SITE STATUS
Jumlah Member :
506.397 member
user online :
374 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - payudara bengkak


payudara bengkak
dok mw tanya, knp ya hampir krg lbh 1 minggu ini payudara saya bisa bengkak, dan kepala juga pusing, mohon jwban ny dok
03 Apr 2017, 6:18
Dari : Cuend Izz Didien

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.

Kutipan dari artikel yang berjudul "Berbagai Pertanyaan Seputar ASI (Part II)":
ยท Payudara saya bengkak dan nyeri, mengapa dan apa yang harus saya lakukan?
Payudara bengkak disebabkan karena pengeluaran ASI yang tidak lancar. Produksi ASI terus berjalan, namun pengeluarannya sedikit. Payudara dapat dikatakan bengkak bila terasa padat (keras) dan pada beberapa Bunda terasa nyeri bahkan demam. Untuk mengatasinya keluarkanlah ASI dengan cara menyusui bayi atau memerah ASI (mengosongkan payudara) sesering mungkin. Dengan begitu payudara tidak akan bengkak.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Keluhan Umum pada Awal Kehamilan":
Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "april riyani" dengan judul pertanyaan "abses mamae (bengkak payudara)" pada Tanya Bidan: Bu dokter saya sudah periksa ke bagian kebidanan kata bu bidan saya terkena mastitis. Terus saya dikasih antibiotik dan pereda nyeri untuk 1 minggu. Kemudian muncul benjolan. Saya balik lagi periksa katanya tekena abses mamae srinita. Pertanyaan saya.. abses mamae srinita itu apa ya dok. Terus katanya harus diinsisi. Insisi itu apa ya..? apa perngaruhnya jika tidak segera di insisi. kira kira insisi itu biayanya berapa ya dok. Terus klo saya insisi haus ke spesialis apa ya.Terima kasihh

Bidan menjawab
Dear bunda April Riyani,
Abses Mamae siniatra adalah radang yang memungkinkan timbulnya penimbunan nanah pada daerah payudara sebelah kiri. Biasanya infeksi pada payudara disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus ( yang umum dijumpai pada kulit normal ). Infeksi terjadi khususnya pada saat masa menyusui, bakteri masuk ketubuh melalui kulit yang rusak ( biasanya pada puting susu yang rusak / lecet ). Salah satu cara pengobatannya adalah dengan tindakan insisi ( sayat kecil ) untuk membantu mengeluarkan nanah dan membersihkannya sampai benar - benar bersih. Apabila tindakan insisi tidak dilakukan maka keadaan abses akan semakin memburuk. Tindakan innsisi umumnya dilakukan oleh dokter spesialist bedah.


Berikut ini jawaban dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Mydhe2" dengan judul pertanyaan "Bengkak pada payudara (mastitis)" pada Tanya Dokter: Pagi dokter,, saat ini saya sedang menyusui bayi saya yang baru berusia 1bln 7hr(anak pertama). Sudah hampir 1bln puting saya yang kanan luka dan tidak sembuh padahal saya sering mengolesinya dengan asi. Sekarang payudara saya yang kanan berubah kemerahan dan mengeras dok. Sebelumnya saya menggigil dan panas tinggi. Apa ini yang disebut mastitis dok? Karena rasanya sangat nyeri dan panas seperti terbakar. Apa ini berbahaya dan Bagaimana penanganannya? (saya sudah minum amoxicilin dan asam mefenamat-tidak ada perubahan)

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Bunda dapat memulai menyusui pada payudara yang sehat, lalu dilanjutkan dengan payudara yang sedang bermasalah, sebelumnya kompres dengan handuk dan air hangat untuk meringankan sakit dan memperlancar ASI pada payudara tersebut. Sebaiknya Bunda tidak melewatkan waktu menyusui dan tetap memberikan susu kepada bayi Anda agar tidak terjadi penumpukan ASI yang dapat menyebabkan mastitis yang lebih lanjut nantinya. Sebaiknya Bunda memeriksakan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Demikian jawaban saya semoga dapat membantu Anda.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :