SITE STATUS
Jumlah Member :
506.420 member
user online :
216 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
bubidan sya lg hanil 9 bulan tapi perut pada merah2 kya biang keringan dan rasanya gatal diseluruh tubuh kepala hingga kaki dan sya menggaruknya apakah tidak apa2
09 May 2017, 13:47
Dari : Damayanti1

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Bagaimana Stretch Mark Terjadi dan Cara Mengatasinya " :Stretch mark atau guratan – guratan putih suka timbul di area kulit yang mudah renggang. Contohnya seperti wilayah perut, betis, perut, paha, bokong, dan lengan atas. Hal ini terkadang suka mengganggu penampilan. Mengapa stretch mark bisa terjadi dan apa upaya untuk mengatasinya?

Stretch mark kerapkali terjadi pada wanita yang sedang hamil. Sebenarnya stretch mark bukan hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Hal ini juga biasa terjadi dikarenakan pemekaran ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan

Stretch mark terjadi pada lapisan dermis, pada lapisan ini dipenuhi dengan pembuluh darah. Sebenarnya lapisan ini terbuat dari jaringan elastis, namun bila tubuh membesar dalam waktu singkat dan drastis, saraf ini akan melemah dan akhirnya pecah akibat kulit yang menipis.

Bagaimana untuk mencegah dan mengatasi guratan putih alias stretch mark? Berikut tipsnya:

1.Hindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis.
2.Tingkatkan elastisitas kulit yaitu dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan, minum air putih yang cukup dan menjaga kelembaban kulit misalkan dengan pemakaian moisturizer.
3.Bila Anda sedang hamil, oleskan krim anti stretch mark sejak awal kehamilan.
4.Konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin C, dan E
5.Cukup hidrasi, karena dengan asupan air yang cukup, resiko stretch mark lebih sedikit.
6.Oleskan krim atau salep yang mengandung turunan asam vitamin A secara rutin, yang bisa menjaga elastisitas jaringan kulit pada dermis.

Bila sudah terjadi, stretch mark sulit dihilangkan. Jadi sebaiknya jagalah berat badan Anda dan cukupin asupan nutrisi untuk kulit.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Retno Yulianni " dengan judul pertanyaan "menggaruk perut saat hamil " pada Tanya Bidan:bu saya retno, usia kandungan saya 20 minggu.selama ini saya merasakan gatel disekitar perut,dan terkadang saya tdk sadar menggaruknya.ada yg mengatakan kpd saya bahwa menggaruk perut dapat menembus q dalam sehingga menbuat bayi mempunyai bekas garukan di badannya.apakah itu benar?

Bidan menjawab
Dear bunda Retno Yulianni,
Keluhan gatal pada daerah perut disebabkan dari peregangan kulit akibat dari membesarnya rahim, bila bunda menggaruknya tidak akan menimbulkan efek ke janin, tetapi membuat bekas parut pada perut bunda. Untuk mengurangi terjadinya parut, bunda dapat mengoleskan minyak zaitun, virgin coconut oil, pada daerah sekitar perut, sehingga kelembaban kulit daerah perut terjaga.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "MARYANIJE" dengan judul pertanyaan "Gatal perut pada saat hamil" pada Tanya Dokter: Selamat siang dok, saya any mau tanya , bagaimana cara mengatasi gatal pada perut di saat hamil, kadang malam hari itu lebih terasa? adakah pengaruhnya pada saat kita menggaruknya kepada janin,ada yg bilang jika kita sering menggaruknya akan terjadi guratan pada kulit perut kita ataukah itu adalah hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. jadi bagaimana sebaiknya mengatasi hal tersebut? trimakasih banyak dok.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Karena perubahan hormonal dan juga tertariknya kulit seiring bertambahnya berat badan Bunda dan besarnya kehamilan, keluhan gatal pada kulit seringkali ditemukan. Bila gatal ini menganggu Bunda, hindari mandi air panas, berikan kelembapan pada kulit dengan cara memakai pelembab yang aman bagi wanita hamil, kompres dengan air dingin pada bagian yang gatal bila perlu. Makanlah makanan bergizi dan asupan air minum yang cukup agar tidak dehydrasi dan memperparah kulit kering. Periksakan pada dokter Bunda bila keluhan gatal sangat menganggu.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "charirohbundanemoza " dengan judul pertanyaan " gatal gatal " pada Tanya Apoteker:saya mo tanya,.aq sering gatal gatal terutama di area lipatan..obatnya apa ya??

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Siti,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Beberapa wanita hamil merasa gatal pada telapak tangan atau kaki dan lipatan tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan esterogen.

1.Atasi dengan menghindari mandi air panas yang menyebabkan kulit kering dan memperparah rasa gatal. Gunakan sabun yang lembut (seperti sabun bayi) dan bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

2.Gunakan body lotion setelah mandi. Gunakan body lotion yang lembut dan hypoalergenic.

3.Penggunaan krim bayi untuk gata-gatal dapat membantu (seperti yang mengandung zinc oxide)

4.Gatal pada lipatan tubuh terasa karena suasana yang lembab, sehingga menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Pastikan bunda menggunakan pakaian yang menyerap keringat, terutama pakaian dalam.

Jika ada reaksi pada kulit, seperti berwarna merah, bentol-bentol dan adanya ruam, segera hubungin dokter.
Terima kasih.




Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita