SITE STATUS
Jumlah Member :
506.395 member
user online :
648 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


promil
dok mw nanyk kmrn sy promil k dkter spog trs d usg ktae ad cairan htm yg bkin aq sring haid mndur.it cairan ap y dok..sy wktu d jlsin lupa.trs it bhya mggk dokk
08 Jun 2017, 16:12
Dari : Inggriany

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Ganguan Menstruasi Penyebab Sulit Hamil? " :Kebanyakan wanita mengeluh saat gangguan menstruasi menyerang. Gangguan yang paling umum dikeluhkan selain masalah temperamen yang sulit dikontrol, adalah siklus haid yang tidak teratur dan nyeri di sekitar perut. Bagaimana dengan Bunda? Apakah Bunda juga mengalaminya?

Bila Bunda juga mengalaminya dan kebetulan hingga kini Bunda belum hamil, besar kemungkinan Bunda akan mengaitkan dua hal tersebut. Tetapi apakah benar gangguan menstruasi membuat Bunda sulit hamil?

Macam-macam Gangguan Menstruasi
Selain temperamen yang sulit dikontrol karena hormon yang tidak seimbang, gangguan menstruasi lain bisa berupa:

1.Siklus menstruasi tidak teratur
Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesuburan. Seperti gejala PCOS (Polystic Ovarium Syndrome), yaitu kondisi ketidakseimbangan hormon. Penyebab PCOS ini bisa karena obesitas, resistensi insulin, gangguan enzim di ovarium dan juga faktor genetik.

2.Nyeri perut
Saat menstruasi biasanya wanita mengalami nyeri di sekitar perut. Nyeri ini bisa muncul sesaat sebelum menstruasi hingga hari ketiga menstruasi. Nyeri ini pada dasarnya normal karena adanya kontraksi rahim saat pelepasan sel telur. Tetapi, jika nyeri terlalu intens, hal ini bisa mengganggu suplai oksigen ke jaringan otot, hal inilah yang menimbulkan kram.

Tetapi ada juga nyeri yang disebabkan hal lain, Endometriosis misalnya. Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon Estrogen. Penderita biasanya tidak hanya mengalami kram di perut tetapi juga di sekitar panggul. Untuk mengetahui adanya Endometriosis harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh seperti Laparoskopi, USG (Ultrasonografi) rahim atau MRI (Magnetic Resonance Imaging) perut.

Terapi yang diberikan dokter untuk mengurangi gangguan menstruasi biasanya adalah:

-Terapi non hormon seperti anjuran mengonsumsi karbohidrat dan mineral, pemberian B6, anjuran olahraga, dll.

-Terapi hormon, seperti progesterone, estrogen, danazol, pil kontrasepsi oral, dll.

Sulit Hamil
Meski gangguan menstruasi bisa dikaitkan dengan masalah Infertilitas tetapi gangguan menstruasi tidak selalu berujung pada masalah sulit hamil. Banyak wanita yang bisa memiliki momongan meski pada masa muda mengalami gangguan menstruasi. Hal ini karena masalah Infertilitas bukan disebabkan oleh gangguan menstruasi semata. Infeksi atau peradangan di dalam rahim salah satunya, yang menyulitkan embrio menempel di dinding rahim.

Bunda tak perlu kuatir. Sekarang ini banyak dokter spesialis yang siap membantu Bunda untuk segera memiliki momongan. Jangan lupa, masalah kesuburan bukan hanya dari seorang istri, tetapi bisa juga suami. Jadi, Bunda jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Lakukanlah pemeriksaan menyeluruh agar segera diketahui penyebabnya.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "shafiyah77 " dengan judul pertanyaan "keputihan dapat menghambat proses promil? " pada Tanya Bidan:bu, apakah keputihan dapat menghambat proses promil? dan adakah obat yg aman utk mengobati keputihan?

Bidan menjawab
Dear bunda Shafiyah,
Keputihan terbagi menjadi 2 jenis , yaitu

1. keputihan yang normal/fisiologis yaitu keputihan yang memiliki struktur cenderung berwarna bening, tidak berbau dan tidak menimbulkan keluhan gatal.

2. Keputihan patologis yaitu keputihan yang memiliki struktur warna kuning, ataupun hijau yang disertai bau tak sedap dan disertai rasa gatal yang mengganggu.

Keputihan patologis yang tidak ditangani secara benar, dapat mempengaruhi kesuburan. Infeksi dapat menjalar kedalam rahim kemudian kesaluran telur, dan sampai ke indung telur. Selain itu keputihan juga menghalangi terjadinya pembuahan oleh sel sperma, hal ini disebabkan karena sel sperma yang masuk tidak mampu menjangkau sel telur, akibat tertutupnya mulut rahim oleh cairan keputihan. Disarankan untuk memeriksakan secara langsung dengan dokter, agar dapat diberikan terapi dan tindakan yang tepat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Herry Shinosuke " dengan judul pertanyaan " Menstruasi tidak teratur dan ingin bisa hamil " pada Tanya Dokter:Dok saya heri 26 thn dan istri saya 25th.kami menikah bulan november tahun lalu, tp sampai sekarang istri saya belum jg hamil. Kami berdua bekerja.menstruasi istri saya sering tidak teratur,sering telat tp tidak hamil. saya minta saran bagaimana caranya agar kami bs cepat punya anak dan faktor apa yg membuat menstruasi istri saya tidak teratur? Kami tunggu jawaban dokter.terima kasih atas jawabanya. .

dr. Tanti menjawab
Dear Ayahanda, Siklus menstruasi memang ada yang teratur (setiap 28 hari) maupun tidak teratur. Seiring berkembangnya waktu, banyak wanita yang mengeluhkan tidak teraturnya siklus menstruasi, di duga karena perubahan pola makan, pola istirahat dan stress dari pekerjaan atau sehari-hari yang tinggi, hal ini dapat berkaitan dengan kestabilan hormonal wanita tersebut. Bila tidak ada masalah dengan organ reproduksi istri anda, maka ketidak teraturan menstruasi dapat di sebabkan oleh faktor hormonal. Sebaiknya Istri anda memeriksakan diri pada dokter kandungan untuk mengetahui keadaan kesehatan organ reproduksi. Selain itu, ketahuilah masa subur istri dengan cara : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Rumusnya: Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 Berhubungan intim di utamakan ketika perkiraan masa subur tersebut, agar tercapai pembuahan. Apabila dalam kurun waktu satu tahun belum juga di karunia keturunan, maka anda dan istri dapat memeriksakan kesuburan (tes fertilitas) untuk mengetahui keadaan fungsi organ reproduksi dari sang suami dan istri untuk mendapatkan terapi yang tepat. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.


Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel