SITE STATUS
Jumlah Member :
501.803 member
user online :
789 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tinggi fundus


tinggi fundus
selamat malam, mau tanya, uk saya saat ini 20 week. tinggi fundus 12cm. apa itu normal?
11 Apr 2018, 18:52
Dari : Tya Supriatman

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Pemeriksaan USG Bagi Ibu Hamil " :ehamilan merupakan anugrah dari setiap wanita. Bagi Bunda yang sedang hamil, tentu selalu ingin tahu mengenai perkembangan janin yang dikandungnya. Salah satu cara untuk ‘mengintip’ kondisi janin dalam kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG tidak menggunakan sinar X atau rontgen agar dapat mendapatkan gambar janin. USG adalah singkatan ultrasonografi, yakni suatu alat yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dipancarkan transduser pada organ yang diperiksa.

Jenis USG
Terdapat 3 jenis pemeriksaan USG, yaitu:

USG 2D, adalah pemeriksaan USG 2 dimensi ukuran yakni panjang dan lebar saja. USG jenis ini menghasilkan gambar yang sulit dipahami bagi orang awam.
USG 3D, adalah pemeriksaan USG yang meliputi dimesi panjang, lebar dan kedalaman . dengan USG jenis ini dapat terlihat jelas organ tubuh bayi.
USG 4D, pemeriksaan USG jenis ini hamper sama dengan USG 3D, tapi dengan USG ini Bunda juga terdapa dimensi waktu sehingga Bunda dapat melihat gerakan yang dilakukan janin, misalnya saat tangan atau kakinya bergerak.

Manfaat USG
Berikut ini beberapa manfaat USG antara lain:
-Untu mengkonfirmasi kehamilan dan mengetahui usia kehamilan.
-Mengetahui jumlah fetus, apakah terdapat 1 atau lebih sehingga dapat diketahui bila ada kehamilan ganda/kembar.
-Mengukur cairan ketuban, bila jumlah cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menimbulkan masalah.
-Mengetahui bila ada kelainan letak janin.
-Mengetahui bila ada kelainan pada janin, seperti: hidrosefalus, sumbing, syndrome down, dll
-Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi
-Mengetahui kondisi plasenta dan menilai bila terjadi masalah seperti plasenta previa dsb.

Pemeriksaan USG biometry janin pada USG pertama biasanya dilakukan pada saat umur kehamilan 7 minggu. USG kedua pada kehamilan 18-22 minggu dan USG ketiga dilakukan pada usia kehamilan 34 minggu. Namun, pada dasarnya USG dapat dilakukan kapan saja selama kehamilan, karena tidak berbahaya bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " vebyya " dengan judul pertanyaan " tinggi pundus bayi & letak kepala bayi " pada Tanya Bidan:
selamat siang dok ,,, saya mau bertanya usia kehamilan saya 28 minggu kurang ... pas waktu usia 27 minggu saya periksa ke dokter ,, ternyata tinggi pundus janin saya masih 20 cm ,normal kah dok ?
terus posisi kepala janin saya masih berada di atas dok .... trima kasih ya dok ,,, mohon untuk di jawab ... terima kasih dok ,,,

Bidan menjawab
Dear bunda Vebyya,
Pengukuran TFU berfungsi untuk menentukan tuanya kehamilan dan berat badan janin, karena TFU memberikan informasi mengenai pertumbuhan progresif janin dan merupakan cara penapisan mendasar untuk mendeteksi masalah yang terkait dengan tinggi fundus uteri yang terlalu besar dan terlalu kecil untuk memperkirakan usia kehamilan menurut tanggal. Meskipun demikian pengukuran TFU tidak selalu memperoleh hasil yang akurat. Bila pertumbuhan janin normal maka TFU pada kehamilan 28 minggu sekurangnya 25 cm. Apabila didapatkan hasil pengukuran TFU tidak ada peningkatan, maka dicurigai adanya pertumbuhan dan perkembangan janin yang terhambat. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kondisi janin serta melakukan pengukuran bagian janin, agar dapat diketahui apakah berat janin sesuai dengan usia kehamilan. Posisi janin masih dapat berubah. Pada kehamilan minggu ke 34 sampai 36, janin biasanya masuk ke posisi tetap, yaitu kepala berda di bawah dan siap masuk panggul.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " emainayatusdzilhijah. " dengan judul pertanyaan " Perut tidak terlihat besar pada kehamilan " pada Tanya Dokter:dok,,saya hamil sudah memasuki minggu ke 21 tapi kenapa perut saya masih kecil,,belum begitu terlihat besar,,,apakah saya harus melakukan USG agar tahu kondisi bayi dalam perut saya,,???kata bidan saya kurang makan padahal saya makan sudah banyak,,,

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk mengetahui perkembangan kehamilan Bunda, dapat di ukur Tinggi Fundus Uteri sehingga dapat juga diperkirakan usia kehamilan dan taksiran berat janin yang Bunda kandung. Bila pengukuran sesuai dengan usia kehamilan Bunda, maka tidak perlu khawatir. Pemeriksaan USG juga dapat diusulkan sebagai pemeriksaan penunjang untuk melihat keadaan kehamilan Bunda bila perlu. Kenaikan berat badan Bunda juga bisa menjadi monitor perkembangan kehamilan Bunda.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel