SITE STATUS
Jumlah Member :
506.397 member
user online :
405 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Nyeri kaki dan sesak untuk bernapas


Nyeri kaki dan sesak untuk bernapas
Assalamualaikum, siang dok. nUsia kehamilan saya sudah 15 minggu. nSaya mengalami keluhan pada telapak kaki saya, terasa nyeri untuk jalan apalagi kalo bangun tidur. nDan dada terkadang terasa sesak untuk bernapas dan waktunya pun tidak menentu. Kadang pagi, siang/ mlm. Ku pikir krna asam lambungku naik, tp ternyata bukan. Karna terkadang sudah terisi nasi pun masih sesak. Kira" apa penyebabnya dan bagaimana solusi nya? Mohon masukan nya ya dok. Trims.
21 Feb 2018, 14:25
Dari : ReNi She Bungsu

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Dada Sesak Saat Hamil " :
Apakah Bunda saat hamil memiliki keluhan sesak pada bagian dada? Jangan khawatir Bunda, hal tersebut wajar dialami. Bila kehamilan Bunda telah memasuki trimester ke-3, posisi paru-paru dan diagfragma makin menyempit, sehingga memicu rasa sesak pada bagian dada. Hal ini juga disebabkan oleh ukuran janin yang semakin membesar dan posisi rahim yang meninggi.

Pada trimester ke-3, janin membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup banyak dari sebelumnya, maka jantung dan paru-paru Bunda perlu bekerja ekstra, agar suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan janin terpenuhi. Semakin meningkatnya kerja organ-organ tersebut, tentulah menyebabkan rasa sesak dan napas yang tersengal-sengal. Kerap kali, hal ini disertai dengan rasa cepat lelah ketika melakukan aktifitas.

Bobot janin yang terlampau besar juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Semakin besar janin, maka semakin besar pula ‘rumah’ yang dibutuhkan oleh janin, rahim akan semakin membesar dan meninggi, sehingga posisi paru-paru dan diagfragma akan makin terdesak. Pada kondisi ini, rasa sesak yang dialami Bunda dapat dirasakan pula ketika janin bergerak dan berubah posisi.

Hal diatas merupakan sesak yang disebabkan oleh kondisi umum pada masa kehamilan. Perlu Bunda ketahui, sesak napas juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, semisal: asma atau infeksi saluran napas dan paru. Bila Bunda memiliki riwayat penyakit tersebut, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter, karena suplai oksigen yang baik sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

Ada beberapa cara untuk meminimalisir keluhan sesak yang Bunda alami :
1.Olahraga Teratur
Lakukan olah raga ringan secara rutin, semisal: jalan kaki, yoga atau senam hamil. Olah raga ringan dapat melatih kerja otot jantung dan pernapasan. Dengan melakukannya secara rutin, diharapkan rasa sesak tersebut sedikit-banyak berkurang.

2.Posisi Tidur
Tidurlah dengan posisi miring, terlebih ketika Bunda memasuki trimester ke-3. Posisi tidur miring akan membantu Bunda untuk tidur lebih nyenyak. Ditambah dengan mengatur posisi tubuh bagian atas lebih tinggi dari tubuh bagian bawah, dengan menumpuk beberapa bantal sebagai ganjalan.

3.Jaga asupan nutrisi
Konsumsilah makanan tinggi nutrisi, semisal: beras merah, bayam, salmon, dll. Untuk konsumsi cemilan pun Bunda harus memperhatikan jenis asupan yang akan masuk, karena apa yang Bunda konsumsi akan diserap oleh janin. Pilihlah cemilan yang sehat, semisal: bubur kacang hijau, smoothie buah, dll. Hindari makanan berminyak, gula dan garam berlebih, serta makanan yang dapat memicu peningkatan asam lambung.

Setelah mengetahui apa penyebab umum dari sesak yang sering dikeluhkan ibu hamil, Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan lagi. Bila ditemukan gejala penyerta lain seperti bibir pucat atau membiru, nafas berbunyi saat terjadi sesak ataupun adanya demam dan lain-lain, maka periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " virasmi " dengan judul pertanyaan " Kaki Terasa Nyeri saat bangun pagi " pada Tanya Dokter: Malam dok, sy mau nanya kenapa setiap kali saya menginjakkan kaki saat bangun pagi kok terasa nyeri? Ini sdh berlangsung selama kehamilan sy menginjak 5 bulan, apakah ini tdk ada kaitannya dengan penyakit rematik? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Ketika hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri Bunda. Perubahan tersebut termasuk bertambahnya volume cairan di dalam tubuh, bertambahnya berat badan dan beban yang di topang oleh tubuh juga perubahan hormonal.
Bertambahnya volume cairan di dalam tubuh dapat memberikan beban dan menumpuk pada ujung-ujung alat gerak tubuh Bunda seperti tangan dan kaki. Tidak perlu di khawatirka bila keadaan tekanan darah dan protein urin dalam batas normal. Angkat dan tinggikan kaki Bunda saat beristirahat, lakukan gerakan memompa seperti menekuk dan meluruskan kembali kaki Bunda serta berjalan-jalan ringan. Begitu juga dengan tangan, Bunda dapat memberikan kompres dingin bila terasa nyeri, menggerakkan telapak tangan, mengurangi asupan garam dan minum air yang cukup.
Perubahan hormonal dapat mempengaruhi kontraksi otot termasuk di dalam saluran pencernaan, maka itu Bunda yang mengandung sering mengalami konstipasi dan nyeri otot serta sendi karena mengalami relaksasi otot sedangkan beban yang di sanggah oleh tubuh semakin bertambah. Lakukan gerakan stretching secara perlahan serta senam Kegel untuk membantu melatih kekuatan otot panggul.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " melisaa " dengan judul pertanyaan " Dada sering sakit saat hamil " pada Tanya Dokter: Siang dok..mau konsultasi nie dok..sekarang usia kehamilanku 24 minggu..np kok sekarang dadaku sakit ma sesak lalu sama pusing gtu ya dok. apa tu bawaan dari baby ku yang dikandungan pa gmn? Minta bantuan ya dok...ku tunggu jawabannya..makasih salam kenal..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda melisaa (melisaa), Apakah anda telah memeriksakan keadaan anda kepada dokter kandungan anda? Biasanya rasa sesak dapat mengacu kepada beberapa situasi, apabila dirasakan di daerah ulu hati, biasanya dikarenakan oleh asam lambung yang meningkat, hal ini biasa terjadi pada ibu hamil. Namun ada juga keadaan yaitu bertambahnya ke jantung untuk memompa darah ke seluruh permukaan tubuh ibu, dimana telah terjadi petambahan volume, rongga perut juga terasa sesak dikarenakan semakin membesarnya kandungan ibu. Pastikan asupan nutrisi anda baik, makan makanan yang bergizi dan jangan lupa mengonsumsi suplemen zat besi. Saran saya, konsultasikan keluhan ibu kepada dokter kandungan ,periksakan tekanan darah anda, agar kehamilan ibu tetap terjaga dengan baik




Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :