SITE STATUS
Jumlah Member :
496.319 member
user online :
2195 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - jarang minum obat asam folat


jarang minum obat asam folat
Bun saya mau nanya nih, saya dari awal kehamilan 1-3bulan jarang minum asam folat dan jarang juga minum susu, skrng kehamilan saya udh 5bulan, apakah gak akan ada masalah pada janinnya?
28 Apr 2018, 23:56
Dari : Ayu Tristianty Anjani

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Asam Folat Kurangi Resiko Janin Cacat " :Saat mengetahui Bunda sedang berbadan dua pasti Bunda sibuk mengatur pola makan untuk memberikan nutrisi terbaik untuk janin. Salah satu nutrisi yang wajib diasup Bunda hamil yakni asam folat, terutama pada trimester pertama kehamilan saat organ-organ janin mulai terbentuk. Bahkan kalau perlu sejak Bunda merencanakan kehamilan asam folat ini sudah harus sering dikonsumsi.
Asam folat atau biasa dikenal dengan vitamin B9 adalah bentuk vitamin yang larut dalam air. Nutrisi jenis ini membantu proses metabolisme tubuh khususnya selama masa kehamilan.

Bunda hamil yang kekurangan asam folat bisa mengakibatkan janin cacat bahkan meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur. Kelainan yang bisa timbul karena kurang asam folat seperti :
-tengkorak janin tidak terbentuk sempurna
-persarafan di bagian tulang belakang tidak tertutup dengan baik
-gangguan saluran kemih
-plasenta lepas sebelum janin dilahirkan
-bibir sumbing.

Sementara itu untuk Bunda hamil kekurangan asam folat bisa mengakibatkan anemia yang menimbulkan gejala mudah lelah, denyut nadi lebih cepat, gemetar. Gangguan sering sesak napas dan gangguan pencernaan juga kerap kali dikeluhkan.
Untuk menghindari kerugian-kerugian di atas baik untuk si janin mau pun Bunda, mengonsumsi asam folat sudah menjadi kewajiban. Asam folat bisa Bunda dapatkan dari makanan seperti ; hati, kerang, tempe, kacang-kacangan, sayuran hijau, jagung manis, roti, kuning telur dan buah-buahan. Kalau Bunda kurang menyukai bahan makanan di atas Bunda bisa mengonsumsi susu yang mengandung asam folat. Tapi tentu saja yang harus diingat bahan makanan natural jauh lebih baik.

Contoh bahan makanan dan kadar asam folat :
-½ cangkir jagung = 38 mikogram
-½ cangkir bayam rebus = 100 mikogram
-½ cangkir brokoli = 52 mikogram
-½ cangkir kacang tanah = 106 mikogram
-½ cangkir alpukat = 75 mikogram
-½ cangkir jus jeruk = 55 mikogram

Nah kini Bunda bisa memprediksi bahan makanan apa saja sampai Bunda bisa memenuhi kebutuhan 600 mikogram asam folat dalam sehari.

Tips :
-untuk mengjindari kerusakan asam folat dalam makanan, jangan simpan bahan makanan terlalu lama dan jangan direbus dengan suhu tinggi.
-Jangan mengiris bahan makanan terlalu kecil karena resiko kerusakan asam folat lebih tinggi


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " asyaqilla " dengan judul pertanyaan " Tidak minum susu & vitamin " pada Tanya Dokter: slmt siang dok... saya mau tanya dari awal hmil smpai skrg usia 22w saya jrang bnget minum susu hamil itupun cuma hbis 1 box ... soalnya mual klo abis mnum ssu.. trus juga gk prnah mnum vit ...soalnya males bnget dok... pengaruhnya apa ya dok untuk janin saya ..? trmksh .

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Suplemen untuk ibu hamil baik dalam bentuk pil, tablet ataupun susu kehamilan pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin. Suplemen yang di berikan oleh dokter Anda sebaiknya di minum sesuai petunjuk penggunaan. Selain melalui bantuan suplemen, penuhi kebutuhan nutrisi Bunda dengan memakan makanan alami seperti nasi, sayur, buah dan susu atau bahan makanan olahan susu agar Bunda mendapat manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " jonni kania " dengan judul pertanyaan " Mencukupi kebutuhan gizi saat hamil. " pada Tanya Dokter: dokter yang baik hati, usia kandungan saya 25 minggu, Dok.ini kehamilan saya yang pertama. sejak memasuki bulan ke 2 kehamilan, saya mengalami mual muntah dan sempat agak parah (mual muntah sampai harus diopnam). sampai saat ini saya masih kadang merasa mual dan muntah. apa ini normal Dok? saya takut ini berpengaruh pada pemenuhan nutrisi janin saya, sementara sejak hamil saya tidak bisa minum susu (intoleran susu). bagaimana solusi untuk mual muntah saya dan pemenuhan nutrisi janin saya? terimakasih Dokter.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Morning sickness (mual & muntah, atau mengidam) sering terjadi pada awal kehamilan (sekitar minggu ke-6 sampai minggu ke-12 kehamilan). Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil. Pada dasarnya, morning sickness tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun Anda harus segera menemui dokter atau bidan anda bila gejala mual dan muntah sampai menyebabkan hambatan pada asupan nutrisi dan cairan Anda (selalu muntah ketika makan dan minum). Makan dan minumlah dalam porsi kecil namun sering, hindari makanan yang berbau tajam dan menyebabkan Anda mual, Anda dapat menghirup aroma lemon atau jahe untuk membantu menghilangkan rasa mual, sebaiknya Anda tidak meninggalkan atau telat makan. Pada kasus tertentu, mual dan muntah sangatlah parah dan ibu hamil harus dirawat agar terapi dan nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik, hal ini di namakan Hyperemesis gravidarum.
Bila Bunda tidak meminum suplemen kehamilan dalam bentuk susu, maka dapat juga meminum suplemen kehamilan terutama asam folat dalam bentuk tablet. Makanlah berbagai sumber makanan bernutrisi (sayur mayur dan buah-buahan berbagai warna, sumber karbohidrat, daging (sapi, ayam, ikan) dan telur).
Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter atau bidan Anda bila Anda kesulitan dalam makan dan minum karena mual dan muntah ini.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :