SITE STATUS
Jumlah Member :
506.538 member
user online :
1001 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hasil usg


hasil usg
dear Dr..
saya mo tanya knp Uk hasil USg dan hpht berbeda..
menurut hsil USg tgl 17 april Uk saya 10 week sdangkan mnurut HPHT 8 week..
saya haid kmren 20 feb yg jd prtnyaan saya apkah ada kmukinan wkt haid kmren saya ud hamil krn haid cm sdkit kmudian sblum haid nafas saya pendek dn brasa lelah..
mohon pnjlasannya dok..
trimkasih dok..
09 May 2017, 15:35
Dari : Yenny Juan

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " tikaatri " dengan judul pertanyaan " Cara menghitung usia kehamilan " pada Tanya Bidan:selamat siang, saya mau menanyakan sebenernya usia kandungan saya sekarang ini brp minggu yah ?
hari terakhir haid tgl 12 juni 2014
hitungan dokter terakhir saya periksa 9 minggu pada tanggal 8 agustus 2014
cara hitung yg benernya gmn yah ?
mohon di bantu :) terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Tikaatri,
Cara menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan rumus naegele ( untuk bunda dengan siklus teratur 28-30 hari ), rumus ini juga dapat digunakan untuk menghitung perkiraan kelahiran, caranya yaitu hari ditambah 7 dan bulan dikurang 3 ( untuk bulan 4-12) tahun ditambah 1, atau bulan ditambah 9 ( untuk bulan 1-3 ) tahun tidak ditambah. Jadi perkiraan kelahirannya adalah 19 maret 2015. Untuk menghitung usia kehamilan setiap tgl 19 usia kehamilan bunda bertambah 1 bulan. Jadi saat ini usia kehamilan bunda adalah 2,5 bulan atau 12-13 minggu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ratnna " dengan judul pertanyaan " HPL yang berbeda antar dokter dan bidan " pada Tanya Dokter:dok saya mau tanya saya HPHT tgl 6 juli 2014 sedangkan dokter memberikan rincian HPL tgl 23 maret 2015 sedangkan bidan 13 april 2015...yang mendekati akurat yang mana ya dok?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Penghitungan hari perkiraan lahir menggunakan HPHT dapat membantu memperkirakan tanggal kelahiran, terutama bila siklus menstruasi Bunda terjadi secara teratur. Namun perhitungan ini dapat meleset jauh dari tanggal yang diperkirakan bila siklus menstruasi tidak teratur. Menggunakan USG dapat juga membantu memperkirakan usia kehamilan, namun metode ini juga memiliki keterbatasan misalnya karena tebalnya lemak ataupun posisi janin yang menyulitkan untuk melihat ataupun mengukur. Selain kedua cara ini, dapat juga mengukur perkiraan usia kehamilan dengan pengukuran tinggi fundus, sekali lagi metode ini dapat meleset karena tebalnya lemak ataupun banyaknya cairan ketuban. Pada usia kehamilan 1-13 minggu, perbedaan usia kehamilan sesungguhnya dengan usia kehamilan yang diperiksa melalui USG dapat terjadi meski tidak banyak, sekitar 3 hari dari usia kehamilan yang sesungguhnya. Usia kehamilan pada trimester pertama ini di hitung dari CRL (Crown Rump Lenght). Pada trimester kedua atau usia kehamilan 14-28 week, bila memeriksakan usia kehamilan maka dapat terjadi perbedaan yang cukup banyak yaitu sekitar 10-14 hari dari usia kehamilan yang sebenarnya dan di periksa berdasarkan Biparietal Diameter. Maka itu pemeriksaan USG untuk memperkirakan usia kehamilan lebih baik dilakukan pada awal kehamilan untuk lebih tepatnya. Bila dokter Anda menyatakan keadaan kehamilan Bunda dalam keadaan baik, maka sebaiknya tidak terlalu merasa khawatir.





Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :