SITE STATUS
Jumlah Member :
505.884 member
user online :
425 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Luar Biasa, Seperti Ini Lho Perkembangan Janin Usia 4 Bulan



Blog posted by

Luar Biasa, Seperti Ini Lho Perkembangan Janin Usia 4 Bulan


Blog posted on 27-04-2016

Perkembangan janin sangat mengagumkan terutama ketika masa kehamilan sudah mencapai usia 4 bulan. Setiap ibu hamil pasti akan sangat bangga dan juga senang ketika usia janin yang ada di dalam rahim mencapai usia 4 bulan. Pasalnya, mereka merasakan seolah sang buah hati sudah hadir di dunia. Hal ini disebabkan sudah terasa tanda-tanda bahwa sang buah hati sudah hidup dan ada berada dengan sang ibu.



Jika ibu sekarang sedang mengandung dan usia kehamilan sudah mencapai 4 bulan, apakah ibu juga merasakan bahwa perkembangan janin normal? Ada beberapa tanda di mana ibu merasakan kehadian sang buah hati dan ia sudah ada di dunia ini.



Gerakan Menendang dan Memukul



Jika ibu merasakan adanya gerakan menendang dan memukul, itu tandanya perkembangan janin tidak perlu ibu khawatirkan. Salah satu tanda janin dalam keadaan sehat adalah adanya gerakan tersebut.



Pada usia 4 bulan, beberapa anggota tubuh sudah terbentuk. Janin sudah bisa melakukan gerakan-gerakan tertentu. Saat ibu melakukan konsultasi kehamilan dan dilakukan pemeriksaan USG, biasanya bayi akan melakukan gerakan menjauhi sinar dari alat USG. Hebat sekali, bukan?



Akan tetapi, yang paling sering ibu rasakan adalah adanya gerakan seperti tendangan dan pukulan. Ibu harus hati-hati ketika beraktivitas. Jangan sampai ibu terkaget dan akhirnya jatuh saat si kecil melakukan tendangan ya.



Janin Mendengarkan Suara



Walaupun masih ada di dalam rahim, janin usia 4 bulan sudah bisa mendengarkan suara. Tanda perkembangan janin yang satu ini bisa ibu buktikan sendiri dengan cara memperdengarkan musik kepada sang buah hati.



Ibu bisa memasang headset pada perut ibu. Lalu, lihat responnya. Apakah ada gerakan yang ibu rasakan? Jika ya, selamat ya bu. Perkembangan janin berarti normal.



Pada saat usia janin 4 bulan, para ahli kesehatan ibu hamil menyarankan agar lebih sering memperdengarkan musik. Boleh musik yang bernuansa bahagia atau musik klasik. Jadi, tidak hanya musik klasik seperti Mozart saja yang boleh diperdengarkan ya.



Hanya saja, ibu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memperdengarkan musik. Jika di siang hari saat si janin tidak sedang tidur, maka ibu bisa memperdengarkan musik yang ceria. Saat itulah si kecil akan merasa ceria sehingga melakukan gerakan-gerakan tertentu. Sementara itu, di malam hari, sebaiknya ibu memilih musik klasik yang tenang agar si kecil terlelap. 



Jika selama ini ibu tidak merasakan hal tersebut padahal usia kehamilan mencapai 4 bulan, alangkah baiknya jika ibu segera konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan untuk memastikan bagaimana perkembangan janin saat ini. Umumnya, janin yang sehat akan melakukan beberapa hal tersebut saat usianya mencapai 4 bulan atau sering disebut dengan trimester kedua.



Apakah jika tidak ada tanda-tanda pergerakan itu artinya ada masalah dengan perkembangan janin? Kemungkinan tersebut tentu saja ada. Hanya saja, ibu tidak perlu terlalu khawatir. Konsultasi akan membuat semuanya jelas. Jika hal buruk itu benar terjadi, setidaknya ibu bisa mendapatkan masukan apa yang harus ibu lakukan. Apakah selama ini ibu kurang mengkonsumsi makanan bergizi atau memang ada hal-hal yang diluar kontrol di mana hal tersebut mengganggu tumbuh kembang janin.



Untuk lebih jelasnya, ibu segera konsultasi kehamilan agar mendapatkan info yang pasti seputar perkembangan janin.





Ditampilkan sebanyak : 570

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman