SITE STATUS
Jumlah Member :
506.541 member
user online :
1034 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hasil USG


hasil USG
dok saya mau tanya tntang hasil USG saya kmaren..
. kenapa ya dok BPD nya kok hasilnya jauh lebih besar daripada HC..
. UK saya saat ini 34 mgg 4 day..
BPD perkiraan 37 wk 5 day
HC perkiraan 33 weak
. kok bisa panjang pelipis nya jauuhhh lebih besar dari pada lingkar kepala ya dok.??
08 Nov 2017, 17:54
Dari : Aiim IchaChalim

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Pemeriksaan USG Bagi Ibu Hamil " : Kehamilan merupakan anugrah dari setiap wanita. Bagi Bunda yang sedang hamil, tentu selalu ingin tahu mengenai perkembangan janin yang dikandungnya. Salah satu cara untuk ‘mengintip’ kondisi janin dalam kandungan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG tidak menggunakan sinar X atau rontgen agar dapat mendapatkan gambar janin. USG adalah singkatan ultrasonografi, yakni suatu alat yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang dipancarkan transduser pada organ yang diperiksa.

Jenis USG
Terdapat 3 jenis pemeriksaan USG, yaitu:

USG 2D, adalah pemeriksaan USG 2 dimensi ukuran yakni panjang dan lebar saja. USG jenis ini menghasilkan gambar yang sulit dipahami bagi orang awam.
USG 3D, adalah pemeriksaan USG yang meliputi dimesi panjang, lebar dan kedalaman . dengan USG jenis ini dapat terlihat jelas organ tubuh bayi.
USG 4D, pemeriksaan USG jenis ini hamper sama dengan USG 3D, tapi dengan USG ini Bunda juga terdapa dimensi waktu sehingga Bunda dapat melihat gerakan yang dilakukan janin, misalnya saat tangan atau kakinya bergerak.

Manfaat USG
Berikut ini beberapa manfaat USG antara lain:
-Untu mengkonfirmasi kehamilan dan mengetahui usia kehamilan.
-Mengetahui jumlah fetus, apakah terdapat 1 atau lebih sehingga dapat diketahui bila ada kehamilan ganda/kembar.
-Mengukur cairan ketuban, bila jumlah cairan ketuban terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menimbulkan masalah.
-Mengetahui bila ada kelainan letak janin.
-Mengetahui bila ada kelainan pada janin, seperti: hidrosefalus, sumbing, syndrome down, dll
-Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi
-Mengetahui kondisi plasenta dan menilai bila terjadi masalah seperti plasenta previa dsb.

Pemeriksaan USG biometry janin pada USG pertama biasanya dilakukan pada saat umur kehamilan 7 minggu. USG kedua pada kehamilan 18-22 minggu dan USG ketiga dilakukan pada usia kehamilan 34 minggu. Namun, pada dasarnya USG dapat dilakukan kapan saja selama kehamilan, karena tidak berbahaya bagi calon ibu dan bayi yang dikandungnya.
sumber: berbagai sumber


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " fadjarsari " dengan judul pertanyaan "Membaca hasil USG BPD dan AC usia 27 minggu" pada Tanya Bidan:Selamat pagi,
saya hamil anak pertama UK 27 minggu,
3 kali USG jenis kelamin laki-laki.
dari hasil USG usia 27 minggu memiliki BPD usia 33W14D dan AC usia 26W14D. kata dokter kehamilan saya normal walaupun BBJ lebih besar dari usia kehamilan dan memang sering terjadi pada janin laki-laki. yang saya ingin tanyakan, apakah benar itu normal mengingat perbandingan BPD dan AC yg terpaut cukup jauh?? mohon penjelasannya. terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Fadjarsari,
BPD ( Biparietal Diameter ) adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan, sedangkan AC ( Abdominal Circumferencial ) adalah ukuran lingkar perut janin. Jika BPD dikombinasikan denga AC maka akan dihasilkan perkiraan berat janin. Pada saat pengukuran dilakukan dan didapatkan hasil BPD lebih besar dari ukuran AC, maka kemungkinan yang terjadi adalah perkiraan berat janinnya kecil, namun masih dalam batas normal. Perhatikan asupan makan bunda, pilih makanan berprotein tinggi.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bunda arfa durrani " dengan judul pertanyaan " Pemeriksaan usia kehamilan melalui USG menurut ukuran BPD " pada Tanya Dokter: Selamat siang dok.. Saya mau bertanya.. Sekarang saya sedang hamil uk 22w4d kalau menurut Hpht.. Tanggal 5 des kemaren saya baru aja usg .. Tepatnya di uk 21w4d sesuai hpht.. Yg saya bingungkan adalah ukuran AC ( lingkar perut janin ) saya menunjukkan usia 20w4d saja, artinya lebih kecil seminggu dr hpht. Sedangkan uk BPD ( ukuran pelipis kiri n kanan kepala) menunjukkan usia 22w4d yang artinya lebih besar seminggu dari hpht. Apakah itu masih bs dkatakan normal atau tidak ya dok? Saya sdh coba browsing dan yg saya takutkan itu tanda hydrocephalus.. Saya tdk sempat menanyakan ke dokter tmpt sya periksa krna sya baru meneliti hasil usg saat sudah di rumah. Dokter yg memeriksa saya tidak berkata apa2 , beliau bilang semua normal saja hanya bbj nya kurang sedikit katanya. Mohon penjelasannya ya dok..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Dear Bunda,
Penghitungan hari perkiraan lahir menggunakan HPHT dapat membantu memperkirakan tanggal kelahiran, terutama bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. Namun perhitungan ini dapat meleset jauh dari tanggal yang diperkirakan bila siklus menstruasi tidak teratur. Menggunakan USG dapat juga membantu memperkirakan usia kehamilan, namun metode ini juga memiliki keterbatasan misalnya karena tebalnya lemak ataupun posisi janin yang menyulitkan untuk melihat ataupun mengukur. Selain kedua cara ini, dapat juga mengukur perkiraan usia kehamilan dengan pengukuran tinggi fundus, sekali lagi metode ini dapat meleset karena tebalnya lemak ataupun banyaknya cairan ketuban. Pada usia kehamilan 1-13 minggu, perbedaan usia kehamilan sesungguhnya dengan usia kehamilan yang diperiksa melalui USG dapat terjadi meski tidak banyak, sekitar 3 hari dari usia kehamilan yang sesungguhnya. Usia kehamilan pada trimester pertama ini di hitung dari CRL (Crown Rump Lenght). Pada trimester kedua atau usia kehamilan 14-28 week, bila memeriksakan usia kehamilan maka dapat terjadi perbedaan yang cukup banyak yaitu sekitar 10-14 hari dari usia kehamilan yang sebenarnya dan di periksa berdasarkan Biparietal Diameter. Maka itu pemeriksaan USG untuk memperkirakan usia kehamilan lebih baik dilakukan pada awal kehamilan untuk lebih tepatnya. Bila dokter Anda menyatakan keadaan kehamilan Bunda dalam keadaan baik, maka sebaiknya tidak terlalu merasa khawatir.





Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel