SITE STATUS
Jumlah Member :
506.337 member
user online :
422 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - ujung penis anak memerah


ujung penis anak memerah
dok,pada ujung penis anak saya memerah seperti ada luka ledes,dia mengeluhkan sakit pada bagian yg memerah itu tapi tidak merah sakit saat bak dan keluar dengan lancar (tidak menetes atau tersendat),tidak gatal dan tidak panas
kira2 itu kenapa ya dok?penanganan yang tepat seperti apa dan obat apa yang bisa digunakan?trims
17 Oct 2017, 17:39
Dari : Dizah S Anwar

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Anakku di sunat jin, Apa Yang Terjadi? " :Beberapa bayi yang baru lahir memiliki bentuk alat vital seperti sudah disunat, terkadang membuat orang tua bingung. Dikalangan masyarakat banyak yang beranggapan bahwa anak yang memiliki bentuk alat vital yang demikian telah disunat oleh jin, mengapa demikian?

Dalam dunia kesehatan keadaan demikian disebut dengan hipospadia. Diungkapkan oleh dr. Ayodia Soebadi, SpU hipospadia pada anak merupakan kelainan sejak lahir pembukaan uretra yang tidak sepenuhnya mengarah keujung penis, dan kulit kulup atau tudung penis tidak sepenuhnya berkembang dengan sempurna sehingga membuat ujung penis terekspos, kondisi seperti inilah yang masyarakat katakan alat vitalnya sudah disunat. Banyak kasus ini tidak diketahui penyebabnya, namun pada sebagian kasus, kondisi ini diturunkan secara genetik dan dari teori-teori yang berkembang mengaitkan kelainan ini dengan masalah hormonal, seperti pada sebuah teori mengungkapkan kelainan ini disebabkan oleh berhentinya perkembangan sel-sel penghasil androgen di dalam testis, sehingga produksi androgen terhenti dan menganggu terbentuknya uretra yang berakibat bentuk uretra yang abnormal. Hipospadia memiliki ciri-ciri : uretra (saluran untuk membuang urin) pada posisi yang salah atau abnormal, misalnya lubang kencing tidak berada di ujung kepala penis tetapi berada lebih bawah, ciri lainnya seperti penis bengkok ke bawah dengan kulit yang berlebihan diatasnya, serta pancaran urinnya tidak mengarah ke depan saat buang air kecil.

Apabila kejadian ini terjadi pada keluarga Anda, maka segera konsultasikan dengan dokter. Menurut pakar urologi anak dr. Arry Rodjani SpU, keadaan ini dapat dilakukan operasi saat anak usia dibawah 18 bulan atau sebelum anak masuk sekolah, dikarenakan mengingat besarnya dampak psikologis anak berkaitan dengan kondisi alat vitalnya berbeda dengan temannya. Tindakan operasi ini memakan waktu kurang lebih 2,5 jam dan tidak cukup sekali saja melainkan melalui beberapa tahap. dr Arry Rodjani SpU menegaskan anak hipospadia yang sudah menjalani operasi rekonstruksi tidak perlu disunat lagi. Tapi, perlu diingat bahwa anak jangan disunat sebelum dioperasi. Pasca dioperasi penis akan berkembang seperti pada umumnya, sedangkan panjang penis dipengaruhi dari banyak hal. Apabila kejadian ini tidak dilakukan operasi, maka anak akan mengalami kesulitan saat berkemih di toilet, karena pancaran urinnya tidak mengarah ke depan sehingga kemungkinan buang air kecil dengan cara jongkok. Dan juga saat dewasa nanti penderita hipospadia akan mengalami kesulitan dalam berhubungan seksual.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Fathir_Keren " dengan judul pertanyaan " Bayi Sakit Saat Pipis " pada Tanya Dokter: Dok, saya mau tanya: anak saya berumur 10 bulan, kemarin2 saat pipis sepet sakit, setelah kedoter ternyata harus disunat, yang saya tanyakan apakah ada cara lain selain disunat, karan bayi saya sedang Aktif2, duduk dan merangkak agak susah diatur dan beberapa hari stelah itu anak saya diere sebanyak 4 kali dan malamnya dia mengalami muntah sebanyak 3 kali, mohon jawabn sakit apa anak saya..?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda fathir ayyasy yulizan, Kemungkinan bayi Anda mengalami fimosis karena kulit penis melekat pada batang penis sehingga dapat terjadi infeksi dan menyumbat saluran kemih pada penis anak anda. Solusinya adalah dengan di sunat untuk membuka jalan yang tersumbat tersebut dan menghilangkan adanya infeksi tersebut. Adanya diare kemungkinan disebabkan oleh penyebab lain bukan dari keadaan fimosis ini. Demikian jawaban saya.



Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita