SITE STATUS
Jumlah Member :
494.723 member
user online :
3683 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Mual nya ga ilang ilang


Mual nya ga ilang ilang
Bu bidan ,saya mau tanya
Kemarin saya udah dari bidan deket rumah dan di kasih tau kalo umur kandungan nya sekitar 7 8 minggu
Dan keluhan saya ,mual pusing dan lemes ga bisa masuk makanan sebelum makan makanan yg asem ,seperti mangga muda dll

Yg mau saya tanya bu
Saya udah di kasih obat buat pereda mual nya ( vosea tablet ) 1x sehari minum nya
Tapi ko udah minum obat itu bukan nya malah enakan tapi yg ada mual nya makin kuat ..
Sampai awal nya cuman mual doank sesudah minum obat malah jadi muntah bu ..
Solusinya gimana ya bu agar mualnya ga terlalu dan sedikit aga berkurang ,pusing lemes nya berkurang..

Makasih bu bidan
12 Mar 2018, 12:22
Dari : Mamih seno

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Cara Mengatasi Morning Sickness " :Mual dan muntah di pagi hari alias morning sickness kerap dialami Bunda yang tengah hamil trimester pertama. Faktor pemicunya antara lain karena meningkatnya hormon progesterone maupun serum hcG (human chorionic gonadotropin) di dalam tubuh. Morning sickness merupakan hal yang wajar dialami dalam kehamilan. Malah, beberapa pakar mengatakan semakin Bunda merasa mual, maka semakin kecil risiko Bunda mengalami keguguran atau kelahiran bayi prematur.

Bagaimana Mengatasinya?
Ada beberapa cara untuk menyiasati morning sickness ini, antara lain:
-Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit, makan dengan porsi kecil asal sering. Hal ini dapat meminimalisir rasa mual apalagi saat perut Bunda kosong.

-Bunda dapat mencium aroma wewangian seperti minyak lavender atau wewangiaan apapun yang Bunda suka. Hiruplah saat Bunda merasa mual sehingga membuat Bunda lebih rileks.

-Hindari minum saat Bunda tengah makan. Sebaiknya minum satu jam sebelum atau sesudah makan.

-Jahe memiliki rasa pedas yang dapat mengurangi rasa mual. Untuk itu Bunda dapat memasukkan jahe sebagai bahan pembuat makanan atau mengunyah permen jahe dapat dilakukan.

-Mintalah resep vitamin B6 pada dokter kandungan Bunda. Vitamin ini biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil trimester awal.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " andriya " dengan judul pertanyaan " Hamil muda hanya mual, tidak muntah atau sensitif bau " pada Tanya Bidan:Aslkum bu bidan..
kehamilan saya sekarang 13 minggu, dan ini adalah kehamilan yg ke dua.
kenapa saat positif hamil dan sampai sekarang saya tidak muntah dan sensitif bau..
nafsu makan juga normal, bahkan saya bisa membereskan semua pekerjaan rumah dengan nyaman. apakah ini normal bu ?
krn saat kehamilan anak pertama, saatb4 minggu saya mengalami sensitif bau, morning sickness, mual dll.. setelah masuk 8 minggu baru normal kembali.
saya takut bu.. mohon pencerahannya..
trima kasih banyak

Bidan menjawab
Dear bunda Andriya,
Keluhan mual, muntah, nafsu makan berkurang, sensitif bau, saat hamil disebabkan oleh aktifitas hormonal, dan keluhan ini dirasakan berbeda tiap individunya, begitu pula antara hamil pertama dan selanjutnya. Bila saat pemeriksaan kehamilan dan janin dalam keadaan sehat dan normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Ayuba " dengan judul pertanyaan " Mual pada masa kehamilan " pada Tanya Dokter:Dear Dr.Tanty sy mau tanya dok, knpa saya masih sering mual ya ? padahal usia kandungan sy sudah lewat dari masa ngidam... makasih ya dok..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Morning sickness (mual & muntah, atau mengidam) sering terjadi pada awal kehamilan (sekitar minggu ke-6 sampai minggu ke-12 kehamilan). Rasa mual ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil. Pada dasarnya, morning sickness tidak berbahaya bagi ibu dan janin, namun anda harus segera menemui dokter atau bidan anda bila gejala mual dan muntah sampai menyebabkan hambatan pada asupan nutrisi dan cairan anda (selalu muntah ketika makan dan minum). Makan dan minumlah dalam porsi kecil namun sering, hindari makanan yang berbau tajam dan menyebabkan Anda mual, Anda dapat menghirup aroma lemon atau jahe untuk membantu menghilangkan rasa mual, sebiknya Anda tidak meninggalkan atau telat makan. Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter atau bidan Anda bila Anda kesulitan dalam makan dan minum karena mual dan muntah ini.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Herti Marlina " dengan judul pertanyaan " Morning sickness " pada Tanya Apoteker:"Siang Bunda...,saya lagi hamil 3 bulan ( 12 minggu ) tp masih selalu morning sickness sampai usia berapa y habis mual-mual nya..?dan kalau malam susah tidur pada hal dari pagi sampai sore saya ngantor,kadang saya minta obat tidur dari Bidan apa bole y bunda? soalnya sudah berapa kali saya minum obat tidur dari bidan.Mohon jawabannya y Bunda.."

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Herti,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Morning sickness, merupakan hal yang dialami lebih dari setengah dari wanita hamil.walaupun lebih dikenal sebagai morning sickness, mual dan muntah saat kehamilan dapat dialami sepanjang hari. Rasa mual selama kehamilan ini biasa dirasakan dari awal kehamilan sampai 14 minggu. Namun ada sebagian kecil wanita hamil yang mengalami ini hingga melahirkan. Jika mual dan muntah ini sangat mengganggu, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Ada beberapa saran yang mungkin dapat mambantu :
Makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering sehingga perut tidak kosong. Simpan cemilan disamping tempat tidur seperti biskuit. Saat bangun pagi, makan beberapa biskuit dan kembali beristirahat selama 20 menit sebelum beraktifitas.

Hindari makanan dan bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.

Hindari makanan berlemak, karena lebih sulit dicerna. Hindari makanan yang pedas, asam dan goreng-gorengan yang dapat mengiritasi sistem pencernaan bunda.

Minum air yang cukup. Jangan minum terlalu banyak dalam sekali minum. Jika sering muntah, dapat minum cairan yang dapat mengganti ion tubuh.

Saya tidak menyarankan obat tidur. Segera konsultasi dengan dokter kandungan bunda.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu tidur:
- Kurangi stress.
- Cari posisi tidur yang nyaman.
- Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur.
- Minum susu hangat.
- Mandi dengan air hangat.
- Latih tubuh untuk tidur dan bangun pada jam yang teratur setiap hari.
Semoga informasi dari saya dapat membantu bunda.
Terima Kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :