SITE STATUS
Jumlah Member :
500.980 member
user online :
1126 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Susu Pertumbuhan Anak Rendah Lemak Ternyata Bukan Solusi Utama Obesitas



Blog posted by

Susu Pertumbuhan Anak Rendah Lemak Ternyata Bukan Solusi Utama Obesitas


Blog posted on 13-01-2016

Susu pertumbuhan anak itu bermacam-macam. Yang paling mendapatkan perhatian akhir-akhir ini adalah susu untuk anak yang rendah lemak. Dengan susu rendah lemak ini, banyak orang tua yang berharap berat badan anak yang over bisa teratasi. Berat badan sang buah hati bisa turun dan ia memiliki berat badan ideal sesuai usianya.





Sayangnya, tidak semua anak yang mengalami kegemukan atau obesitas bisa mendapatkan berat badan normal hanya dengan mengkonsumsi susu pertumbuhan rendah lemak. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan penelitian ilmiah. Untuk itu, jika ibu memiliki anak yang mengalami obesitas, perhatikan apa yang sebenarnya harus ibu lakukan.



Susu Anak Rendah Lemak Tidak Bisa Menurunkan Berat Badan



Ada seorang profesor pediatric dari University of Virginia Health System bernama Mark Daniel DeBoer, MD yang mengatakan susu anak memiliki kandungan lemak yang rendah tidak bisa diandalkan sebagai minuman yang bisa mengurangi berat badan. Hal ini beliau sampaikan berdasarkan penelitian yang beliau lakukan.



Susu rendah lemak itu dinamakan susu skim. Ini merupakan susu yang kadar lemaknya hanya 1 persen saja. Sementara itu, susu pertumbuhan anak biasa umumnya memiliki kadar lemak 2 persen.



Susu skim ini memang didesain untuk anak yang mengalami kelebihan berat badan. Sayangnya, tujuan tersebut sering melenceng. Justru anak yang mengkonsumsi susu skim tersebut memiliki badan yang beratnya lebih tinggi daripada anak yang mengkonsumsi susu formula biasa.



Menurut Mark, hal tersebut mungkin dikarenakan anak yang mengkonsumsi susu skim memang sudah memiliki berat badan yang tinggi. Selain itu, Mark menambahkan umumnya anak yang mengkonsumsi susu pertumbuhan biasa sudah merasa kenyang sehingga tidak ada gairah untuk makan makanan yang lain.



Lain hal dengan anak yang minum susu skim. Meskipun ia sudah minum susu, ia masih merasa lapar karena kandungan gula dalam susu memang sedikit. Sehingga, ia cenderung minta makan dengan porsi yang lebih banyak.



Itulah alasan kenapa susu pertumbuhan anak yang rendah lemak sekalipun tidak menjamin bisa menurunkan berat badan anak. Lalu, apa yang harus ibu lakukan jika anak ibu mengalami kegemukan atau obesitas?



Cara Paling Tepat Mengatasi Obesitas pada Anak



Sebenarnya, fakta tersebut di atas tidak lantas menyimpulkan bahwa memberikan susu skim itu hal yang sia-sia saja. Tetap saja jika sang buah hati ibu mengalami masalah kegemukan sebaiknya mengkonsumsi susu jenis ini.



Hanya saja, ibu juga harus mengatur menu makanan. Berilah makanan yang menunjang program menurunan berat badan. Pilihlah menu makanan yang tinggi lemak. Ibu bisa memilihkan menu makanan yang tinggi karbohidrat sehingga anak ibu akan merasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi banyak makanan.



Selain itu, ibu juga harus rajin mengajak sang buah hati untuk olahraga. Ibu harus ingat tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh kegiatan fisik, bukan hanya nutrisi yang didapatkan dari makanan dan minuman. Sesibuk apapun, ibu harus meluangkan waktu untuk mengajak anak berolahraga seperti lari kecil, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.



Jadi, ibu sekarang sudah tahu kenapa masalah kegemukan yang dialami oleh anak ibu belum bisa diatasi walaupun ibu sudah memberikan susu rendah lemak. Biarkan saja anak mengkonsumsi susu skim. Namun, ibu juga harus memberikan menu makanan yang rendah lemak serta mengajak si kecil untuk berolahraga. Jadi, apakah ibu hanya ingin mengandalkan pada susu pertumbuhan anak?





Ditampilkan sebanyak : 520

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman