SITE STATUS
Jumlah Member :
506.533 member
user online :
1002 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
dok,sy sedang hamil.usia kandungan sy 26 week tp tekanan darah saya 90/70 saja.dri pertama kehamilan segitu terus.tp sy merasa tidak pusing.cuma orang" bilang wajah sy pucet.sy juga selalu meminum obat penambah darah.nlalu sy harus bagaimana ya dok?? nmohon di jawab..
02 Jun 2017, 12:55
Dari : Putri Sank Cliquers

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Wita Pebrianti" dengan judul pertanyaan " Tekanan darah rendah ibu hamil" pada Tanya Bidan:Info nya dong bund,
kalo tekanan darah 90/70 apakah tidak bahaya untuk melahir kan secara normal ??
terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Wita Pebrianti,
Pada masa kehamilan tekanan darah seharusnya normal atau justru rendah, karena pada masa kehamilan tubuh secara otomatis akan mengencerkan dan menambah volume darah, gunanya adalah agar bisa lebih banyak mengalirkan oksigen dan sari makanan ke janin. Selain itu penambahan volume darah juga berguna sebagai persiapan untuk proses melahirkan ( dimana bunda akan mengeluarkan banyak darah ), sehingga tidak kekurangan darah. Selama tidak ada penyulit persalinan yang menyertai, persalinan normal dapat dilakukan. Disarankan untuk selalu melakukan pola hidup sehat, serta rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, agar dapat tetap terpantau kesehatan bunda serta pertumbuhan dan perkembangan janin.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bebby Damayanthi Bintang Hyebie " dengan judul rtanyaan " Hb rendah pada ibu hamil " pada Tanya Dokter :dok bagaimana cara menaikan hb yg rendah diusia kandungan 29-30week.. bbj ku cuma 1kg pas 7bln.. mohon berikan solusinya dok:) terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk Ibu hamil trimester I dan III kadar Hb sebaiknya tidak lebih rendah dari 11 g/dL dan pada trimester II kadar Hb tidak kurang dari 10.5 g/dL. Untuk mencegah terjadinya anemia, asupan nutrisi terutama zat besi, vitamin B12 dan asam folat harus mencukupi. Rawatlah kehamilan Bunda dengan baik, periksakan kehamilan secara teratur dan berolahraga serta istirahat yang seimbang. Makanlah makanan yang mengandung zat besi (buah-buahan, sayur mayur dan daging merah) secara seimbang. Minum suplemen kehamilan untuk membantu asupan nutrisi Bunda.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " hanien " dengan judul pertanyaan " Penambah Darah " pada Tanya Apoteker:Pertanyaan ini datang dari Bunda hanien
"obat untuk penambah darah............ap? ibu q punya simpanan penyakit anemia, kdang klu kambuh pusing buwat duduk pun g bsa............!tdr aja biasax.........! sangobion aman g?"

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda hanien,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Saat wanita hamil. sistem peredarannya akan meluas, maka ada kemungkinan turunnya tekanan darah. Saat 24 minggu pertama kehamilan, tekanan sistole dapat turun 5 sampai 1- mmHg, dan diastol sebanyak 10 hingga 15 mmHg. Hal ini normal dan dapat kembali ke tekanan darah sebelum kehamilan setelah melahirkan.

Tekanan darah rendah saat kehamilan hingga menyebabkan pusing dan pingsan harus segera ditangani.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari tekanan darah rendah :
- Pastikan anda mendapat asupan likuid yang cukup dan hindari tempat yang panas karena salah satu penyebab umum tekanan darah rendah adalah dehidrasi.

- Berbaringlah miring daripada telentang.

- Jika anda merasa lemas seperti akan pingsan, tidur dan posisikan kaki lebih tinggi dari pada badan hingga tidak merasa pusing lagi.

- Jangan langsung berdiri setelah duduk atau tiduran.

- Makan makanan tinggi vitamin B12 seperti ikan, susu, keju dan daging.

Saya sarankan bunda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi suplemen apapun.
Semoga informasi dari saya membantu.
Terima Kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :