SITE STATUS
Jumlah Member :
506.488 member
user online :
371 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - suka sakit tiba2


suka sakit tiba2
dok.sy mau tanya usia kandungan 5-6bln...tp si baby suka kontraksi,kadang nyeri waktu buang air kecil....tp aktif dan tidak ada timbul flek..terima kasih dong
13 May 2017, 6:45
Dari : Sri Wahyu Ningsih1

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Tertipu si Kontraksi Palsu " :Salah satu cirinya adalah munculnya kontraksi. Kontraksi timbul akibat adanya peregangan dinding rahim karena gerakan atau tendangan bayi. Bisa juga karena kelelahan. Kebanyakan Bunda hamil yang akan melahirkan anak pertama ‘tertipu’ dengan kontraksi palsu. Lho, kok ada kontraksi palsu?

Ya Bunda, kontraksi palsu atau dikenal dengan Braxton Hicks memang seringkali mengecoh Bunda hamil menjelang kelahiran. Pasalnya tandanya hampir sama yakni terasa peregangan di sekitar perut. Tetapi kontraksi palsu berlangsung tidak lama (kurang lebih 20 detik) dan lama kelamaan akan hilang. Berbeda dengan kontraksi asli yang bisa berlangsung 30 hingga 75 detik.

Berikut tanda-tanda kontraksi palsu lainnya supaya Bunda tidak keliru:
1.Mulas di bagian atas rahim lalu turun ke bawah. Berbeda dengan kontraksi asli yang terasa mulas disertai nyeri di bagian pinggang sampai ke perut bawah.

2.Bisa muncul di trimester kedua sekitar 20 minggu usia kehamilan. sedangkan kontraksi asli hanya akan muncul bila kehamilan cukup bulan, yaitu sekitar 27-40 minggu.

3.Terjadi satu atau dua kali dalam sehari tetapi frekuensinya tidak sering. Bila Bunda merasakan kontraksi asli, frekuensi akan semakin sering dan terasa seperti ada sesuatu yang keluar dari vagina.

4.Kontraksi akan hilang bila Bunda mengubah posisi. Tetapi kontraksi asli tidak akan hilang meski Bunda mengubah posisi.

Bila Bunda masih ragu apakah Bunda merasakan kontraksi asli atau palsu, kenali ciri-ciri siap melahirkan. seperti:
* Frekuensi berkemih lebih sering. Hal ini bisa terjadi beberapa minggu atau beberapa jam sebelum melahirkan.
* Keluar lendir bercampur darah.
* Ketuban pecah.
* Perut terasa kencang dalam posisi apapun; berdiri, duduk, tiduran dan juga posisi lainnya.

Tips:
* Siapkan tas berisi pakaian Bunda, pakaian si kecil, peralatan mandi, buku Rumah Sakit, kartu identitas dan uang.
* Santai saja menghadapi persalinan. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa Bunda bisa melalui semua ini. Katakan berulang-ulang dalam hati sampai rasa takut berkurang.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Wita Pebrianti" dengan judul pertanyaan "Perut terasa kencang hamil 26w " pada Tanya Bidan:Bund share infonya dong,
Kenapa ya perut sering terasa kenceng banget saat hamil #26minggu5hari
terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Wita Pebrianti,
Perut terasa kencang dapat terjadi karena adanyanya kontraksi rahim. Pada usia kehamilan 26 minggu biasanya timbul kontraksi Braxton hicks ( kontraksi palsu ). Kontraksi ini biasanya memiliki ciri kontraksi dirasakan hilang timbul, jarak antara dua kontraksi tidak menjadi semakin dekat, tidak meningkat, tidak menguat, dan tidak memanjang. Kontraksi Braxton hicks, wajar dialami pada trimester 3 dan terkadang dapat dialami pada trimester kedua. Untuk mengurangi keluhan, disarankan bunda untuk melakukan rileksasi, merubah posisi, mandi air hangat, dan minum beberapa gelas air. Bila keluhan dirasakan semakin mengganggu, sebaiknya segera periksakan keadaan kehamilan bunda langsung pada bidan atau dokter, agar mendapatkan tindakan yang tepat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "cwok.cinta.3" dengan judul pertanyaan "Pusar terasa sakit saat kencing " pada Tanya Dokter: Dok knapa ya pusar saya trasa sakit sperti tertarik saat kencing,sangat sakit dok.dan kalau membungkuk tidak sakit.siapa tau ada cara untuk menghilangkan rasa sakit itu dok.trima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Nyeri pada daerah pusar atau perut bawah dapat disebabkan banyak hal. Beberapa yang umum adalah adanya infeksi kandung kemih, adanya kehamilan (yang menyebabkan tertekannya kandung kemih dan rongga perut terutama bila kehamilan semakin membesar), adanya kehamilan di luar kandungan. Bila Bunda sedang mengandung, maka tidak menutup kemungkinan rasa tertekan bahkan nyeri itu dikarenakan tekanan rahim pada kandung kemih dan hal ini masih wajar serta tidak berbahaya bagi janin, namun dalam tahap lanjut juga bisa menimbulkan tersisanya urin di dalam kandung kemih sehingga mengiritasi dinding kandung kemih. Bila besarnya rahim mulai mendesak kandung kemih, maka setelah buang air kecil, condongkan badan Bunda ke arah depan untuk membantu sisa urin yang mungkin tertinggal di dalam kandung kemih. Banyaklah meminum air putih dan tidak menunda buang air kecil. Bila ditemui keadaan demam serta nyeri yang tak kunjung reda, segera periksakan pada dokter Bunda.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :