SITE STATUS
Jumlah Member :
506.416 member
user online :
418 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tumbuh kembang anak


tumbuh kembang anak
siang bunda
sy mau tanya anak sy usia ya 3 bln 5 hari
sudah bisa diberi makan pendamping berupa pisang gak bund?
07 Jul 2017, 10:41
Dari : Julia Retha Manullang

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Rekomendasi Pemberian Makanan Bagi Bayi Anda " :Bagaimanakah pemberian makanan yang baik bagi bayi anda? Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai bahan makanan dan pemberian makanan yang baik berdasarkan rekomendasi WHO.

•Usia 0-6 bulan
Berikan bayi anda ASI eksklusif sampai ia berusia 6 bulan. Berikan ASI sesering yang ia mau, setidaknya 8 kali dalam 24 jam. Bayi anda akan menunjukkan tanda bahwa ia lapar yaitu dengan menghisap jarinya, rewel atau menggerakkan bibirnya seperti menghisap.

•Usia 6 bulan- 5 tahun
ASI tetap diberikan sampai anak anda berusia 2 tahun atau lebih sebagai sumber bahan makanan yang penting dan bergizi. Sebagai tambahan, bayi anda dapat diperkenalkan dengan berbagai bahan makanan.

Sebagai bahan makanan pokok yang memberikan energi bagi anak anda adalah golongan sereal seperti gandum, padi-padian (beras putih, beras merah) dan jagung. Golongan umbi-umbian seperti singkong, ubi dan kentang. Golongan starchy (mengandung zat tepung) seperti pisang raja dan buah sukun.

Selain bahan makanan pokok tersebut, anak anda juga memerlukan nutrisi dari sumber lain yaitu;
•Sumber hewani : hati, daging sapi, ayam, ikan, telur.
•Produk susu : keju, yoghurt.
•Biji-bijian
•Daun hijau dan sayuran berdaun kuning : bayam, brokoli, lobak, wortel, labu (pumpkin).
•Buah-buahan : pisang, jeruk orange, jambu biji, peach, kiwi , papaya.
•Minyak dan lemak : minyak nabati, butter.

Pada usia 6-8 bulan mulailah memperkenalkan makanan tambahan pada anak anda. Mengawali dengan memberikan 2-3 suapan (atau lebih, sesuka anak anda) bubur atau nasi tim 2-3 kali sehari. Anda dapat meningkatkan jumlah asupan sedikit demi sedikit.

Hindari memberikan makanan yang dapat menyebabkan tersedak (kacang, anggur dalam bentuk utuh atau potongan besar). Anda dapat memberikan snack yang dapat ia pegang sendiri untuk dimakan di antara waktu makannya atau sesuai seleranya.

Pada usia 9-11 bulan anda dapat memberikan makanan lunak atau makanan dengan potongan kecil yang dapat dimakan 3-4 kali sehari ditambah dengan snack 1-2 kali sehari tergantung selera.

Bantulah bayi anda untuk menyantap makanannya sendiri, sebaiknya tidak memaksa Ia untuk menghabiskan makanan. Jauhkan dari lingkungan atau benda yang dapat mengalihkan perhatiannya dari makanannya. Setelah melewati usia 6 bulan, anda dapat memberikan tambahan cairan selain ASI, tawarkan ia air putih (yang telah dimasak) setelah ia makan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bundanya Fahmi " dengan judul pertanyaan "Umur Berapa Bayi Boleh Makan Pisang " pada Tanya Bidan:Dokter..saya mau tny nich. Anak saya umur 4bln (16 Januari 2011),apakah boleh klo disuapin pisang yang dilembutkan..? Kira2 umur brp bayi baru siap utk mkn bubur/pisang yg dilembutkan?

Bidan menjawab
Dear Bunda, Pemerintah tengah menggalakkan program ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan. ASI memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan yang berguna bagi bayi Anda. Tidak dianjurkan memberikan makanan tambahan sebelum bayi berusia 6 bulan, kecuali apabila keadaan tiak memungkinkan untuk pemberian ASI ekslusif sampai bayi berusia 6 bulan. Pengenalan makanan lunak dan buah-buahan sebaiknya diberi bertahap setelah bayi berusia 6 bulan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Anam " dengan judul pertanyaan " Kapan pemberian MPASI? " pada Tanya Dokter:malam dok...tiap2 bayi memang berbeda perkembangannya,tapi jadi satu dilema untuk saya..anak saya dengan anak tetangga kelahirannya hanya berbeda hari,tetapi anak tetangga tersebut saat berusia 3 bulan sudah diberi makan pisang,bubur saring..sedang anak saya hanya ASI saja..sekarang usia anak sdh 5 bulan..anak tetangga saya memang terlihat lebih kuat.anak saya tengkurapnya tidak sesering anak tetangga,seperti lebih lemas.nah..tetangga saya menyarankan agar mengikuti cara dia dengan memberi makan pisang/bubur saring supaya punya tenaga lebih ktnya..anjuran pemerintah ASI Ekslusif 6 bulan ataukah anjuran tetangga yang terlihat lebih nyata.baiknya mana yang saya harus ikuti??terima kasih atas jawabannya Dok..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Menyusui ASI sampai usia 6 bulan telah dianjurkan dan diakui oleh para dokter di penjuru dunia. ASI mengandung antibiotic alami dan berbagai enzim yang membantu pencernaan bayi anda. Bayi dibawah usia 6 bulan belum memiliki enzim pencernaan yang lengkap untuk mencerna makanan. Selain itu, pemberian ASI dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat hubungan ibu dan anak, memenuhi bayi anda dengan berbagai gizi dan zat-zat yang diperlukan bayi anda telah terkandung di dalam ASI selama 6 bulan sangat membantu anak anda sebagai bekalnya di kehidupan awal dan hari-hari mendatang. Pemberian ASI dapat membantu mengurangi kejadian kematian mendadak pada bayi (sudden infant death syndrome/SIDS ) serta mengurangi kemungkinan terjadinya allergy makanan pada pemberian makanan sebelum usia 6 bulan. Sebaiknya bunda menunggu sampai usia bayi anda 6 bulan sebelum memberikan makanan pendamping ASI.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :