SITE STATUS
Jumlah Member :
506.501 member
user online :
1240 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Masa menstruasi


Masa menstruasi
Dok, kok akhir akhir ini sy sering telat datang bulan ya.. Biasanya tiap bulan saya lancarr terus, tapi akhir akhir ini malah 1 setengah bulan baru saya datang bulannya..
Apa kemungkinan saya sprti itu, saya akan hamil dok.. πŸ˜‡

Mohon jawabannya ya..
19 Apr 2017, 11:32
Dari : Fantri

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tidak Haid Tapi Tidak Hamil " :Selamat bagi Bunda yang memang mengharapkan kehamilan dan ternyata positif. Tetapi bila hasil tes kehamilan menunjukkan negatif dan Bunda terlambat menstruasi hingga 14 hari, periksalah segera ke dokter. Sebenarnya apa sih menstruasi itu dan apa penyebabnya hingga Bunda terlambat menstruasi?
Menstruasi atau haid adalah proses peluruhan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Jika dinding rahim dan sel telur tidak luruh kemungkinan kehamilan telah terjadi. Lalu bagaimana bila Bunda tidak hamil tetapi tidak mengalami menstruasi? Apa penyebabnya hingga menstruasi tak kunjung datang?

Penyebab tidak menstruasi:
- Terlalu Lelah
Rutinitas sehari-hari yang berlebihan membuat Bunda kelelahan secara fisik. Kelelahan ini seringkali menjadi pemicu menstruasi tidak kunjung datang. Kelelahan fisik juga mengakibatkan masa mentruasi pendek.

- Stress
Bekerja berlebihan tetapi istirahat tidak cukup dapat menyebabkan stress. keadaan ini mempengaruhi produksi hormon yang dapat mengganggu siklus menstruasi.

- Penggunaan Kontrasepsi
Menggunakan alat kontrasepsi hormonal seperti pil memberikan efek samping tidak teraturnya siklus menstruasi. Konsultasikan pada dokter alat kontrasepsi apa yang cocok untuk Bunda.

Bila Bunda mengalami menstruasi tidak teratur, hindari kemungkinan penyebab di atas. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu menstruasi lebih lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan, olahraga cukup dan rutin, hindari stress dan beristirahat yang cukup.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bunda Irva " dengan judul pertanyaan " siklus haid tidak teratur " pada Tanya Bidan:bu bidan.. saya mempunyai keluhan haed yang tdk teratur .. paling lama telat seminggu tapii saya menikah bulan desember 2014, 2bulan sebelum menikah haed saya 28hari (normal/bagus) tapi habis mnikah tiba-tiba telat 3minggu malah sebelumnya saya kira hamil sampai TP 3x, trz bulan ini telat lagii 4harii.. itu biasanya disebabkan oleh apa bu? trz bagaimna saya biar dpet siklus normal.. susah mnghitung masa subur dan takut juga khawatir kalau susah hamil.

Bidan menjawab
Dear bunda Irva,
Banyak penyebab terjadinya keterlambatan haid, antara lain faktor hormonal, perubahan berat badan yang drastis, stress, penggunaan obat tertentu. Dianjurkan untuk melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olah raga secara teratur, menghindari rokok, alkohol, serta makanan yang mengandung bahan pengawet serta MSG. Selain itu berkonsultasilah secara langsung dengan dokter spesialist kebidanan, agar mendapatkan penanganan yang tepat.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ratna priyotomo " dengan judul pertanyaan "Telat menstruasi " pada Tanya Dokter: Saya sdh telat menstruasi sekitar 5 hari, tp pada telat menstruasi hari pertama saya test menggunakan alat test pribadi hasilnya adalah negatif. Pertannyaan saya apakah ada kemungkinan hasil pemeriksaan saya pribadi ada kesalahan ?? Yang saya rasakan beberapa hari ini perut sering sakit, pusing dan rasa sensitif di sekitar payudara. Apa yg harus saya lakukan ?? Thanks

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Tidak datangnya menstruasi memang dapat menjadi tanda awal terjadi kehamilan. Selain itu tanda kehamilan juga terasa nyeri dan perubahan pada payudara yaitu bertambah gelapnya daerah sekitar puting payudara, payudara bertambah kencang dan berisi. Selain itu bunda juga dapat memeriksakan beta HCG urine dengan test pack. Bila hasilnya negative maka bunda sebaiknya menunggu sampai bulan depan untuk test kembali atau pemeriksaan USG. Tidak datangnya menstruasi juga dapat terjadi di karenakan perubahan hormonal namun tidak terjadi kehamilan, hal ini juga terkadang di ikuti dengan perubahan tekstur payudara namun tidak ada perubahan warna yang bertambah gelap pada daerah di sekitar puting payudara. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel