SITE STATUS
Jumlah Member :
500.022 member
user online :
987 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan 4 minggu


kehamilan 4 minggu
nafsu makan menurun
11 May 2018, 15:34
Dari : Sri Kadarti

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan " :Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mey Celalutralalatrilili Lutcu(3)" dengan judul pertanyaan "Nafsu makan berkurang saat hamil " pada Tanya Bidan:ass bu bidan.bu saya mau tanya kenapa ya d usia 11minggu kehamilan saya menjadi kurang nafsu mkan!pdahal pas 6-8bulan saya laper mulu.bagaimana masukan nya bu ?apa ini berdampak buruk pda byi d dlam perut saya!

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Mey Celalutralalatrilili Lutcu,
Pada saat trimester awal kehamilan memang pada beberapa bunda akan mengalami keluhan nafsu makan berkurang bahkan tidak ada sama sekali, hal ini disebabkan karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang sedang terjadi. Sedangkan pada saat kehamilan memasuki trimester 2 & 3 nafsu makan akan kembali normal, bahkan berlebih, hal ini disebabkan karena tubuh telah beradaptasi dengan kadar hormon yang ada. Kehilangan nafsu makan pada awal kehamilan jika dibiarkan berlarut dapat menyebabkan kurangnya nutrisi untuk janin sehingga pertumbuhan janin menjadi terhambat dan akan mempengaruhi kekebalan tubuh setelah janin lahir.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " yessigustiasari " dengan judul pertanyaan " Nafsu makan menurun saat hamil " pada Tanya Dokter: usia kehamilan saya 12 minggu 6 hari dok, yang saya tanyakan bagaimana untuk mengatasi nafsu makan saya yg berkurang dan berat badan saya menurun,,,dan susu ap yang baik buat saya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada awal kehamilan dapat terjadi perubahan mood dan nafsu makan. Pada umumnya nafsu makan akan bertambah dibanding biasanya, namun karena perubahan hormonal dapat juga menimbulkan rasa mual sampai usia kehamilan 11 minggu. Bila rasa mual ini sangat mengganggu dan menyebabkan tidak bisa makan dan minum dengan baik, maka periksakanlah kepada dokter untuk penanganan yang tepat. Bila Bunda hanya mengalami nafsu makan yang menurun tanpa rasa mual yang sangat mengganggu, maka perlu disadari bahwa nutrisi sangatlah penting bagi kesehatan pertumbuhan janin Anda. Jangan biarkan "malas makan" tanpa alasan ini menghambat masuknya nutrisi yang baik bagi Bunda dan janin. Semangati diri Bunda untuk memakan bahan makanan yang sehat, sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna cerah, sumber protein lainnya seperti ikan, daging dan susu. Tambahan suplemen asam folat sangat penting bagi kesehatan kehamilan. Suplemen ini bisa Bunda dapatkan dalam bentuk tablet ataupun susu kehamilan bersama tambahan nutrisi lainnya. Pilihlah bentuk suplemen yang Bunda anggap nyaman untuk diminum, tidak perlu berlebihan meminum suplemen.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :