SITE STATUS
Jumlah Member :
506.356 member
user online :
323 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - berat badan anak


berat badan anak
selamat siang dok anak saya 9 bulan bb nya cuman 7.8 apalah normal ?sehabis plg dr rsu susah bgt naikin bb nya apa karna dy aktf ya .makasih dok sebelumnya
08 Jun 2017, 13:34
Dari : Nenk Aden

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Berat Badan Ideal Si Kecil " :Jangan pernah membandingkan bayi Bunda dengan bayi tetangga yang chubby dan gemuk. Membandingkan bayi sendiri dengan bayi lain bukan langkah tepat. Bayi dilahirkan dengan ukuran dan ciri yang berbeda. Rata-rata berat badan bayi yang baru dilahirkan berkisar antara 2,5 – 4,5 kg.

Ukuran dan berat badan bayi dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Perlu diketahui Bunda, berat badan bayi saat baru dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam pertumbuhannya. Yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.

Oleh sebab itu, daripada "galau" melihat bayi lain, lebih baik mengacu pada grafik pertumbuhan bayi bersumber dari WHO untuk memonitor berat badan dan panjang bayi si kecil setiap bulannya melalui kartu menuju sehat (KMS) yang dapat bunda dapatkan pada posyandu atau dokter spesialis anak (DSA).

Menurut WHO yang disebut berat badan ideal untuk usia 3 bulan adalah yang masuk dalam range 5,1 kg - 8,0 kg dan untuk anak 3 tahun adalah 11,4 kg - 18 kg.

CARA MENGHITUNG BERAT BAYI IDEAL :

1. Untuk anak dibawah 12 bulan : BBI = (n : 2) + 4 atau (umur (bln) : 2 ) + 4

a. Untuk usia 1-6 bulan dapat menggunakan rumus : BBL(gr) +(usia x 600 gram)

b. Untuk usia 7-12 bulan dapat menggunakan rumus :

- BBL (gr) + (usia x 500 gram )

- (usia/2) +3

2. Untuk anak 1-10 thn : BBI = (2 x n) + 8 atau (2 x umur (thn)) + 8

CONTOH :
Anak balita usia 2 tahun 10 bulan, berarti ditulis dengan n = 2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n), jadi hasilnya adalah 4,20.

Hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan, 20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4 + 1,8 = 5.8

4,20 berubah menjadi 5,8, baru kemudian ditambah dengan 8. Maka Berat badan Idealnya adalah 13,8 kg.

* BBL adalah Berat Badan Lahir Usia dinyatakan dalam bulan

Di bawah ini merupakan tabel berat badan anak normal sesuai usianya, yang diambil dari tabel pertumbuhan anak menurut WHO. Pada tabel dibedakan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan, yang memiliki nilai normal masing-masing.

- Anak yang berada antara batas bawah dan batas atas – tergolong berat badan normal sesuai usianya.
- Anak yang beratnya berada di bawah batas bawah – tergolong underweight (berat badan kurang).
- Anak yang beratnya berada di atas batas atas – tergolong overweight (kelebihan berat badan)

Tabel Berat Badan Anak Sesuai Usia menurut WHO (to big for handphone):


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ChelsieCynkDiktazelaloe " dengan judul pertanyaan " Menaikkan Berat Badan Anak " pada Tanya Bidan:Bagaimana cara menAikkan BB ank sy pdhl mkn ny byk.tp ssh naik timbgnny.

Bidan menjawab
Dear bunda ChelsieCynkDiktazelaloe,
Banyak faktor yang dapat menyebabkan berat badan anak tak kunjung bertambah, antara lain faktor genetik, pola aktivitas ( asupan makanan tidak sesuai dengan energi yang dikeluarkan ), pencernaan yang kurang sempurna, serta adanya cacingan ataupun flek paru. Disarankan untuk menambahkan makanan bernutrisi tinggi kalori, beri camilan bergizi sebagai selingan diantara waktu makan, beri tambahan zat besi, pastikan anak memiliki cukup waktu untuk menikmati makanannya, usahan tidak memberikan minum terlalu banyak saat makan. Sebaiknya lakukan pemantauan tumbuh kembang anak secara rutin, sehingga dapat segera ditangani bila terjadi keadaan yang abnormal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " fadla84 " dengan judul pertanyaan " Susah minum susu dan MPasi " pada Tanya Dokter:Dear Bu Dokter Saya ibu mempunyai anak umur 8 bln dgn berat badan 8kg. sekarang lagi aktif-aktif nya merangkak dan belajar berdiri, akhir-akhir ini kenapa y minum susu sama MPasi nya jadi susah ? bagaimana y solusi ny bu, sedangkan yang saya mau malah berat badan nya bisa naik lagi. Makasih atas jawaban nya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pengukuran berat badan dan pertumbuhan pada bayi dan balita sebaiknya menggunakan variable berat badan, panjang badan dan umur, Anda dapat melihat chart pertumbuhan pada KMS (kartu menuju sehat). Secara umum, Bayi akan mendapatkan berat badan 2 kali dari berat badan lahirnya ketika mncapai usia kisaran 6 bulan dan pada usia kisaran 1 tahun berat badannya akan bertambah menjadi 3 kali berat badan lahirnya. Meskipun demikian, masing-masing individu akan berbeda-beda dalam hal metabolism serta tumbuh kembangnya.

MPASI adalah makanan pendamping ASI, apabila ASI masih diberikan sesering mungkin, maka sang anak akan merasa kenyang sehingga tidak banyak memakan MPASI. Begitu juga sebaliknya, bila anak diberikan MPAsI sebelum pemberian ASI, maka kemungkinan anak akan lebih sedikit meminum ASI.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "bahiya " dengan judul pertanyaan " agar nafsu makan dan berat badan bertambah " pada Tanya Apoteker:Dok,anak sy umur 2thn,gmna caranya agar nafsu makan,susah klau diksh makan inginnya minum trus klau g susu,air putih.bbnya jg hnya 8kg.
Jenis makanan apa yg hrus sy berikan,agar bb anak sy bertambah sesuai dgn umurny.
Mhon infonya dok

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Bahiya,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Peningkat nafsu makan yang natural seperti fenugreek (klabet), kunyit, jahe dan ginseng dapat diberikan pada anak. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Berikan vitamin khusus anak seperti vitamin C, D, zink, kalsium dan B12. Suplemen yang dapat diberikan untuk peningkat nafsu makan seperti minyak ikan serta madu dapat meningkatkan nafsu makan.

Pemberian makanan yang tinggi nutrisi juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, karena tinggi vitamin dan mineral. Buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat dapat membantu meningkatkan nafsu makan seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberi. Buat makanan tampil semenarik mungkin. Pemberian makanan berbasis susu seperti smoothies dan yoghurt yang kaya akan serat, kalsium serta vitamin B12. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga dapat meningkatkan nafsu makan. Buatlah jadwal makan yang teratur untuk anak.
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu bunda. Terima kasih.



Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel