SITE STATUS
Jumlah Member :
498.757 member
user online :
581 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - masa subur


masa subur
selamat siang dok, saya mau tanya saya mempunyai siklus haid 34-35 hari dan setiap 3 bulan sekali bahkan lebih dari 35 hari siklus haid saya
untuk memperbaiki siklus haid gimana ya dok caranya
terimkasih
11 Mar 2018, 11:14
Dari : miami22

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Normalkah Menstruasi Anda? " :
Menstruasi merupakan perubahan yang terjadi pada wanita yang menandakan bahwa mereka telah masuk ke masa pubertas. Biasanya mulai terjadi pada wanita usia 14 tahun. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri saat menstruasi, keluar darah yang banyak atau sedikit. Hal demikian yang terkadang menjadi pertanyaan bagi para wanita, apakah normal atau tidak? mungkin Anda salah satunya. Oleh karena itu berikut merupakan ciri-ciri menstruasi yang normal.

Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya memiliki gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut dapat dikatakan normal, karena pengaruh dari hormon. Biasanya gejala yang dialami setiap individu berbeda-beda, antara lain adalah perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi interval perhitungan dari dua siklus menstruasi, biasanya 28 hari, terkadang lebih awal atau lambat. Apabila terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal, maka, siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri saat menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi 1-2 hari pada saat menstruasi atau akan menstruasi. Apabila nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan ke dokter. Pada masa menstruasi terkadang keluar darah berupa gumpalan tetapi tidak terlalu banyak, hal tersebut dapat dikatakan normal, namun apabila volume lebih dari biasanya dianggap tidak normal.

Jumlah darah yang keluar setiap siklusnya antara 20-60cc. Pembalut memiliki daya tampung yang berbeda-beda mulai 6cc ukuran kecil dan 15-20cc yang berukuran besar, sehingga jika siklus menstruasi menghabiskan 3-7pembalut terisi penuh masih dianggap normal. Darah yang keluar saat menstruasi baunya khas, bau normal darah tidak amis dan juga tidak berbau menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3-7 hari, apabila terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera periksakan ke dokter.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " enny santosa " dengan judul pertanyaan " Siklus menstruasi dan ingin Hamil " pada Tanya Dokter:dok, siklus mens saya sebelumnya selalu datang setiap tgl 5 tapi bulan oktober kemarin saya mens tgl 8 dan bulan november ini saya telat mens saya kira saya hamil dan begitu saya testpack ternyata negatif, saya mens tgl 20. Apa ya penyebab mens menjadi tak teeratur ? dan apa tips agar cepat hamil, saya sudah menikah sejak 6 bulan dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 23 hari, 25 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid.
Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun. Jika Bunda berjauhan dengan suami, artinya tidak melakukan hubungan sexual dengan rutin 2-3 hari sekali. Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Silvi " dengan judul pertanyaan " Siklus Menstruasi Tidak TeraturKonsultasi " pada Tanya Apoteker: "aslm,,, saya manu tanya dok... saya belum punya anak tapi haid saya tidak teratur,, mohon infonya bagaimana cara mengatasi haid yang tidak teraturnya??? terimaksaih.."

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Silvi,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Siklus menstruasi wanita biasanya dengan jarak 21 hari hingga 35 hari dan berlangsung sekitar 3 sampai 7 hari. Siklus ini berbeda untuk masing-masing wanita.

Hal yang bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur adalah :
- Stress
- Berat Badan ( naik drastis atau turun drastis )
- Gangguan pola makan atau olah raga yang berlebihan
- Penyakit : Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), Endometriosis, Radang Panggul, Uterine fibroids

Mohon ambil waktu dan catat :
- Berapa lama periode menstruasi berlangsung?
- Bagaimana aliran darah yang keluar?
- Bagaimana rasa sakit atau kram yang dialami?

Segera konsultasi ke dokter jika :
- Menstruasi lebih dari 7 hari
- Kram yang sangat sakit saat mentruasi, bahkan saat tidak menstruasi
- Ada flek ditengah-tengah siklus menstruasi
- Darah yang keluar lebih banyak dari biasanya
Hal yang dapat membantu agar siklus menstruasi lebih teratur :
- Olah raga yang teratur
- Tidur yang cukup
- Pola makan yang sehat
- Kurangi stress, Alkohol dan Kafein
Semoga informasi dari saya bisa membantu.
Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter