SITE STATUS
Jumlah Member :
506.357 member
user online :
343 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - menstruasi bercampur lendir


menstruasi bercampur lendir
Dok saya mau tanya, saat saya menstruasi haid saya bercampur dengan lendir apa tidak masalah, dan terakhir akhir haid saya saya masih merasakan nyeri.
19 Apr 2017, 2:58
Dari : ten ten

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Sepelekan Nyeri Haid " :Hampir setiap wanita pernah merasakan nyeri haid. Nyeri haid sangat mengganggu aktivitas sehingga kita lebih memilih berbaring daripada melanjutkan pekerjaan. Tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri haid tanpa pernah memeriksakannya ke dokter.
Gejala penyerta dari nyeri haid yang dialami wanita bervariasi. Mulai dari pusing ringan, kram di area perut, keringat dingin, menggigil, lemas, hingga pingsan berkali-kali. Apakah nyeri haid berbahaya jika dibiarkan?


Nyeri yang dialami wanita saat menstruasi penyebabnya dikategorikan dalam dua jenis;
1.Dismenore Primer
Nyeri haid Dismenore Primer adalah nyeri haid yang umumnya tidak disebabkan karena kelainan atau penyakit pada organ reproduksi. Nyeri yang terjadi karena adanya peningkatan hormon Prostaglandin sehingga menimbulkan kontraksi pada uterus. Nyeri biasanya dapat berkurang dengan pemberian obat pereda nyeri haid.
2.Dismenore Sekunder
Dismenore Sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan karena adanya masalah yang menyangkut fungsi rahim dan organ reproduksi. Kasus yang sering terjadi seperti Endometriosis, Fibroid, Pelvic Inflammatory Disesase (PID), Premenstrual Syndrome (PMS), Infeksi karena penularan aktivitas seksual, dan stress. Nyeri haid yang disebabkan oleh kasus seperti ini dapat mempengaruhi kesuburan yang berujung pada sulitnya memiliki anak. Untuk itu bila nyeri haid sudah sangat mengganggu sebaiknya periksakan ke dokter kandungan.


Penanganan yang dilakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Bila faktor penyebabnya hanya karena kontraksi uterus dan hormon yang tidak seimbang biasanya akan diberikan penghilang rasa nyeri. Tetapi bila ditemukan adanya faktor lain pengobatan bisa dilakukan mulai dari pemberian obat-obatan hingga operasi.
Selain obatan-obatan, Bunda bisa lakukan hal berikut untuk mengurangi nyeri haid:

1.Konsumsi zat besi
Saat menstruasi wanita sering terkena anemia karena kurangnya sel darah merah. Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

2.Botol air hangat
Ini adalah cara ampuh yang banyak dilakukan. Isi botol dengan air hangat lalu tutup. Guling-gulingkan pada bagian perut yang sakit. Cara ini bisa mengurangi nyeri haid.

3.Berbaring
Saat menstruasi biasanya kita akan merasakan nyeri punggung. Berbaringlah di alas yang rata. Gunakan bantal untuk menyangga lutut.
4.Olahraga
Bila memungkinkan lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Bila tidak memungkinkan, lakukanlah olahraga rutin saat tidak haid. Dengan berolahraga dapat memperlancar aliran darah di sekitar rahim.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Sue Sabrina " dengan judul pertanyaan "hari ke 8, darah haid merah berlendir " pada Tanya Bidan:saya masih alami haid merah berlendir sejak hari hari pertama bulan ini. hanya di tekap tissue saja ada darah merah

Bidan menjawab
Dear bunda Sue Sabrina,
Darah haid terdiri dari 3 komponen, yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim ( endometrium ). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Darah haid akan berwarna merah segar bila komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak dan warna kehitaman jika jaringannya lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun dapat berubah, tergantung kondisi saat mengalami haid. Periode haid yang normal adalah 2-10 hari. Apabila darah haid masih keluar lebih dari 10 hari, disarankan untuk memeriksakan keluhan bunda lanhsung dengan dokter spesialist kebidanan, pemeriksaan USG dan Inspekulo diperlukan untuk menilai kondisi alat reproduksi dan mencari penyebab terus keluarnya darah, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " aim billah " dengan judul pertanyaan " Lendir bercampur darah " pada Tanya Dokter: Selamat malam dok,, 8 hri yang lalu tepatnya pas menstruasi ke 4 sya ,, sya memutuskan untuk menggunakan kb spiral ,, sya memilih kb ni krna jngka wktu ckup lama ,, yang ingin sya tnyakan ,,setelah menstruasi selesai skitar 10 hri sya berhubungan dengan suami ,, keesokan hrinya keluar lendir dr vagina pas buang air kecil slma 2 hri ,, bru di hri ketiga lendir bercmpur darah dok ,, hnya keluar sat buang air kecil saja dan skg menjadi darah saja yang keluar berupa lendir .. apakah itu normal pasca pemasangan spiral apa sya terjadi infeksi dok ? Ataukah darah haid belum tuntas dok .. trimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Setelah pemasangan Kontrasepsi IUD sering di temui keluhan keputihan yang bertambah dari keadaan sebelumnya, apabila tidak ada gatal ataupun bau yang tidak sedap, maka tidak perlu khawatir. Namun bila timbul gatal dan bau yang tidak sedap sebaiknya memeriksakan diri kembali. Selain lendir keputihan, terkadang juga dapat terjadi flek pada awal-awal penggunaan KB IUD dan masih dalam batas normal. Bila benang dari KB IUD terjulur keluar, dapat bunda masukkan sendiri dengan jari setelah mencuci tangan terlebih dahulu, tidak perlu mengguntingnya karena akan menyulitkan pemeriksaan dan pengambilan KB IUD ini nantinya. Apabila anda tidak nyaman dengan keadaan ini, dapat memikirkan alternative alat KB lainnya.
Untuk memastikan apakah darah yang keluar tersebut bukan dari sebab lainnya, maka sebaiknya Bunda memeriksakan diri pada dokter Bunda.



Link yang disarankan :
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel