SITE STATUS
Jumlah Member :
506.378 member
user online :
377 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil 5w


hamil 5w
dok.. saya hamil 5w.. gk merasakn mual muntah.. cuma sering buang air kecil, perut rasanya kembung, sering kentut, pinggang terasa pegal & panas. itu normal apa enggak dok?
07 Jul 2017, 16:26
Dari : Nun H-liem

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Normalkah Hamil Tanpa Keluhan? " :Kehamilan merupakan anugerah yang tak terhingga, khususnya untuk Bunda yang memang mendambakan kehadiran buah hati. Untuk Bunda yang sudah dinyatakan positif hamil, selamat ya!

Umumnya, karena perubahan hormon Bunda hamil akan mengalami masa morning sickness, yaitu masa di mana Bunda akan merasa mual, tidak nafsu makan dan muntah. Biasanya morning sickness terjadi pada trimester pertama.

Selain morning sickness, Bunda hamil akan mengalami beberapa keluhan, seperti: sakit punggung, sakit tulang ekor (skiatika), kulit menjadi hitam di beberapa area terutama payudara, kaki bengkak, dll.

Tetapi bagaimana bila Bunda tidak mengalami keluhan-keluhan ini? Apakah normal?

Tidak Semua Sama

Perubahan kadar hormon setiap bunda hamil berbeda satu dengan lainnya. Tidak heran bila ada Bunda yang tidak mengalami keluhan-keluhan itu.

Bila ditanya apakah normal? jawabannya adalah normal karena kadar hormon yang berbeda. Tetapi ada beberapa pendapat lain yang menjawab iya dan tidak. Tingginya tingkat hormon merupakan penyebab utama dari morning sickness, sekaligus sebagai tanda bahwa kehamilan bergerak ke arah yang baik. Tetapi bukan berarti yang tidak mengalaminya akan mengalami masalah janin.

Cukupi Nutrisi
Jadi Bunda tak perlu kuatir bila tidak mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan. Baik atau buruknya pertumbuhan janin ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya nutrisi. Cukupi kebutuhan nutrisi harian Bunda. Jangan lupa untuk melakukan rileksasi dan olahraga rutin setidaknya dua kali seminggu.

A Happy Mommy makes a Happy Baby!
Tips: Walapun tanpa keluhan, Bunda harus tetap secara rutin melakukan ANC (Ante Natal Care) atau pemeriksaan kehamilan. Lakukan minimal empat kali selama masa kehamilan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " claluw.dhattii " dengan judul pertanyaan "Sering buang air kecil saat hamil " pada Tanya Bidan:Dok,,sya mau tanya gimana mengatasi selalu buang air kecil saat hamil karna sya mau pulang ke kampung.terus apakah ada pembalut yang mampu menampung urin?saat ini usia kehamilan sya 14w. Terima kasih

Bidan menjawab
Dear Bunda,
Ketika hamil, tubuh Bunda mengalami banyak perubahan baik secara hormonal dan juga bertambahnya volume darah di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan banyaknya aliran darah dan cepatnya aliran darah yang diproses di ginjal sehingga menghasilkan air seni atau urine. Hal ini terjadi secara alami, terutama semakin membesarnya ukuran rahim maka kandung kemih akan semakin tertekan menyebabkan selalu terasa ingin buang air kecil. Untuk menyiasati hal ini, hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein ( contoh: kopi atau teh), ketika Bunda sedang buang air kecil, condongkan sedikit tubuh ke arah depan untuk membantu mengosongkan kandung kemih yang tertekan. Jangan menahan BAK karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi saluran kemih, jangan pula mengurangi asupan air minum agar tidak terjadi dehydrasi. Bila Bunda harus bepergian, berhenti pada tempat-tempat istirahat untuk BAK akan lebih baik.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " triee " dengan judul pertanyaan " Perut kembung saat hamil " pada Tanya Dokter: Salam kenal dok, Dok,sejak awal kehamilan smp sekarang 20week. saya ada keluhan perut atas saya kembung. Semakin besar usia kehamilan rasa kembung tambah semakin, shg membuat saya sulit utk makan. smp2 diusia 20week ini saya belum naik BB. Saya sudah diresepan obat maag P*ly*s*ane dan O*m*p**zole malah rasa kembung makin menjadi. dan saya pun (maaf) sulit utk buang gas. menurut dokter saya harus bgmn, karena saya ingin asupan gizi utk saya dan janin agar terpenuhi dan rasa kembung ini bisa menghilang. terima kasih dok,atas jawabannya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Efek dari perubahan hormonal pada keadaan hamil mengakibatkan terjadinya gas pada saluran pencernaan bertambah banyak. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini, perhatikan menu makanan anda, bahan makanan yang biasanya menyebabkan gas pada saluran pencernaan yaitu brokoli, kol, kembang kol, soda, pemanis buatan, bawang Bombay,bahan makanan yang mengandung susu. Dengan memperhatikan bahan makanan yang anda makan sehari-hari bukan berarti anda harus menghindarinya, namun anda dapat mengatur pola makan anda agar tidak terlalu banyak bahan makanan yang mengandung gas yang anda makan dalam satu waktu. Makanlah dalam porsi kecil namun sering, dan kunyahlah makanan anda perlahan-lahan jangan terburu-buru menelan makanan. Bila anda merasakan rasa kembung, lakukan aktifitas fisik, seperti berjalan-jalan, mencuci piring setelah makan, dan lain-lain. Naikkan kaki anda ke posisi yang lebih tinggi, dan gunakan pakaian yang longgar. Demikian saran saya.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita