SITE STATUS
Jumlah Member :
506.401 member
user online :
278 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil 15week


hamil 15week
selamat malam dok.. hpht saya 22januari 2017, dan uk saya skrg 15week tapi saya sudah bisa merasakan gerakan janin saya walau jarang .. hari ini saya merasakan 2x pergerakan dari janin saya dlm jangka waktu yg berbeda.. apakah memang benar itu adalah sebuah pergerakan dari janin saya dok??
12 May 2017, 21:36
Dari : Widodo Syila

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan " :Bila dua minggu lalu Infobunda membahas kehamilan trimester pertama, minggu ini kita akan membahas kehamilan trimester kedua. Hamil adalah perjalanan yang menyenangkan. Bersiaplah untuk merasakan perubahan menakjubkan lainnya di trimester kedua. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui di trimester kedua kehamilan Bunda:

1. Memasuki trimester kedua mual-mual mulai berkurang. Tetapi mungkin Bunda akan sedikit merasa nyeri di bagian perut. Hal ini wajar karena rahim yang membesar dan mengakibatkan peregangan di sekitar ligamen.

2. Usia janin 15-16 minggu sudah sering bergerak meskipun Bunda belum terlalu merasakan gerakannya. Tulang tengkoraknya semakin solid dan ia sudah bisa mengisap jempolnya. Pada trimester kedua matanya sudah sensitif terhadap cahaya.

3. Beberapa Bunda merasakan sesak napas pada trimester ini. Jangan kuatir, hal ini masih normal. Paru-paru mulai terangkat naik karena rahim yang membesar. Jangan berlebihan makan supaya berat badan tidak meningkat pesat sehingga menambah sesak napas.

4. Lingkar pinggul dan pinggang Bunda mulai melebar. Mulailah membeli baju-baju hamil. Bunda tak nyaman lagi menggunakan t-shirt kesayangan Bunda. Pada minggu ke-27 berat badan Bunda akan bertambah 7-10kg. Berat badan yang naik bisa menimbulkan stretchmark. Nikmati saja Bunda! Stretchmark akan berkurang setelah melahirkan.

5. Produksi ASI mulai terasa pada trimester ini. Bunda mungkin merasa payudara Bunda bertambah besar dan keras. Mungkin Bunda harus membeli bra baru. Belilah bra untuk menyusui yang bisa dipakai saat si kecil sudah lahir nanti. Bila payudara terasa nyeri, Bunda bisa melakukan pemijatan memutar. Bersihkan puting dengan kapas basah.

6. Lebih bergairah. Memasuki bulan ke-4 dan 5 mungkin Bunda merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Tubuh Bunda menghasilkan lebih banyak hormon estrogen sehingga membuat Bunda lebih bergairah.

7. Sakit punggung dan pinggang. Perut yang semakin membesar membuat Bunda malas untuk berdiri tegak dan memilih sedikit membungkuk. Akibatnya sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Lakukan stretching saat bangun tidur dapat mengurangi sakit punggung dan pinggang.

8. Beberapa wanita hamil mengalami kaki, tangan, leher bahkan wajah bengkak. Kurangi konsumsi garam supaya bengkak menurun. Pastikan posisi kaki lebih tinggi saat Bunda tidur. Gunakan bantal untuk meletakkan kaki.

Meski perubahan-perubahan terjadi dalam tubuh, tetaplah nikmati kehamilan Bunda. Karena Bunda hamil yang bahagia dapat membantu pertumbuhan janin. Sehat terus kehamilannya ya Bun!

Tips: konsultasikan dengan dokter bila Bunda merasa ragu dengan perubahan yang terjadi.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Dany Dandra " dengan judul pertanyaan "Membedakan gerakan bayi yang nyaman atau tidak " pada Tanya Bidan:Selamat siang Bidan Yustianti. Skrg ini kehamilan saya memasuki usia ke 21 minggu dan sudah sering terasa kedutan pergerakan bayi di perut. Bagaimana cara membedakan gerakan bayi antara bayi nyaman dengan bayi yang tidak nyaman? mungkin karena faktor kelelahan atau posisi duduk kita yang tidak nyaman untuk si bayi? terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Dany Dandra,
Gerakan janin merupakan salah satu indikasi bahwa janin dalam keadaan sehat atau mengalami gangguan. Selama usia 4 hingga 8 bulan biasanya janin akan melakukan gerakan antara 20-500 gerakan per harinya termasuk menendang, berguling dan menggeliat. Biasanya semakin tua usia kehamilan, maka aktivitas janin semakin aktif. Tentu hal itu menandakan janin dalam keadaan sehat, namun bila gerakan janin kurang aktif ataupun bunda tidak merasakan gerakan janin, sebaiknya segera periksakan kehamilan bunda pada bidan atau dokter, untuk memastikan apakah ada gangguan terhadap janin.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Lieyanti Arifin " dengan judul pertanyaan " Gerakan Janin " pada Tanya Dokter:dok saya mau nanya nih ,ndok saya lahi hamil anak pertama , usia kandungan saya kira" sudah 16, minggu .ntapi saya belum merasakan apa" , dok , cuma ada rasa getaran , getaran gitu dok ,nkalo kaya gitu normalkan kandungan saya dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Gerakan janin dapat bunda rasakan sejak umur kehamilan 16 minggu, namun ada juga yang merasakannya pada umur 20 minggu. Bunda dapat memeriksakan diri kepada dokter Obsgyn dan melakukan pemeriksaan Doppler atau USG untuk memastikan keadaan kehamilan anda dalam keadaan baik. Apabila anda mulai dapat merasakan gerakan janin, hitunglah setidaknya dalam waktu 2 jam jumlah kick count berjumlah 10 kali. Apabila mendapatkan jumlah di bawah itu, maka periksakan kehamilan anda pada dokter Obsgyn anda. demikian jawaban saya.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :