SITE STATUS
Jumlah Member :
506.384 member
user online :
451 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - menstruasi


menstruasi
selamat malam dokter saya mau tanya siklus mens saya memang tidak teratur,bulan ini saya mens tgl 15-20 mengeluarkan kecoklatan lalu tgl 20-5 mengeluarkan darah merah,yg saya ingin tanyakan apakah mens seperti itu masih wajar atau ada penyakitnya
waktu saya periksa ke dokter dan di usg rahim saya bagus,dan memang saya di vonis mengalami gangguan hormon dan haid 5 hari mengeluarkan kecoklatan termasuk di hitung dalam siklus menstruasi?,mohon jawabannya

terimakasih
07 Jun 2017, 21:15
Dari : Zahmenyelz NAx THemax

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengapa Siklus Menstruasi Terganggu
" :Sebagian besar perempuan pernah mengalami kondisi di mana menstruasi tidak teratur. Siklus tidak teratur ini bisa berarti memendek atau memanjang harinya.
Menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh seorang wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap bulannya uterus tumbuh menjadi lapisan baru (endometrium) yang siap dibuahi. Ketika sel telur tidak dibuahi maka ia akan keluar dan ini yang dinamakan menstruasi. Perempuan mulai mengalami menstruasi antara usia 11 hingga 14 tahun dan berhenti saat menopause sekitar usia 50-an.

Untuk mengetahui apakah siklus menstruasi Bunda teratur atau tidak tentunya kita harus tahu bagaimana siklus menstruasi yang teratur. Rata-rata siklus yang teratur adalah 28 hari. Dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya.

Kenapa tidak teratur?
Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh beberapa faktor terutama hormon. Berikut faktor-faktor penyebabnya :
• Hormon
Hormon estrogen dan progesterone memiliki peran besar dalam setiap siklus menstruasi. Jika hormon estrogen kurang, maka siklus menstruasi bisa semakin lama. Demikian pula sebaliknya jika hormon ini berlebih maka siklus menjadi lebih cepat.
• Berat badan
Naiknya berat badan secara drastis mempengaruhi siklus menstruasi. Begitu juga dengan turunnya berat badan yang signifikan. Untuk itu penting tetap berada di garis berat badan ideal.
• Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat mempengaruhi hormon. Terutama pil KB yang berpengaruh besar terhadap kadar hormon.
• Stress
Tentunya stress memiliki dampak yang buruk termasuk mengganggu siklus menstruasi Bunda. Memiliki waktu beristirahat yang cukup sangat disarankan untuk tetap dalam siklus menstruasi yang normal.
• Olahraga Berlebihan
Olahraga memang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Tetapi bila berlebihan juga bisa mengakibatkan dampak negatif, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

Bagaimana Mengatasinya?
Untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya karena olahraga berlebihan. Tentunya Bunda harus berolahraga yang lebih ringan. Bila stress maka Bunda harus menenangkan pikiran dan meluangkan waktu dari rutinitas sehari-hari yang padat.

Kapan harus ke dokter?
Siklus normal menstruasi memang 28 hari, namun perempuan yang memiliki siklus 21-35 hari masih dapat dikatakan normal. Terlebih lagi remaja bisa mengalami siklus hingga 45 hari. Tetapi siklus tidak dapat dikatakan normal bila melebihi angka tersebut. Periksalah ke dokter bila Bunda merasa ada kelebihan 7 hari dalam siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut.

Tips :
- sisihkan waktu untuk rileks dan memanjakan diri setiap hari. Hal ini dapat menghindari kita dari stress yang bisa mengganggu siklus menstruasi.


Kutipan dari berita yang berjudul " Normalkah Menstruasi Anda? " :Menstruasi merupakan perubahan yang terjadi pada wanita yang menandakan bahwa mereka telah masuk ke masa pubertas. Biasanya mulai terjadi pada wanita usia 14 tahun. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri saat menstruasi, keluar darah yang banyak atau sedikit. Hal demikian yang terkadang menjadi pertanyaan bagi para wanita, apakah normal atau tidak? mungkin Anda salah satunya. Oleh karena itu berikut merupakan ciri-ciri menstruasi yang normal.

Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya memiliki gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut dapat dikatakan normal, karena pengaruh dari hormon. Biasanya gejala yang dialami setiap individu berbeda-beda, antara lain adalah perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi interval perhitungan dari dua siklus menstruasi, biasanya 28 hari, terkadang lebih awal atau lambat. Apabila terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal, maka, siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri saat menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi 1-2 hari pada saat menstruasi atau akan menstruasi. Apabila nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan ke dokter. Pada masa menstruasi terkadang keluar darah berupa gumpalan tetapi tidak terlalu banyak, hal tersebut dapat dikatakan normal, namun apabila volume lebih dari biasanya dianggap tidak normal.

Jumlah darah yang keluar setiap siklusnya antara 20-60cc. Pembalut memiliki daya tampung yang berbeda-beda mulai 6cc ukuran kecil dan 15-20cc yang berukuran besar, sehingga jika siklus menstruasi menghabiskan 3-7pembalut terisi penuh masih dianggap normal. Darah yang keluar saat menstruasi baunya khas, bau normal darah tidak amis dan juga tidak berbau menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3-7 hari, apabila terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera periksakan ke dokter.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Juliana Zain Hara " dengan judul pertanyaan " Haid tidak teratur " pada Tanya Dokter: ass dok,saya mau tanya,masalah haid tidak teratur knpa ya dok,?..makasih sebelumnya.

dr. Tanti menjawab
Dear Juliana,
Adanya ketidakteraturan menstruasi dapat terjadi pada masa pubertas. Setelah menstruasi pertama (menarche) bisa terjadi menstruasi berikutnya secara tidak teratur. Namun bila pada usia dewasa terutama memasuki usia 20 tahun masih mengalami masalah ini, maka sebaiknya kembali diperiksa oleh dokter untuk mencari penyebabnya.
Gangguan siklus menstruasi maupun adanya nyeri menstruasi (PMS) dapat dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress, penurunan berat badan yang drastis, "over exercise" maupun disebabkan keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan siklus menstruasi. Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya. Aturlah pola makan yang baik dengan gizi seimbang, olahraga yang teratur setidaknya 2-3 kali seminggu dan istirahat yang cukup. Dengan berolahraga yang teratur (tidak secara berlebihan) diharapkan terjadi keselarasan pada sistem hormonal, dapat menjaga berat badan yang baik serta sebagai rekreasi dari kesibukan dan kepenatan sehari-hari. Sebaiknya Anda memeriksakan diri pada dokter bila keluhan berkelanjutan.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :