SITE STATUS
Jumlah Member :
506.499 member
user online :
228 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - biang keringat


biang keringat
dok, saya mau tanya.
apa boleh bayi umur 2 bulan di kasih caladine lotion saat terkena biang keringat?
18 Apr 2017, 18:57
Dari : Depy Khintya

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Tips Mengatasi Biang Keringat pada Bayi " :Biang keringat kerapkali diderita si kecil. Penyebabnya adalah karena tersumbatnya kelenjar keringat sehingga keringat tidak dapat keluar atau ‘tersumbat’ di bawah kulit. Ada banyak faktor pemicu mengapa keringat tersebut dapat tersumbat, diantaranya udara yang panas, pakaian yang tidak menyerap keringat, dsb. Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya?

Biang keringat kerapkali diderita si kecil. Penyebabnya adalah karena tersumbatnya kelenjar keringat sehingga keringat tidak dapat keluar atau ‘tersumbat’ di bawah kulit. Ada banyak faktor pemicu mengapa keringat tersebut dapat tersumbat, diantaranya udara yang panas, pakaian yang tidak menyerap keringat, dsb. Lalu apa yang dapat dilakukan untuk mengantisipasinya?

Berikut ini upaya pencegahan agar si kecil tidak terkena biang keringat:
-Buatlah kondisi suhu kamar sejuk, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Perhatikan sirkulasi udara di dalam kamar si kecil.
-Pakaikan si kecil dengan pakaian yang dapat menyerap keringat, seperti bahan katun. Jangan kenakan pakaian yang ketat pada bayi.
-Perhatikan kebersihan si kecil, mulai dari pakaian sampai tubuhnya.
-Jangan membubuhkan bedak pada kondisi kulitnya yang sedang basah, karena dapat menghambat keringat untuk keluar. Sebaiknya keringkan dahulu kulitnya, kemudian bubuhkan bedak.

Pada umumnya biang keringat dapat sembuh dengan sendirinya. Namun bila kondisinya semakin parah, seperti area biang keringat menjadi semakin merah, bernanah dan membengkak segeralah konsultasikan pada dokter.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Indah Rien" dengan judul pertanyaan " Biang keringat pada bayi usia 3 bulan " pada Tanya Dokter:Dear Dok, Saya mau tanya, anak saya laki laki umur 3 bulan. kepala, Badan, tangan dan kakinya ada biang keringat kemerahan. Boleh kah saya taburkan bedak HEROCYN Baby Powder, berbahaya kah pada bayi berumur 3 bulan. salam & Terimakasih, Rinda

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah pipi bayi Anda mengalami kemerahan, berbintik atau beruntusan? Sebenarnya hal tersebut bukanlah akibat dari cairan ASI yang menempel pipi bayi. Keadaan tersebut lebih tepat pada kondisi dermatitis atopi. Permukaan kulit bayi yang sensitif dapat teriritasi oleh cairan, atau susu bahkan oleh bahan pakaian bayi. Berhati-hati dalam memilih sabun detergen, sabun mandi dan juga produk untuk kulit bayi, karena dapat dicurigai menimbulkan reaksi alergi berupa ruam pada kulit bayi. Usap permukaan kulit bayi dengan handuk basah yang sudah di basahi dengan air bersih setelah meminum susu atau bila Bunda mendapati kulit bayi lembab karena air liur atau sebab lain. Jagalah kulit bayi agar senantiasa kering. Bila kulit sudah terlanjur didapati ruam terutama yang lebih parah sampai kearah infeksi sekunder, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter. Untuk menjaga agar terhindar dari ruam, setelah di bersihkan dengan air atau wash lap basah, keringkan kulit tidak dengan mengusap tapi menepuk halus permukaan kulit dengan handuk bersih. Boleh Bunda lapisi permukaan kulit dengan bedak atau dengan baby oil atau baby cream ( khusus produk bayi agar tidak mengiritasi kulit bayi), namun bila sudah ada luka lecet atau iritasi sebaiknya tidak di olesi dengan bedak. Bila luka lecet sudah sembuh, maka kulit akan memperbaiki permukaan dengan sendirinya, sebaiknya tidak mengelupas bekas luka tersebut sampai akhirnya sembuh dengan sendirinya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Aldila Firmansyah " dengan judul pertanyaan " Caladine lotion dan caladine cream " pada Tanya Apoteker:apakah caladine lotion dan caladine cream aman untuk bayi? bayi saya berumur 3 bln..thx

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Aladila,
Caladine lotion dapat digunakan pada bayi bunda.

Jika ragu, silahkan berkonsultasi dengan dokter anak bunda
Terima kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Apoteker