SITE STATUS
Jumlah Member :
506.354 member
user online :
313 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


hamil
saya lgi hamil 6 bulan
saya mau tanya apakah saya boleh makan buah semangka kuning?
pda hal saya mempunyai sarah tinggi dok??
16 Aug 2017, 11:26
Dari : Nenk Vitryea

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Perhatikan Sayur dan Buah saat Hamil " :Menjadi wanita hamil mau tidak mau harus memperhatikan apa yang Bunda konsumsi. Bunda tidak bisa lagi mengabaikan kebersihan dan juga nutrisi dari apa yang Bunda makan. Karena apa yang Bunda makan dapat dirasakan juga oleh janin Bunda. Tidak heran Bunda seringkali kuatir dengan apa yang Bunda konsumsi.

Sayur, buah, daging dan suplemen adalah sumber vitamin, mineral dan nutrisi lain yang penting ibu hamil. Tetapi ada sayur dan buah yang lebih baik Bunda hindari selama hamil. Buah apa sajakah itu dan kenapa alasannya?

1.Nanas
Bunda mungkin pernah dilarang memakan nanas karena katanya nanas bisa menyebabkan keguguran. Beberapa orang percaya enzim bromelain dalam nanas dapat mengakibatkan keguguran bila dimakan berlebihan. Namun, belum ada penelitian yang menyatakan nanas dapat menyebabkan keguguran.

2.Durian
Kebanyakan ibu hamil menghindari durian walaupun mungkin durian adalah buah kesukaan Bunda. Durian mengandung alkohol yang dapat membuat perut Bunda terasa panas dan kembung.

3.Pepaya Muda
Buah pepaya memang kaya akan manfaat. Bagi ibu hamil dan ibu yang menginginkan kehamilan di anjurkan untuk menghindari memakan buah pepaya yang masih muda dan belum matang maupn daun pepaya, karena kandungannya lebih banyak latex dan memiliki sifat mirip dengan hormon oxytocin dan prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi rahim dan keguguran.Semoga info ini dapat menahan rasa dan keinginan Bunda untuk memakan buah pepaya muda, pertimbangkan kegunaan dan manfaat bahan-bahan makanan saat Bunda sedang mengandung, apakah rasa ingin dan mitos mengidam lebih memberikan manfaat ataupun kerugian di bandingkan dengan menghindari hal-hal tersebut? Bijaksanalah dalam memilih bahan makanan untuk kesehatan kehamilan Bunda.

Sayuran Mentah
Untuk sayur tidak ada sayuran khusus yang harus Bunda hindari selama sayuran bersih. Tetapi sebaiknya Bunda menghindari sayuran mentah karena dikuatirkan sayuran tidak tercuci sempurna. Tanah yang masih menempel pada sayur dapat membawa parasit toksoplasma. Maka dari itu sebaiknya Bunda mengonsumsi sayuran matang. Sebaiknya masaklah sayuran sendiri supaya Bunda yakin dengan kebersihannya.

Tidak Berlebihan
Pada dasarnya tidak ada sayur dan buah khusus yang harus dihindari ibu hamil. Tetapi terkadang Bunda tidak dapat mengontrol porsinya sehingga itu yang dikuatirkan akan berdampak pada janin. Makanlah dalam porsi kecil dan secukupnya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dhomenk Slalu " dengan judul pertanyaan "Buah untuk ibu hamil " pada Tanya Bidan:pagi dok kehamilan saya sudah 22w tapi saya lebih suka makan buah dari pada sayur .buah apa saja yg baik untuk ibu hamil danbuah apa Samsul yg tidak baik? apakah buah salak tidak baik bagi ibu hamil? mohon penjelasannya terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Dhomenk Slalu,
Semua buah boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, yang terpenting rasanya tidak terlalu manis, atau terlalu asam , dan secukupnya saja ya bunda, untuk buah salak boleh dikonsumsi tetapi sedikit saja, dan rasanya jangan terlalu sepet ya bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Rezania1 " dengan judul pertanyaan " Tekanan darah tinggi saat hamil " pada Tanya Dokter:dokter, saya sekarang sedang hamil 2bln. kemarin periksa , tensi saya 130, mungkin ini saya sering pusing 1 minggu ini sampai sekarang. dan sy rasakan juga mual banget, muntah, badan lemas. adakah obat untuk menurunkan tekanan darah sya? dan suplemen penambah darah yg bentuk effervescent seperti Ferospat apakah aman untuk ibu hamil, krn sy muntah kalo minum yg bentuk tablet. mohon penjelasannya dokter, trm ksh

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
Sebaiknya Bunda rajin berkonsultasi dengan dokter kandungan atau Bidan Bunda, agar dapat memantau tekanan darah bunda dan menghindari bahaya preeclampsia. Apabila dokter anda mendapati keadaan preeclampsia maka beliau akan memberikan anda pengobatan untuk menurunkan tekanan darah anda. Keadaan preeclampsia biasanya ditemui pada minggu ke 20, kenaikan tekanan darah yaitu untuk tekanan sistolik (atas) 140 atau lebih, dan diastolic (bawah) 90 atau lebih. Pre eklampsia dan eklampsia adalah keadaan hypertensi yang terjadi pada saat kehamilan yang sebabnya tidak diketahui. Biasanya terjadi pada kehamilan pertama dan meningkatnya berat badan yang sangat ekstrim. Tanda-tanda yang harus anda perhatikan adalah; meningkatnya berat badan dengan cepat, terjadi pembengkakan pada kaki, wajah dan mata, sakit kepala hebat dan masalah pada visus (pengelihatan) anda bahkan kejang pada keadaan eklampsia. Rajinlah memonitor tensi darah anda dan keadaan kehamilan anda pada dokter, apabila dokter anda mencurigai adanya pre eklampsia atau eklampsia pada kehamilan anda, beliau akan memeriksa kadar protein urin anda apakah ada peningkatan atau tidak. Hindarilah makanan tinggi garam, perbanyak asupan cairan Bunda, hindari kenaikan berat badan yang tinggi serta rajin memeriksakan keadaan kehamilan Bunda.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :