SITE STATUS
Jumlah Member :
506.421 member
user online :
266 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


ana
bu bidan saya mau nanya, apakah makan"an pedas dan guri saat hamil muda itu berbahaya. mohon penjelasannya bu dan makanan apa aja seharusnya yg mesti dikonsumsi saat usia kandungan 2 bulan makasih bu bidan
24 Dec 2017, 19:44
Dari : Ana Tiwi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari Berita yang berjudul " Efek Makan Pedas Pada Kehamilan " :Pada masa kehamilan memang banyak sekali hal-hal yang di pantang, salah satunya adalah makan pedas. Masyarakat beranggapan ibu hamil dilarang mengkonsumsi makanan pedas, karena mitos yang beredar apabila ibu hamil makan makanan pedas anaknya kelak tidak memiliki rambut.

Hal ini dapat dikatakan kurang tepat, karena ibu hamil tidak dilarang makan makanan pedas asal masih dalam batas normal dan pada dasarnya tidak ada pengaruhnya pada janin dalam kandungan dengan makanan pedas yang Bunda makan. Namun, akan menjadi bahaya jika terlalu banyak makan makanan pedas, karena Bunda akan merasa mulas dan tidak nyaman pada pencernaan sehingga dapat menyebabkan diare dan dapat terjadi risiko dehidrasi pada ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Makan pedas yang berlebihan dapat meningkatkan pelepasan prostaglandin, prostaglandin adalah zat yang terbentuk dari lemak yang berawal dari asam lemak yang berfungsi sebagai perantara (mediator) utama dalam proses kontraksi dan relaksasi otot polos tubuh manusia, sehingga menyebabkan otot-otot halus menginduksi kontraksi seperti halnya akan melahirkan.

Makanan pedas bukanlah pantangan bagi ibu hamil, meskipun aman dikonsumsi tetapi perlu diperhatikan kemampuan diri sendiri ketika konsumsi makanan pedas, sebaiknya batasi porsi konsumsi makanan pedas dengan mempertimbangkan efek samping yang ditimbulkan. Apabila merasa mulas setelah mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya minum segelas susu untuk membatu meredakan mulas, kemudian segera bawa ke dokter bila terjadi ketidaknyamanan terhadap kehamilan Bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " dhe.amiy " dengan judul pertanyaan " makanan pedas saat hamil" pada Tanya Bidan:Apa benar memakan makanan pedas atau yg mengandung cabe menyebabkan sakit pinggang saat melahirkan?

Bidan menjawab
Dear bunda Dhe Amiy,
Makanan pedas tidak menimbulkan keluhan nyeri pinggang, hanya saja makanan pedas dapat mempengaruhi pencernaan bunda. Jika terlalu banyqk mengkonsumsi makanan pedas biasanya menimbulkan rasa mulas, hal ini terjadi karena adanya iritasi lambung.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " PraditaAchi " dengan judul pertanyaan " Vitamin dan suplemen kehamilan " pada Tanya Dokter: Selamat sore dr. Tanti, saat ini saya usia kehamilan menginjak usia 5 bulan. selama ini saya periksa kehamilan saya di bidan terdekat. setiap kali kontrol akan diberikan vitamin & suplemen berupa asam folat, kalsium, dan penambah darah. pada awal kehamilan saya rutin meminumnya. namun, lama-kelamaan saya srg klupaan untuk meminumnya. apakah ada dampak buruk jika saya tidak mengkonsumsi vitamin & suplemen tersebut. tapi saya malah rajin mengkonsumsi susu hamil terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada masa awal kehamilan bagi ibu hamil memerlukan asupan asam folat sekitar 400 mcg per hari, kemudian meningkat menjadi 600 mcg pada trimester kedua dan ketiga. Begitu juga dengan masa menyusui, asam folat tetap dibutuhkan. Bila Bunda mendapatkan beberapa suplemen asam folat termasuk susu kehamilan, perhatikan jumlah kandungan asam folat pada produk tersebut, pilihlah salah satu atau diminum bergantian agar tidak berlebihan atau kekurangan.Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh. Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga di anjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :