SITE STATUS
Jumlah Member :
505.886 member
user online :
465 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Efek Negatif Overstimulasi pada Bayi



Blog posted by

Efek Negatif Overstimulasi pada Bayi


Blog posted on 06-01-2013
 Adalah manusiawi jika orangtua menginginkan buah hati yang tumbuh cerdas dan berprestasi. Namun kadang secara tak sadar orangtua memberikan stimulasi berlebihan (overstimulasi) untuk mencapai keinginan ini. Seperti, jumlah mainan yang diberikan pada bayi terlalu banyak, rentang stimulasi terlalu lama, atau memaksakan aktivitas yang sebenarnya tak disukai anak. 

 Deasy Andriani, Psi, Direktur Olifant School Yogyakarta mengatakan overstimulasi juga mencakup saat bayi tidak diberikan waktu bebas untuk mengeksplorasi lingkungannya secara mandiri (namun selalu diarahkan orangtua). Pemberian stimulasi yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan bayi juga masuk dalam overstimulasi. Misal menstimulasi bayi untuk berjalan padahal tulangnya belum kuat. Jika bayi mengalami overstimulasi ia akan cenderung rewel, menangis atau memalingkan wajah dari objek stimulasi yang diberikan.


 Overstimulasi memberikan efek negatif pada bayi di antaranya:


 * Emosi negatif.Bayi menjadi mudah marah, sering menangis, dan susah ditenangkan lantaran stimulasi yang acapkali ia dapatkan membuatnya bosan. Ia pun merasa tak dipahami oleh orangtuanya. 


 * Kemampuan belajar menurun. Kebanyakan stimulasi dalam waktu bersamaan. Contoh: setelah diberikan flashcard, lalu dipertontonkan VCD edukatif, setelah itu diajak bermain pasel sederhana. Hal ini justru membuat bayi sulit mencerna dan tak mampu memahami stimulasi yang diberikan orangtuanya.


 * Menolak.Bayi menolak stimulasi secara konsisten/terus menerus, bukan hanya sesaat. Bayi terlihat cuek dan kurang responsif terhadap lingkungan


 


 




Ditampilkan sebanyak : 811

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
azrielshop's blog :