan positif. Pada kehamilan kosong memang terjadi pembuahan sel telur namun tidak berkembang menjadi embrio. Bahkan meski pun perut tampak membesar ternyata embrio tidak tumbuh dan berkembang. Penyebab kehamilan ini sering dikaitkan dengan masalah kromosom. Bisa jadi karena kualitas sperma atau sel telur yang kurang baik. Biasanya kehamilan ini akan gugur dengan sendiri dengan tanda munculnya bercak kecoklatan. Namun untuk lebih memastikan periksalah ke dokter kandungan pilihan bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Kareena " dengan judul pertanyaan " Janin saya tidak berkembang " pada Tanya Dokter:Dokter... saya mw minta solusi.. Sdh 2X saya cek kandungan saya di dokter yg berbeda.. dan hasil nya sama yaitu janin sy tidak berkembang usia janin saya hampir 3bulan. Tapi saya bingung apakah harus dikuret atau dikasih obat. Sejujur nya sy sangat takut di kuret dok.. Sy pengen nya mnum obat aja..tp apakah dg obat aja tidak ada efek samping / resiko & jg dg dbantu jamu2 an stelah untuk mngeluarkan sisa" janin nya ??

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada Blighted Ovum memang biasanya tidak dapat diketahui dan baru terdeteksi setelah pemeriksaan USG karena tanda dan perkembangannya seperti layaknya kehamilan pada umumnya namun janin tidak berkembang. Setelah sekitar minggu ke 5-7 kehamilan, pada kehamilan yang normal akan di temukan kantong dan janin di dalam rahim dengan pemeriksaan USG. Terkadang dokter akan menunggu sampai beberapa minggu untuk pemeriksaan USG ulangan. Bila setelah USG ulangan tetap tidak di temukan janin di dalam kantung kehamilan, maka tidak ada janin yang berkembang dan harus di kuretase. BO juga biasanya akan mengalami keguguran secara alami, meskipun tidak semua mengalaminya. Sebaiknya Bunda tidak meminum obat-obatan tanpa saran dokter Anda agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan seperti perdarahan atau lainnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " heni.mulyati.560 " dengan judul pertanyaan " Perkembangan kehamilan " pada Tanya Dokter:Aslmkm...dok mau tanya bagaimana melihat perkembangan janin sy yg mau 7 mgg karna perut sy gemuk jadi susah untuk melihat perubahan yg ada di dalam perut sy...mksh

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk mengetahui keadaan perkembangan kehamilan dan janin Bunda, dapat dilakukan dengan cara memeriksakan kehamilan (ANC/ Antenatal Care) setidaknya 4 kali selama kehamilan. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan Bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti mengukur tinggi fundus, melakukan timbang berat badan Bunda, memperkirakan berat badan janin, pemeriksaan tensi darah, pemberian suplemen asam folat dan zat besi, pemberian imunisasi Tetanus (TT), USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :