SITE STATUS
Jumlah Member :
506.525 member
user online :
1083 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - prizcha


prizcha
dok saya mau tanya.. ak hamil 7 minggu, di kehamilanku ini ak keputihan terus dan tadi jam 11.20 tak kira.in yang keluar keputihan ternyata darah Seger.. tapi ini tak buat tiduran udah berhenti cz keluar flek coklat... perkiraan besok saya mau priksa ke dokter.. gmana ya dok??? mohon solusinya
06 Aug 2017, 12:50
Dari : Apriska Komet Rajin Mengaji

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Sepelekan Keputihan! " :Kita perempuan seringkali direpotkan dengan masalah keputihan. Rasa tidak nyaman kerap kali timbul menjelang atau sesudah haid. Meski demikian, bukan berarti Bunda yang sedang hamil tidak bisa mengalami keputihan, lho.

Tenang, jangan lantas panik mendengarnya, lebih baik Bunda kenali dulu macam-macam keputihan.

Jenis Keputihan :
dr. R. Muharam, SpOG (K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menjelaskan beberapa jenis keputihan :
Keputihan normal
terjadi pada saat ovulasi, pre dan pasca haid, saat terangsang mau pun saat kehamilan
Keputihan patologis
disebabkan oleh jamur, bakteri dan benda asing. Ciri-cirinya berbau, gatal dan warna kekuningan
Keputihan ganas
keputihan yang mengakibatkan kanker serviks (leher rahim)
“keputihan pada wanita hamil umumnya disebabkan meningkatnya kadar hormon yang mempengaruhi kelenjar-kelenjar sekitar kelamin sehingga lebih banyak mengeluarkan cairan.” paparnya.

Beberapa jenis buah-buahan juga dikatakan dapat merangsang timbulnya keputihan seperti ketimun dan semangka, tetapi menurut dr. Muharam belum ada penelitian yang mengaitkan kadar lendir serviks dengan buah-buahan.

Efek pada janin :
Pada keputihan yang bersifat patologis bila terjadi infeksi bisa menimbulkan kontraksi dan penipisan selaput lendir rahim yang mengakibatkan pecahnya ketuban, infeksi intra uterin hingga kelahiran premature. Bahkan bisa berujung pada kesakitan dan kematian bayi.

Untuk pengobatan dilihat dari jenis keputihannya. Kalau disebabkan oleh jamur diobati dengan obat jamur, kalau bakteri digunakan obat-obatan yang aman bagi janin. Sebaiknya selalu konsultasikan ke dokter kandungan Bunda.

Tips :
Jangan menggunakan obat-obatan antiseptik secara rutin. Hal ini dapat mengganggu ekosistem pada vagina yang justru merangsang terjadinya keputihan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " lilyan22 " dengan judul pertanyaan "Pendarahan dari Keputihan Hamil 11W" pada Tanya Bidan:Saya Lilyan Ibu Hamil 11W. Dokter saya ingin bertanya kemarin saya mengalami Pendarahan, setelah diperiksa Pendarahan tersebut dari Mulut Rahim yang disebabkan dari Keputihan, yang ingin saya tanyakan apa pengaruhnya Pendarahan dan Keputihan. Informasi dari Artikel sebelumnya Keputihan Ibu Hamil itu normal dikarenakan Hormon yang tidak stabil, selagi keputihan itu tidak Bau Busuk dan Tidak Gatal. tetapi saya mengalami keputihan tidak bau dan tidak gatal tapi kenapa bisa menyebabkan Pendarahan ? adakah pengaruhnya terhadap kandungan saya ? Mohon jawabannya. Terimakasih.

Bidan menjawab
Dear bunda Lilyan,
Keputihan normalnya tidak berbau, tidak menimbulkan keluhan gatal, dan berwarna putih kekuningan. Sedangkan apabila menimbulkan gatal, berbau, serta berwarna kuning kehijauan samapai hijau maka disebut dengan keputihan abnormal. Apabila keputihan berkepanjangan dan tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan timbulnya iritasi pada mulut rahim. Selain itu, keputihan dapat menyebabkan terjadinya infeksi, yang dapat memicu terjadinya ketuban pecah dini.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " yulia88 " dengan judul pertanyaan " Flek ketika hamil " pada Tanya Dokter:Selamat malam Dr.. Sy hamil usia 10mgg dan Selama 1 Minggu ini sy mengalami flek yg menurut saya pemicunya setelah berhubungan dengan suami. Jadi selama seminggu ini flek darah warna coklat dan pada HR ke 7 ini sy berhubungan lagi dg suami dan ternyata sekarang bukan flek lagi tapi agak sedikit lbh banyak dr sebelumnya yg hanya flek saja. Kira2 ini knp ya dok.. Trmksh sblmnya atas bersedia menjawab pertanyaan saya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada ibu hamil, tidak pada umumnya mendapatkan perdarahan atau flek. Meskipun terkadang keluhan perdarahan dapat terjadi pada awal kehamilan.
Perdarahan dan ancaman aborsi pada kehamilan dapat disebabkan oleh multifaktoral bahkan tidak diketahui sebabnya. Penyebab yang umum pada perdarahan pervaginam ketika hamil adalah adanya masalah pada plasenta, plasenta menutupi jalan lahir dan lain-lain. Hindari berhubungan intim untuk sementara dan segera memeriksakan diri kepada dokter spesialis kandungan Bunda.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :