SITE STATUS
Jumlah Member :
506.357 member
user online :
298 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


kenapa
Bunda bulan kemaren saya haid tgl 15
kox sekarang bulan 6 tgl 1 saya sudah haid y bun
itu wajar apa gimana bun
Hidden Image
01 Jun 2017, 2:48
Dari : Fiyanti Arifin

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Mengenal Lebih Dekat dengan Menstruasi " :1. Menstruasi saya sedikit, apakah itu normal?
Normal atau tidaknya menstruasi tidak bisa dilihat hanya dari berapa banyaknya darah menstruasi yang keluar. Biasanya darah menstruasi akan keluar banyak pada hari pertama hingga ketiga. Selanjutnya sedikit, bercak hingga lama kelamaan hilang. Asalkan menstruasi datang rutin setiap bulan, darah menstruasi yang sedikit bukanlah suatu masalah.

2. Mengapa darah menstruasi menggumpal?
Biasanya darah menstruasi menggumpal karena darah tertahan di dalam vagina sehingga tidak langsung keluar. Gumpalan darah ini tergolong normal karena memang hanya tampungan darah saja.

3. Mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan di tanggal yang sama?
Menstruasi terjadi karena adanya sel telur matang yang tidak dibuahi.
Bila sel telur matang tetapi tidak pecah, maka hormon progesteron tidak akan muncul yang membuat menstruasi tertunda. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadi radang/infeksi.

4. Mengapa saat menstruasi terasa nyeri di bawah perut? Apakah itu tandanya ada endometriosis?
Pada beberapa wanita, saat menstruasi adalah saat yang menyiksa. Perut bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal. Tetapi ada juga yang merasa nyeri terutama pada saat buang air besar (BAB). Pada saat menstruasi tubuh juga mengeluarkan zat yang akan menimbulkan rasa sakit.tetapi bila sakitnya spesifik hanya pada saat BAB saja, ada baiknya Bunda periksakan ke dokter, karena salah satu gejala endometriosis memang seperti itu.

5. Apakah kalau menstruasi tidak teratur, ada resiko tidak bisa punya anak?
Untuk memastikan hal ini Bunda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya menstruasi tidak teratur hanya karena gangguan hormonal saja. Tetapi supaya lebih yakin, Bunda bisa memeriksakan apakah ada siklus anovulasi, yaitu di mana sel telur tidak terlepas. Tetapi jangan kuatir. Bunda bisa melakukan terapi sejak dini untuk menyembuhkan gangguan tersebut.

6. Apakah benar minum minuman dingin saat menstruasi akan memperlambat aliran darah menstruasi?
Tidak benar. Itu hanyalah mitos belaka. Minuman dingin tidak memberikan efek apa pun pada menstruasi. Darah menstruasi tidak akan membeku dan menjadi lambat karenanya.

Nah, sekarang terjawab sudah pertanya yang mungkin selama ini Bunda ragukan. Bila ada yang Bunda ragukan pada menstruasi Bunda. Jangan ragu, segeralah konsultasikan ke dokter demi kesehatan Bunda.

Tips:
- Bila Bunda melewati siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut segera ke dokter.


Kutipan dari berita yang berjudul " Normalkah Menstruasi Anda? " :Menstruasi merupakan perubahan yang terjadi pada wanita yang menandakan bahwa mereka telah masuk ke masa pubertas. Biasanya mulai terjadi pada wanita usia 14 tahun. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda, ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri saat menstruasi, keluar darah yang banyak atau sedikit. Hal demikian yang terkadang menjadi pertanyaan bagi para wanita, apakah normal atau tidak? mungkin Anda salah satunya. Oleh karena itu berikut merupakan ciri-ciri menstruasi yang normal.

Wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya memiliki gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut dapat dikatakan normal, karena pengaruh dari hormon. Biasanya gejala yang dialami setiap individu berbeda-beda, antara lain adalah perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Siklus menstruasi adalah hari pertama menstruasi interval perhitungan dari dua siklus menstruasi, biasanya 28 hari, terkadang lebih awal atau lambat. Apabila terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari masih dianggap normal, maka, siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri saat menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi 1-2 hari pada saat menstruasi atau akan menstruasi. Apabila nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan ke dokter. Pada masa menstruasi terkadang keluar darah berupa gumpalan tetapi tidak terlalu banyak, hal tersebut dapat dikatakan normal, namun apabila volume lebih dari biasanya dianggap tidak normal.

Jumlah darah yang keluar setiap siklusnya antara 20-60cc. Pembalut memiliki daya tampung yang berbeda-beda mulai 6cc ukuran kecil dan 15-20cc yang berukuran besar, sehingga jika siklus menstruasi menghabiskan 3-7pembalut terisi penuh masih dianggap normal. Darah yang keluar saat menstruasi baunya khas, bau normal darah tidak amis dan juga tidak berbau menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3-7 hari, apabila terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera periksakan ke dokter.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " tini-tian " dengan judul pertanyaan " Perdarahan di luar siklus menstruasi " pada Tanya Dokter: kenapa stelah saya menikah,saya sering haid dalam sebulan bisa 2x,,,tgl. 30-01-12 lalu berhenti tgl. 2-02-2012......kemudian haid lagi pada saat akhir bulan februari.....saya jadi bingung hitung masa suburnya....kan, saya kepingin cepat hamil... gmana dok???? thx

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Menstruasi yang datang beberapa kali dalam 1 bulan tidak seperti siklus menstruasi pada umumnya disebut metrorrhagia. Untuk mengetahui apakah yang menjadi penyebab perdarahan ini maka sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter OBSGYN. Penyebab dari perdarahan di luar siklus menstruasi dapat di sebabkan oleh adanya endometriosis, kista, adanya kelainan organic ataupun adanya ganguan hormonal. Penanganan dari perdarahan ini bergantung pada penyebab utamanya. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.




Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter