SITE STATUS
Jumlah Member :
506.538 member
user online :
973 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
bu, saya mau bertanya, usia kandungan saya kan 5 bulan tetapi kenapa perut saya masih berlipat. apa itu tidak ada masalah dengan janin? mohon info nya karena berbeda di kehamilan ke 2 ini
18 May 2017, 16:25
Dari : Ikha Sukodri

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Perut Kecil Meski Hamil Tua " :Reaksi hamil setiap wanita berbeda-beda. Ada yang terus menerus mual dan muntah ada yang biasa saja. Begitu juga dengan ukuran perut, ada yang kelihatan besar ada juga yang kecil meskipun usia kehamilannya sama. Apakah ini berarti menandakan pertumbuhan janin bermasalah? Jangan dulu berasumsi demikian. Baca dulu poin-poin di bawah ini untuk mengetahui kebenarannya:

1. Besar kecilnya perut tidak bisa menjadi acuan normal atau tidaknya pertumbuhan janin. Itu artinya perut yang kecil belum tentu akan melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

2. Perut yang kecil bisa terjadi karena posisi janin berbaring di bawah, melintang di rahim atau meringkuk di pelvis (panggul). Bisa jadi juga karena Bunda memiliki lapisan perut yang tebal.

3. Untuk mengetahui ada tidaknya gangguan janin, lakukan pemeriksaan kandungan dengan ultrasonografi (USG) secara rutin sesuai anjuran dokter.

4. Perut yang kecil bila pergerakan janin aktif biasanya tidak mengalami gangguan pertumbuhan janin. Bila Bunda merasa pergerakan janin sedikit pada trimester kedua, segera lakukan pemeriksaan.

5. Perut kecil bukan berarti Bunda harus makan sebanyak-banyaknya. Makanlah dengan porsi normal namun pastikan nutrisi Bunda tercukupi setiap harinya.

Nah, sekarang Bunda tak perlu ragu lagi. Bila masih bertanya-tanya segera konsul ke dokter kandungan Bunda ya!

Tips:

- Tetaplah hindari merokok dan tempat yang penuh asap rokok. Hindari stress dan olahraga teratur.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Miftahul Jannah Ar-royya " dengan judul pertanyaan "kehamilan 23w perut belum kelihatan besar " pada Tanya Bidan:bu dokter waktu usg 23w bb baby saya 560gram, tapi bb saya ga naik dan perut saya belum kelihatan besar, kenapa ya bisa begitu? kebutulan pas cek gula darah dan kolesterol hasilnya gula darah 141, kolesterol 271,
dan jenis kelamin bayi saya perempuan, itu sudah paten atau bisa berubah ya bu bidan? konon belum paten

Bidan menjawab
Dear bunda Miftahul Jannah Ar-royya,
Seberapa terlihatnya kehamilan tergantung pada beberapa faktor, diantaranya tinggi badan, berat badan sebelum hamil, serta gaya berpakaian. Bila saat dilakukan pengukuran berat janin sesuai dengan usia kehamilan, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Untuk hasil laboratorium, hasil gula darah masih dalam batas normal, tetapi untuk kolesterol agak tinggi, disarankan untuk melakukan cek ulang setelah persalinan. Untuk jenis kelamin disarankan melakukan pemeriksaan ulang saat akhir kehamilan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " heni.mulyati.560 " dengan judul pertanyaan "Perkembangan kehamilan" pada Tanya Dokter: Aslmkm...dok mau tanya bagaimana melihat perkembangan janin sy yg mau 7 mgg karna perut sy gemuk jadi susah untuk melihat perubahan yg ada di dalam perut sy...mksh

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk mengetahui keadaan perkembangan kehamilan dan janin Bunda, dapat dilakukan dengan cara memeriksakan kehamilan (ANC/ Antenatal Care) setidaknya 4 kali selama kehamilan. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan Bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti mengukur tinggi fundus, melakukan timbang berat badan Bunda, memperkirakan berat badan janin, pemeriksaan tensi darah, pemberian suplemen asam folat dan zat besi, pemberian imunisasi Tetanus (TT), USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.





Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :