SITE STATUS
Jumlah Member :
494.781 member
user online :
3509 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- ASI untuk Luna



Blog posted by

ASI untuk Luna


Blog posted on 25-10-2007
Dulu saya pernah terheran-heran dengan seorang rekan kerja senior yang rajin memompa ASI untuk bayi tercintanya di ruang sholat kantor. Saya sempat berpikir apa mungkin beliau tidak mampu beli susu formula tapi tentu saja keheranan itu tidak saya sampaikan ke beliau. Sampai akhirnya saya hamil serta mulai rajin ikut mailing list tentang kehamilan, asi dan membaca majalah ibu & bayi. Dari situlah saya sadar bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan didukung oleh DSOG saya bertekad memberikan ASI untuk Luna.
Tapi ternyata tak semudah yang saya bayangkan.
Awalnya karena lupa memberi tahu suster tempat bersalin bahwa saya ingin memberikan ASI Eksklusif (ASIX), Luna diberi susu formula. Alhasil tiap kali saya ingin menyusui Luna sudah kenyang sehingga tidak mau menyusu. Sampai di rumah pun hambatan menyusui masih ada. Sedihnya itu datang dari orang tua & nenek saya. Luna yang terbiasa minum susu formula dengan botol hampir tidak pernah kenyang dengan ASI saya yang masih sedikit. Ibu dan nenek saya yang khawatir dengan Luna yang selalu rewel menyuruh saya memberikan susu formula. Tapi saya ngotot tidak mau, sehingga hampir tiap 1 jam saya menyusui Luna. Siang tidak bisa istirahat malampun tidak bisa tidur karena Luna selalu terbangun berjam-jam utk menyusu. Lelah dan stres sempat membuat saya putus asa. Luna akhirnya minum susu formula juga walaupun saya batasi 1 hari maksimal 60cc.
Hal itu berlangsung hampir selama 2 minggu dan selama itu pula saya sedih melihat Luna yang tampak senang minum sufor dari botol. Belum lagi kata-kata yang kurang mendukung dari nenek dan buyutnya Luna seperti, "Tuh kan, anak ini masih lapar, makanya kasih susu botol dong." atau "Wong ASI masih encer gitu ya mana bisa bikin kenyang," waktu mereka lihat saya memompa ASI saat Luna sedang tidak menyusu. Ketidakhadiran suami di sisi saya semakin membuat saya jatuh. Hal inilah yang menyebabkan saya mengalami depresi pasca melahirkan. Tapi saya tidak menyerah begitu saja. Kegigihan saya ingin memberikan hanya ASI pada Luna mengalahkan semuanya. Karena seringnya Luna menyusu & saya memompa alhamdulillah ASI saya bertambah banyak. Pelan-pelan saya menyapih Luna dari sufor.
Sekarang alhamdulillah genap 4 bulan saya menyusui Luna. ASI saya tidak berlebih tapi saya yakin pasti cukup untuk Luna. Apalagi Luna sudah tidak mau lagi minum dari botol walaupun isinya ASI perah. Dia hanya mau minum dari payudara ibunya sambil dipeluk dan memandangi saya.
Pertumbuhan fisik & perkembangan motorik yang bagus, membuat Ibu dan nenek saya bangga. Setiap kali ada yang memuji Luna karena sehat, aktif dan ceria, beliau selalu berkata, "Anak ASI sih." Bahkan beliau mempromosikan ASI pada teman-teman kantornya yang masih muda. Target jangka pendek saya ingin memberikan hanya ASI untuk Luna sampai 6 bulan. Insya Allah setelah itu akan dilanjutkan MPASI & tetap ASI sampai Luna bosan. Salam ASI...


Ditampilkan sebanyak : 581

Comment by:
hidup ASI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! sekarang bunda fakhriy masih kasih asi klo malam padahal umur fakhriy dah 1 tahun lebih salam ASI ya bun!!!!!
Dikirim : 2008-05-22

Comment by:
wah.. hebat deh nih bisa asix sampe 6 bulan... and salut untuk mama luna
Dikirim : 2007-10-26

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
ourprincessluna's blog :