SITE STATUS
Jumlah Member :
498.795 member
user online :
1142 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Pentingnya Konsultasi Anak Saat Ia Beranjak Dewasa



Blog posted by

Pentingnya Konsultasi Anak Saat Ia Beranjak Dewasa


Blog posted on 31-05-2016

Banyak orang tua yang beranggapan konsultasi anak itu tidak perlu dilakukan saat tidak ada masalah dengan kesehatannya. Hal tersebut dikarenakan yang mereka mengerti bawasannya konsultasi itu dilakukan karena si kecil mengalami masalah.



Padahal, bukan itu inti dari berkonsultasi dengan dokter anak. Pakar perkembangan anak mengerti betul apa yang harus dilakukan agar perkembangan anak baik, bukan hanya untuk mengatasi masalah. Konsultasi itu bukan seperti pemeriksaan anak. Konsultasi lebih bersifat mencari tahu apa saja yang harus ibu lakukan kepada sang buah hati.



Saat anak ibu sudah mulai beranjak dewasa, maka penting sekali ibu melakukan konsultasi. Setidaknya ada dua hal yang perlu ibu konsultasikan.



Bakat Anak



Ibu tahu bakat anak ada di bidang apa? Mungkin ibu berpikir anak ibu masih balita sehingga belum terlihat ada bakat pada dirinya. Padahal, ibu harus tahu orang-orang cerdas di dunia ini umumnya dikarenakan orang tua mereka sudah melihat ada bakat tertentu saat mereka masih balita. Karena orang tua mereka sudah tahu bakat pada anak, maka orang tua fokus untuk mengasah bakat yang anak mereka miliki.



Ini pula yang seharusnya ibu lakukan. Jadi, jadikan anak ibu fokus dalam satu hal benar-benar 100% menguasai hal tersebut. Karena kebanyakan orang hebat itu orang yang sangat pintar dalam satu hal saja, tidak dalam banyak hal.



Yang harus ibu lakukan adalah berkonsultasi dengan pakar perkembangan anak. Mereka yang berkecimpung di bidang parenting akan melakukan serangkaian tes tertentu untuk menemukan bakat apa yang ada pada anak.



Sebenarnya ibu sebagai orang tua bisa melihat bakat anak sendiri. Apa yang anak ibu sukai kemungkinan besar adalah bakatnya. Hanya saja, terkadang anak bosan dengan hal yang ia sukai tersebut. Jadi, belum tentu juga hal tersebut sebagai bakat anak. Itulah mengapa konsultasi dengan pakar perkembangan balita itu sangat penting. Ibu akan tahu bakat anak, bukan hanya apa yang ia sukai lalu mungkin ia bosan suatu saat nanti.



Apa yang Harus Orang Tua Perbuat



Setelah ibu tahu bakat anak ibu, ibu juga perlu mengkonsultasikan tentang langkah apa yang  harus ibu lakukan selanjutnya. Tentu saja bakat harus diasah. Anak terkadang kurang bagus dalam skill tertentu padahal ia ada bakat dalam hal tersebut karena bakat tersebut tidak diasah secara maksimal.



Ketika bakat anak sudah diketahui, kebanyakan orang tua akan disarankan agar anak dimasukkan ke dalam kursus khusus untuk mengasah bakat tersebut. Seperti contoh, jika akan berbakat dalam bidang seni musik, maka tidak masalah jika anak dimasukkan ke dalam kursus musik. Biarkan anak berkenalan dengan berbagai alat musik. Ia akan memilih alat musik mana yang paling ia suka dan juga paling ia pintar mainkan. Di situlah bakat anak ibu.



Jadi, jangan beranggapan bahwa konsultasi itu hanya bersifat medis saja ya. Konsultasi juga bersifat psikis. Artinya, ibu perlu mengkonsultasikan tentang psikologi anak dan yang paling penting tentang bakat anak. Saat ia sudah berusia 3 atau 4 tahun, sangat tepat jika ibu  melakukan konsultasi anak. Semakin dini bakat anak ibu ketahui, maka semakin cepat bakat anak ibu akan terasah.



Saat si kecil sudah masuk sekolah, ibu tidak perlu lagi memaksa anak ibu untuk pintar semua pelajaran. Ibu hanya perlu mengarahkan anak untuk fokus terhadap pelajaran yang menunjang bakatnya.





Ditampilkan sebanyak : 383

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman