SITE STATUS
Jumlah Member :
499.885 member
user online :
1338 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


Dewi
Siang dok, sy mw nanya. Sy kan hbis kuret.trus knp klo kecapean sering sakit perutnya. Apalagi klo buat angkat beban. Langsung perutnya sakit. Pdhl jaraknya udah 4 bulan lebih. Itu tanda normal atau bagaimana? Trmksh
13 Feb 2018, 14:27
Dari : Dewi Fajar Hartanto

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hamil Kembali Setelah Keguguran (Part II) " :Bila minggu lalu situs kesayangan Bunda ini mengulas tentang pengertian keguguran dan penyebabnya, minggu ini Infobunda akan menjelaskan langkah yang perlu Bunda lakukan untuk dapat hamil kembali setelah keguguran.

Setelah mendapatkan penanganan pasca keguguran lakukanlah konsultasi pada dokter untuk menyiapkan kehamilan kembali. Berikut langkah-langkah yang dapat Bunda lakukan supaya segera hamil kembali :

-Periksa Kondisi Kesehatan
Hal pertama yang harus dilakukan pasca keguguran adalah melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti kesehatan tubuh, kondisi reproduksi Bunda, tingkat kesuburan dan hal lainnya sesuai dengan petunjuk dari dokter Bunda. Akan lebih baik jika suami juga ikut melakukan pemeriksaan bersama.

-Pola Hidup Sehat
Sebisa mungkin jagalah berat badan Bunda tetap dalam berat badan ideal. Untuk menjaga stamina tetap fit, lakukanlah olahraga dengan rutin. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak asam folat karena asam folat dapat meningkatkan kualitas sel telur. Dengan menjaga pola hidup tetap sehat diharapkan proses pembuahan akan segera terjadi.

-Ketahui Masa Subur (Ovulasi)
Beberapa wanita tidak tahu kapan mereka berada dalam masa subur. Bila ingin segera hamil, pelajarilah bagaimana caranya untuk mengetahui masa subur, seperti menghitung sistem kalender, mengukur suhu tubuh, memeriksa cairan setelah menstruasi. Bila ingin praktis, saat ini sudah ada alat untuk mendeteksi masa subur. Lakukanlah hubungan intim lebih sering pada masa subur (2-3 kali seminggu).

-Posisi berhubungan
Meski tidak ada penelitian tentang ini, beberapa ahli percaya bahwa posisi pria di atas saat berhubungan dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan. disarankan wanita mengganjal bantal dipinggulnya supaya mulut rahim dapat menampung sperma lebih banyak.

Bila hal di atas telah dilakukan, jangan lupa untuk selalu berdoa supaya Tuhan segera mengabulkan impian Bunda dan suami untuk segera hamil lagi. Jangan kuatir, Bun. Banyak contoh kasus pasangan yang telah menunggu bahkan hingga puluhan tahun demi memeluk buah hatinya, dan akhirnya kini impian mereka terwujud. Tetap semangat Bunda!

Tips:
-Bergabunglah dalam komunitas para Bunda yang juga memiliki kondisi yang sama. Dengan begitu Bunda bisa berbagi pengalaman dan saling menguatkan.
-Jangan lakukan olahraga berlebihan. Olahraga yang berlebihan justru akan menurunkan kualitas sel telur dan sperma.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Zee Fauziiaa " dengan judul pertanyaan " sakit kram perut saat haid pertama pasca keguguran " pada Tanya Dokter: dokter tanti sy mau tanya donk,
aku kan sebulan yg lalu keguguran ,,dan skrg lg haid pertama x pasca 1 bulan yg lalu keguguran ..,wkt sbelum hamil kalo haid tdk sakit perutnya.agak nyeri sh tp gak se sakit sekarang ,sakit perut nya lebih2 dari sakit perut keguguran kemarin ..sakitnya sakit bgd ,sampe keringat dingin dan gak bsa ngapa2in ..,dan saya rasa ini sakit perut haid terparah yg sy pernah rasain ...
apa berbahayakah?apa normal.a memang seperti itu kalo haid pertama pasca keguguran .?dan apa yg hrs saya lakukan utk mengurangi sakit perut ini ...,mohon pencerahan.a y bu dokter.terimakasih.:-)

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda
Pada nyeri menstruasi dapat dibagi menjadi dua tipe yaitu primer dan sekunder. Pada primer dysmenorrheal tidak ditemukan adanya kelainan atau penyakit pada organ reproduksi, sedangkan pada dysmenorrheal sekunder terdapat kelainan atau penyakit yang menimbulkan nyeri pada saat menstruasi.
Apabila Anda telah dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan kelainan, maka kemungkinan nyeri pada saat menstruasi tersebut disebabkan oleh adanya konstraksi uterus yang terlalu kuat. Bila nyeri menstruasi sangat hebat dan berlangsung terus menerus, Bunda sebaiknya memeriksakan diri pada dokter.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis :
Jenis :
Jenis :