SITE STATUS
Jumlah Member :
499.890 member
user online :
1119 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - makanan


makanan
bu bidan mau tanya merk oatmeal yg aman di konsumsi ibu hamil apa ya???
09 Feb 2018, 16:42
Dari : Celly Tukiman

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Perhatikan Nutrisi Prakehamilan Bunda " :Apakah Bunda saat ini sedang melakukan program kehamilan? Bila ya, Bunda harus memperhatikan asupan nutrisi supaya program kehamilan Bunda dapat segera terwujud. Ya benar, Bunda tak bisa mengabaikan nutrisi Bunda, karena menurut Standard American Diet (SAD), 30% pasangan mengalami kesulitan hamil diakibatkan karena pola makan yang tidak sehat. Mungkin tanpa sadar selama ini Bunda makan dengan menu yang tinggi gula dan lemak, tetapi rendah asupan nutrisi lainnya.

Berikut beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi prakehamilan Bunda;

1.Dairy Foods
Bunda perlu memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari karena Kalsium dapat meningkatkan sistem reproduksi. Dairy Foods atau makanan hasil olahan susu (termasuk susu itu sendiri) seperti keju, yoghurt dan es krim dapat memenuhi nutrisi prakehamilan yang Bunda butuhkan. Dairy Foods kaya akan protein yang bisa meningkatkan kesuburan. Bunda bisa memilih susu kedelai yang mengandung protein tinggi bila Bunda alergi terhadap susu sapi.

2.Vitamin E
Mengonsumsi Vitamin E dapat meningkatkan produksi Enzim yang akan berpengaruh pada hormon pria untuk membentuk sperma. Meski banyak yang berpikir Vitamin E hanya untuk pria, ternyata pada wanita Vitamin E berperan penting untuk melindungi sel telur. Vitamin E terdapat pada kacang hijau, tauge, salada, daging, unggas, dll.

3.Alpukat
Alpukat mengandung Vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan hormon pria. Pada wanita, kandungan Potassium pada alpukat dapat mengatur tiroid wanita.

4.Makanan berserat tinggi
Ganti makanan karbohidrat olahan dan banyak gula yang biasa Bunda konsumsi dengan makanan berserat tinggi. Pilih roti gandum, sayuran dan buah-buahan untuk sarapan.

5.Tiram Laut
Tiram laut mengandung banyak Zing atau zat seng yang kaya akan L-Carnitine dan L-Ariginine. Zat-zat di dalam tiram laut dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma supaya volume ejakulasi meningkat.

Lalu bagaimana dengan suplemen prakehamilan? Menurut Bunda apakah Bunda perlu mengonsumsinya?

Karena seringnya asupan nutrisi yang kurang membuat Bunda akhirnya memilih suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi terutama nutrisi prakehamilan. Suplemen yang paling sering dikonsumsi para Bunda yang merencakan kehamilan adalah zat besi dan asam folat. Bila Bunda tidak dapat memenuhinya dari makanan sehari-hari, Bunda boleh mendapatkannya melalui suplemen.

Tips:
- Meski suplemen prakehamilan mudah didapat, tetapi sebaiknya pilih yang alami dari sayuran dan buah-buahan.
Nah, sekarang Bunda sudah mengerti nutrisi apa saja yang menunjang program kehamilan Bunda. Jadi, mulai dari sekarang perhatikan terus asupan nutrisi Bunda ya!


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " MARYANIJE " dengan judul pertanyaan " Asupan nutrisi untuk ibu hamil agar menambah berat badan " pada Tanya Dokter:selamat pg dok, salam kenal, saya any mau tanya saat ini sy sedang hamil 15 minggu tp pjg janin sy bru 3.5 cm,info yg sy tau harusnya sdh sekitar 12.5 cm, tp kata dokter yg meriksa sy itu msh normal. Yang mau sy tanyakan asupan nutrisi apa yg hrs sy makan mengingat pd awal kehamilan sy jarang sekali makan nasi dan sampai hari ini pun sy belum begitu nafsu makan, kecuali susu & buah , obat dari dokter pun rutin sy makan dan berat badan sy pun belum naik semenjak hamil. terimakasih bnyak dok.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada awal kehamilan dapat terjadi perubahan mood dan nafsu makan. Pada umumnya nafsu makan akan bertambah dibanding biasanya, namun karena perubahan hormonal dapat juga menimbulkan rasa mual sampai usia kehamilan 11 minggu. Bila rasa mual ini sangat mengganggu dan menyebabkan tidak bisa makan dan minum dengan baik, maka periksakanlah kepada dokter untuk penanganan yang tepat. Bila Bunda hanya mengalami nafsu makan yang menurun tanpa rasa mual yang sangat mengganggu, maka perlu disadari bahwa nutrisi sangatlah penting bagi kesehatan pertumbuhan janin Anda. Jangan biarkan "malas makan" tanpa alasan ini menghambat masuknya nutrisi yang baik bagi Bunda dan janin. Semangati diri Bunda untuk memakan bahan makanan yang sehat, sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna cerah, sumber protein lainnya seperti ikan, daging dan susu. Tambahan suplemen asam folat sangat penting bagi kesehatan kehamilan. Suplemen ini bisa Bunda dapatkan dalam bentuk tablet ataupun susu kehamilan bersama tambahan nutrisi lainnya. Pilihlah bentuk suplemen yang Bunda anggap nyaman untuk diminum, tidak perlu berlebihan meminum suplemen.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :