SITE STATUS
Jumlah Member :
497.461 member
user online :
1099 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tespek brubah ngative


tespek brubah ngative
hallo dok
saya haid tgl 1maret-7maret .
tgl 5april saya tespek positive. tgl 7 say flek tgl 10 kluar drh seperti haid tp tidak banyak. tgl 11 bersih ga ada darah keluar sama sekali. cek bidan positif hamil.
2minggu kemudian saya tespek ko jadi 1garis udah 6tespek saya coba negative.
tgl 8 mei saya keluar darah seperti haid. lumayan banyak . sampai tgl 11mei mash kluar haid..
itu knp yah dok ??
terimakasih sebelumnya dok.
11 May 2018, 16:22
Dari : Aie Yulia Mulya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan "
Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " angel12345 " dengan judul pertanyaan " Testpack positif tapi samar lalu berubah jadi negatif" pada Tanya Bidan:selamat pagi bu bidan
saya sudah menikah 6 bulan
ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan
HPHT saya 29 Januari 2016
menurut kalender perhitungan masa subur,masa ovulasi saya sekitar tgl 18/19 februari dan saya rutin berhubungan
sekitar tanggal 22 PD mulai kencang,bengkak,dan sakit,
sekitar tanggal 26 feb saya TP hasilnya 2 garis,1 garis samar sekali
tanggal 28 Feb saya TP lgi hasilnya masih sama
untuk memastikan tadi pagi saya TP lagi namun hasilnya hanya 1 garis
mens saya belum telat,mengingat waktunya 35 hari,sesuai perhitungan seharusnya baru akan mens di tanggal 3/4 maret besok
mohon pencerahannya bu,kira-kira saya hamil tidak ya?
kenapa hasil TP sangat membingungkan ya?

Bidan menjawab
Dear bunda Angel,
Tespack (TP) adalah alat untuk mendeteksi kehamilan dengan mendeteksi hormon b-HCH di air seni. Hormon akan semakin meningkat seiring dengan semakin besarnya usia kehamilan. Penggunaan TP yang tidak sesuai prosedur dapat menurunkan keakuratannya. Untuk mendapatkan hasil TP yang akurat, gunakan urine pertama pagi hari, lalu hasil TP dibaca segera dalam waktu 30 detik sampai 60 detik. Hasil TP 2 garis samar setelah berulang-ulang pemeriksaan, sebaiknya harus diperiksakan langsung ke dokter. Jadi untuk memastikan keadaan bunda, sebaiknya periksakan langsung dengan dokter kandungan, tindakan USG diperlukan untuk memastikan adanya kehamilan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mah_muda " dengan judul pertanyaan " TP Positif tapi tidak hamil (haid) " pada Tanya Dokter:Dokter saya ingin bertanya sebelumnya saya ceritakan dulu kronologisnya. HPHT saya bulan lalu tanggal 14 Juli 2015 biasanya kalau haid maju 2 hari, sebulan berjalan tanpa ada gejala apapun sampai tgl 14 Agustus 2015 saya masih belum haid. Tgl 15 Agustus 2015 pagi saya coba testpack dan hasilnya 2 garis, yang satu samar. Saya sengaja tidak ke dokter karna saya nunggu telat 2 minggu dulu, sementara menunggu saya minum folavit, susu ibu hamil, dan saya menjaga asupan makanan serta berusaha tidak terlalu capek. Setelah telat 1 minggu, saya coba Testpack lagi dan hasilnya 2 garis sama terang. Setelah telat 2minggu, tgl 27 Agustus 2015 siang hari pukul 14.00 perut saya rasanya kaku nyeri dan tegang dan disertai flek coklat muda. Sampai malam hari saya merasa tidak kuat menahan rasa nyeri sampai berjalanpun sulit karena terlalu sakit namun flek sudah tidak ada. Pagi hari tgl 28 Agustus 2015 bangun tidur saya merasa nyerinya berkurang namun jadi mules, jam 7 pagi flek lagi. dan akhirnya saya ke RS. Disana saya test urine lagi hasilnya positif 2 garis. Ketika USG hasilnya masih penebalan dinding rahim. disuruh kembali lagi tgl 8 September 2015 sementara saya diberi obat penguat dan asam folat. Dan ternyata siang hari saya makin mules, nyeri dan keluar darah banyak sekali seperti haid beserta gumpalan-gumpalan darah serta ada seperti hati ayam, mules dan nyeri saya langsung hilang. Sampai hari ini darah bersih saya tidak periksa lagi. 1. Menurut dokter apa perlu saya periksa lagi ke SPOG. 2. Mengapa testpack saya positif sedangkan ternyata saya haidnya terlambat 2 minggu padahal selama ini saya tidak pernah telat haid 3. Apakah darah kemarin itu keguguran atau hanya haid biasa, mungkin krn telat makanya perut saya sakit sebelum haid? Mohon jawabannya dokter. Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Salah satu tanda bahwa adanya kehamilan adalah dengan berhentinya menstruasi atau tidak datang haid.
Pada tahap awal kehamilan, embrio tampak seperti gumpalan darah, maka itu bila terjadi keguguran pada awal kehamilan sering kali para Bunda tidak menyadarinya. .
Test kehamilan menggunakan urine dan test pack beta HCG dapat dilakukan di rumah untuk melihat apakah ada kehamilan atau tidak. Pada umumnya test ini tergolong akurat kecuali ada keadaan lainnya misalnya pengaruh beberapa obat-obatan atau ada kesalahan pemeriksaan. Selain itu, untuk mengetahui kehamilan adalah dengan pemeriksaan USG untuk melihat apakah ada kantung kehamilan dan janin atau tidak. Ada situasi di mana belum terlihat kantung kehamilan pada pemeriksaan USG namun hasil pemeriksaan kehamilan pada urine test menghasilkan positif hamil. Situasi tersebut dapat dikarenakan adanya kesulitan untuk melihat kantung kehamilan karena tebalnya lemak ataupun posisi pemeriksaan, atau memang belum terlihat adanya kantung kehamilan. Jika demikian maka dalam hal ini diperlukan pemeriksaan ulang. Bila Bunda memang sedang melakukan program kehamilan, tidak ada salahnya kembali pada dokter yang memeriksa Bunda untuk follow-up keadaan Bunda.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel