SITE STATUS
Jumlah Member :
506.410 member
user online :
385 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - keluar gumpalan darah


keluar gumpalan darah
halo dok salam kenal dr saya ety usia 28th pendatang baru
saya mau tanya dok, saya haid tgl 5 agustus selesai haid tgl 12 3 hari kemudian keluar gumpalan dan darah segar sebesar jari kelingking apakah itu normal dok? terima kasih sebelumnya ya dok....
15 Aug 2017, 10:45
Dari : Ety Rofiqoh

Jawaban

Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi " :1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2.Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3.Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4.Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5.Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6.Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
-Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Damini Safitri " dengan judul pertanyaan " Kleuar Flek atau gumpalan darah tanda hamilkah? " pada Tanya Bidan:Assalamualaikum bu. saya baru berusia 19 tahun tetapi saya sudah menikah, saya tidak terlalu mengerti tentang kehamilan. Jadi gini bu saya haid pd tanggal 1 juli dan berakhir 6 juli, setelah itu saya haid kenbali tgl 31 juli pd tgl 3 agustus saya berhub intim dgn suami, posisi nya itu haid saya sudah ingin berenti krn hanya keluar bercak coklat. biasa nya saya haid sangat sakit bu bisa bisa ga bisa gerak hanya bisa bedrest biasa jika saya haid tulang2 paha pinggul semuanya sakit tetapi pd tgl 21 agustus tiba2 keluar bercak coklat bersama lendir jd encer bu saya tidak merasakan apa2 sakitpun tidak hanya terasa kram dibawah pusar dan bberap hari sebelum keluar bercak coklat saya lebih sering kencing. beberapa jam kemudian saya kencing menemukan gumpalan darah kecil dimiss v saya sdgkan dipembalut hanya ada bercak2 coklat bu tetapi encer ? ini pertanda apa bu :') saya harap harap cemas karna pingin hamil jg hehe oh iya perut dibawah terasa lebih kencang nafas terasa lebih sesak. takut jg si brharap lebih mohon dijawab ya bu terimakasih banyak :)

Bidan menjawab
Wa'alaikumsalam bunda Damini Safitri,
Menstruasi normal berlangsung selama 2-7 hari setiap 21-35 hari. Bila ada flek atau perdarahan diluar siklus haid, sebaiknya diwaspadai. Keluhan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain faktor hormonal, adanya kista endometrosis, polip, dan lainnya. Pada wanita usia muda, penyebab terjadinya keluhan ini umumnya akibat dari faktor hormonal. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG dan Inspekulo, untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya keluhan, sehingga tindakan dan terapi yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " hoppy " dengan judul pertanyaan " Gumpalan Darah Saat Haid " pada Tanya Dokter:dok saya mau tanya, terakhir saya haid tgl 2o april, mei saya tidak haid baru keluar darah tgl 7 juni, hari prtma drah normal tdak trlalu bnyak hari kedua drah bnyak skali,n hari ketiga slain drah yg kluar banyak juga ad gumpalan selebar jempol n panjangnya skitar 6 cm ,gumplan apkh ituu dok n brbhya ap tidak, trimksih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Ada kalanya darah menstruasi menjadi lebih banyak dari pada biasanya, hal ini termasuk normal bila terjadi hanya sesekali dan tidak rutin pada setiap periode. Adanya gumpalan darah kadang terjadi, bila tidak ada gangguan pengentalan darah atau lainnya, adanya gumpalan darah disebabkan oleh derasnya aliran darah menstruasi yg luruh sedangkan waktu untuk mengencerkan darah yang dilakukan oleh antikoagulan tubuh Anda tidak secepat derasnya aliran darah yang keluar. Maka terjadilah gumpalan-gumpalan darah. Warna darah yang leih muda sampai pekat dapat terjadi pada urutan hari menstruasi, darah yang berwarna gelap pekat umumnya terjadi di hari-hari terakhir menstruasi. Warna dan kekentalan dapat bervariasi tergantung dari kekentalan dan banyaknya luruhan dinding uterus ketika sedang masa menstruasi. Bila Bunda tidak menggunaka alat kontrasepsi dan mengalami keterlambatan atau tidak datangnya menstruasi, maka dapat memeriksa urine dengan test pack kehamilan untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis :