SITE STATUS
Jumlah Member :
506.400 member
user online :
258 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan


kehamilan
usg usia berapa minggu ya bun kalau mau mengetahui jenis kelamin dekbay nya
02 May 2017, 0:44
Dari : Octavinia

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-hal Penting di Trimester Pertama " :Pada trimester pertama kehamilan, belum terlihat perubahan fisik yang signifikan. Tetapi hormon yang berubah mulai mempengaruhi aktivitas Bunda. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui selama trimester pertama:

1. Trimester pertama ada dalam rentang 0-13 minggu kehamilan. Bunda menjadi mudah lelah, mual, tidak nafsu makan, rasa sedih yang tiba-tiba datang tanpa alasan yang jelas.

2. Keluhan mual (morning sickness) terjadi karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Kondisi ini mempengaruhi fungsi-fungsi organ tubuh Bunda. Minum rebusan jahe dapat mengurangi rasa mual.

3. Pada trimester pertama organ-organ janin yang mengatur seluruh sistem tubuh akan terbentuk. Rangka janin juga akan lengkap secara keseluruhan pada trimester ini. Konsumsi asam folat untuk membantu penyempurnaan organ-organ janin Bunda.

4. Selama kehamilan terutama di trimester pertama jangan mengonsumsi daging mentah termasuk daging setengah matang seperti sate atau steak.

5. Beberapa wanita mengalami 'mens' saat trimester pertama. Sebenarnya ini bukanlah darah menstruasi. Terkadang darah keluar saat proses penempelan janin ke dinding rahim. Hal ini normal selama darah tidak terlalu banyak. Jika ragu, hubungi dokter Bunda.

6. Mendekati akhir trimester pertama seluruh jemari tangan dan sudah terbentuk. Plasenta sudah mulai berfungsi meski belum sempurna. Dokter dapat mendeteksi apakah ada kelainan atau tidak mulai dari trimester pertama.

Masih ada info lain tentang trimester pertama kehamilan Bunda. Minggu depan Infobunda masih akan membahasnya. Semoga kehamilan Bunda sehat terus ya!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " yoe.nita.5 " dengan judul pertanyaan " USG Jenis Kelamin Janin " pada Tanya Bidan:Slmt sore Dok, mw tanya kan saya lagi hamil, waktu usia kandungan 3 bln saya USG dan dokter bilang jenis kelamin anak saya laki-laki, tapi waktu saya kembali USG ketika usia kandungan saya 8 bulan, dokter mengatakan anak saya perempuan. Padahal saya sudah senang banget mendengar anak ke 2 saya laki-laki.
Yang ingin saya tanyakan apakah usia kandungan 3 bln belum jelas jenis kelamin anak yang dikandung ???

Bidan menjawab
Dear bunda Yoe Nita,
Saya selaku bidan akan membantu menjawab pertanyaan Bunda.
Jenis kelamin janin sudah dapat terdeteksi pada sejak usia kehamilan 12 minggu namun dan tergantung dari posisi janin serta ketajaman alat USG yang dipakai. Pada kasus bunda, kemungkinan yang terjadi pada hasil USG tampak labia / bibir kemaluan terlihat menyerupai scrotum, ataupun pada saat itu posisi kelamin tertutup oleh pangkal paha, sehingga dokter menyatakan jenis kelamin janin adalah laki-laki. Tetapi apapun jenis kelaminnya yang terpenting adalah kondisinya sehat, ya bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " san88 " dengan judul pertanyaan "USG jenis kelamin" pada Tanya Dokter: dok mau tanya dong, skrng usia kehamilan aku udh mnginjak 7 bulan..cuma aku blm tau apa kelamin bayiku dok :( wktu 6 bulan aku kontrol dan di USG n kata dokterku anakku laki2, cuma klo kata keluargaku dari sikap dan keoribadianku slama kehamilan ini bayiku perempuan..skrg aku binggung mau beliin pralatan bayiku krna aku ga tau kelamin bayi aku..gmna solusinya ya ? aku juga rada ga prcaya dokter n USG lg :(

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Dalam pemeriksaan USG dapat melihat image jenis kelamin janin dengan baik ketika usia kehamilan antara 18-20 minggu, meski demikian hal ini tergantung dari berbagai kondisi. Apabila posisi sang janin memungkinkan maka dapat terlihat jelas image yang mengindikasi pada jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Namun berbagai kendala dapat menyebabkan hasil pemeriksaan untuk melihat jenis kelamin tidak dapat dengan baik terlaksana, seperti posisi janin yang tidak menguntungkan, tebalnya lemak ibu dan sebagainya. Mungkin solusi yang bijak dalam menyikapi kasus bunda adalah, memilih peralatan bayi yang dapat di gunakan baik untuk bayi laki-laki maupun perempuan. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :