SITE STATUS
Jumlah Member :
506.503 member
user online :
993 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


promil
Dok saya mau tanya. Benadkah daun kemangi bisa untuk promil.?
20 Apr 2017, 13:46
Dari : Ayu Khotimah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Nutrisi Pada Program Kehamilan " :Konsumsi asam folat sangat penting selama progam kehamilan. Dengan mengkonsumsi 400mcg asam folat per hari, terutama pada masa sebelum dan selama masa awal kehamilan, dapat mengurangi resiko gangguan perkembangan otak pada janin. Asam folat dapat Bunda peroleh dalam bentuk suplemen atau dari sumber alami semisal: alpukat. Kandungan asam folat yang cukup tinggi pada alpukat ditunjang pula dengan kandungan vitamin B6, betakaroten, vitamin E dan klorofil. Penelitian menunjukan bahwa konsumsi vitamin B6 sekurangnya 10mg/hari selama program kehamilan, mampu meminimalisir efek morning sickness pada masa kehamilan.

Vitamin lain yang menujang proses kehamilan adalah vitamin C dan E. Kedua vitamin ini sama pentingnya dengan asam folat. Selain menunjang daya tahan tubuh, vitamin C mampu meningkatkan kesuburan, asupan vitamin C alami bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah-buahan semisal: stroberi, jambu biji, jeruk, papaya, dll. Bosan dengan buah-buahan tersebut? Tidak masalah, bunda dapat mengolahnya menjadi smoothie, jus bahkan gelato. Selanjutnya, vitamin E memiliki peran yang tak kalah penting, Bunda! selain berperan sebagain antioksidan, ia juga mampu melindungi sel telur dari radikal bebas. Sumber vitamin E alami selain alpukat, dapat Bunda peroleh melalui konsumsi kacang almond, bayam, brokoli, dll.

Beberapa tips berikut ini dapat membantu Bunda dalam menjalani program kehamilan:
1. Hindari rokok
2. Konsultasikan program hamil kepada dokter
3. Istirahat yang cukup
4. Stop konsumsi alkohol
5. Olah raga yang cukup


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Linda A Rambe " dengan judul pertanyaan " Daun kemangi dan kehamilan " pada Tanya Dokter:mlm dok...saya mau tanya?????saya uda hamil menginjak usia 6 bulan...apa benar mengonsumsi anggur merah dan daun kemangi tidak baik buat ibu hamil?trus saya jga pernah minum obat serbuk untuk panas dalam(adem sari) apa itu tidak baik juga..?saya jga sering minum air es apa itu baik?lalu makanan apa yg baik d konsumsi oleh ibu hamil?trimz y dok atas waktux....maaf

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Buah anggur merah dan daun kemangi aman untuk dikonsumsi selama itu berupa campuran dalam makanan dan digunakan dalam jumlah sewajarnya sebagai bumbu masakan. Namun tidak disarankan penggunaan kedua bahan tersebut pada kehamilan bila dalam bentuk obat-obatan yang mengandung kadar kemangi atau anggur merah yang tinggi dalam bentuk konsentrat. Mengenai konsumsi serbuk “penurun panas dalam” saya tidak menganjurkan karena belum jelas kegunaan dari bahan-bahan tersebut berserta efeknya pada kehamilan dan menyusui. Meminum air es dalam batas normal tidak ada efek tertentu pada kehamilan, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang serta tambahan nutrisi untuk ibu hamil bila perlu. Demikian jawaban saya.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker