SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
971 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - tidak nyaman saat berbaring


tidak nyaman saat berbaring
perkenalkan dok saya revi ,, saya hamil 19 minggu akhir2 ini sayya merasa tidak nyaman saat tiduran trutama pada saat miring ke kanan atau pun ke kiri kalau mau membaringkan badan lagi perut saya trasa kaku nyeri dan mulai brasa kya ada yang menganjal, apa kira2 normal y dok?? mohon penjelasanya, trims.
Hidden Image
03 Apr 2017, 18:42
Dari : Reviana Mutiara Indah

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Posisi Tidur untuk Ibu Hamil " :Bunda yang tengah hamil seringkali mengeluhkan masalah posisi tidur. Terutama bagi Bunda yang usia kehamilannya sudah besar. Bagaimana posisi tidur yang baik untuk Bunda yang kehamilannya sudah besar?

Menurut dr. Tanti Retnowati, tidur dengan posisi miring (sleep on side) dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan posisi kiri bertumpu pada tempat tidur dapat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta pada bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu, posisi tidur tersebut juga dapat membuat janin terhindar dari tekanan organ hati Bunda yang terletak di sebelah kanan.

Pada posisi sleep on side Bunda juga dapat menyelipkan bantal pada kedua lutut, kemudian posisi lutut menekuk. Bila Bunda merasa sakit pada punggung, Bunda dapat mengganjal punggung Bunda dengan bantal agar lebih merasa nyaman.

Lalu, seperti apa posisi tidur yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil? Bagi ibu hamil, sebaiknya menghindari posisi tidur telentang, terutama bagi ibu hamil dengan usia kehamilan lanjut bisa membuat tubuh bayi di salam kandungan menekan pembuluh darah besar pada bagian tubuh belakang Bunda sehingga membuat Bunda sering menderita pusing.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " icabella(1) " dengan judul pertanyaan " Susah tidur saat hamil " pada Tanya Bidan:selamat siang dokter, saya mau bertanya. saya sulit sekali mengalami tidur, dan katanya itu jelas tidak baik untuk bayi saya. lalu bagaimana solusinya dok? terima kasih

Bidan menjawab
Dear bunda Icabella,
Istirahat yang cukup memang diperlukan untuk memulihkan stamina setelah seharian melakukan aktifitas. Disarankan untuk meluangkan waktu untuk tidur siang, tetapi sebaiknya mengatur jam tidur siang agar tidak mengganggu jam tidur malam, karena tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan sulit tidur pada malam hari. Untuk memudahkan tidur diwaktu malam, selain mengatur waktu tidur siang, ciptakan suasana ruang tidur yang tenang, dan nyaman.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Oci roro " dengan judul pertanyaan " Usia kehamilan 7 bulan sulit tidur " pada Tanya Dokter: Dok..di usia kandungan sya yg msuk 7 bln..sya jd susah tidur..jadinya kl pagi jd ngantuk dan pasti tidur pagi..apa ada efek negatifnya buat si bayi dok?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Seiring membesarnya kehamilan Bunda maka tidur menjadi tidak nyaman. Rasa stress menjelang hari kelahiran juga bisa mempengaruhi pola tidur Bunda. Bila Bunda merasa mengantuk pada saat pagi atau siang hari, tentu saja ibu hamil boleh tidur siang. Ketika hamil terjadi banyak perubahan pada fisik tubuh dan hormon Bunda, cepat lelah juga sering dirasakan oleh para Bunda. Ibu hamil memerlukan nutrisi dan istirahat yang mencukupi, bentuk istirahat tersebut salah satunya adalah tidur siang. Bila Bunda melakukan tidur siang, sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak mengganggu siklus tidur malam Bunda.
Posisi tidur yang terbaik bagi ibu hamil adalah SOS (Sleep On Side) yaitu tidur dengan posisi miring. Lebih baik apabila miring dengan sisi kiri bertumpu pada tempat tidur. Tidur dengan posisi tersebut akan meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi anda. Selipkan bantal di antara kedua lutut anda dan rapatkan kedua tungkai kaki anda dengan posisi lutut menekuk. Bila anda mengalami sakit pada punggung, Bunda dapat mengganjal punggung anda dengan bantal senyaman mungkin sambil melakukan posisi SOS.
Posisi tidur yang sebaiknya dihindari bagi ibu hamil adalah posisi telentang karena dapat mengakibatkan sakit punggung, sulit bernafas, masalah pada sistem pencernaan, hemmorhoids (ambeien), tekanan darah rendah dan menurunnya sirkulasi darah ke jantung anda dan bayi. Posisi lainnya yang harus dihindari adalah tidur dengan perut anda sebagai tumpuan (telungkup), apabila kehamilan anda semakin besar perut anda akan mengalami perubahan fisik dan akan menimbulkan ketidaknyamanan tidur dengan posisi ini.
Bila Bunda kurang beristirahat maka akan menganggu kesehatan umum Bunda. Hindari terlalu sering tidur larut tengah malam atau bersiaga hingga pagi, usahakan untuk pergi tidur lebih cepat agar Bunda bisa cepat juga terlelap.






Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :