SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
256 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Ice gel termakan


Ice gel termakan
Malam. Sy mau tanya bayi sy berusia 9 bulan memakan ice gel beku yg telah mencair jadi gel. Apakah berbahaya? Sudah sy beri air minum yg banyak juga. Bagaimana solusinya ya dok? Terima kasih.
11 May 2017, 20:39
Dari : Liazz

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Panduan Memilih Mainan Untuk Si Kecil " :Umumnya mainan anak-anak yang beredar di pasaran saat ini sudah mencantumkan batasan untuk usia berapa mainan itu ditujukan.

Adapun hal tersebut ditujukan untuk mencegah bahaya yang mungkin ditimbulkan oleh mainan tersebut, misalnya ada komponen yang bisa terlepas dan tertelan si kecil.

Karenanya, sebagai orang tua harus lebih selektif memilihkan mainan untuk si kecil. Namun apabila ternyata catatan batas usia tidak tercantum, berikut ini beberapa hal yang perlu bunda perhatikan dalam memilih mainan untuk buah hati terkasih:

1.Mainan itu sebaiknya terbuat dari bahan yang kuat, tidak terlalu kecil atau ada bagian yang mudah atau dapat dilepas-lepas oleh si kecil sehingga ada kemungkinan untuk dimasukkan ke mulut;

2.Usahakan agar mainan tersebut tidak terdiri dari tali yang panjang, misalnya lebih dari 20 cm;

3.Carilah mainan yang tidak terdiri dari bagian-bagian bersudut yang berbahaya, misalnya dapat membuat jari-jari terjepit atau memiliki ujung-ujung yang tajam;

4.Hindari mainan yang terdiri dari kayu-kayu, kancing atau bagian jahitan-jahitan yang dapat mudah terlepas;

5.Hindarkan mainan yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya atau berbau tajam seperti cat atau lem; dan

6.Carilah mainan yang terbuat dari bahan material yang ringan seperti kain atau plastik, bukan dari besi misalnya untuk mobil-mobilan, sehingga apabila mainan ini dilempar-lempar tidak membahayakan.

Selain hal-hal diatas, tentu saja pengawasan orang dewasa saat si kecil sedang bermain merupakan hal yang mutlak diperlukan, karena mainan yang tampaknya aman sekalipun bisa berbahaya untuk buah hati bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nix Wina " dengan judul pertanyaan " Anak Makan Tisu " pada Tanya Dokter: dok anak saya kemarin makan tisu umur 7 bln...hbis itu muntah byk...bahayakah efek selanjutnya dok?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila ada benda asing masuk ke dalam tubuh atau tertelan, namun dapat dikeluarkan kembali, dalam hal ini telah dimuntahkan, maka tidak lagi berbahaya bagi tubuh. Perhatikan aktivitas anak Anda, jauhkan benda-benda berbahaya ataupun obat-obatan dari jangkauan anak Anda.




Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel