SITE STATUS
Jumlah Member :
503.595 member
user online :
425 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN BIKIN KITA SEHAT



Blog posted by

BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN BIKIN KITA SEHAT


Blog posted on 27-05-2010














Strawberry



Buah strawberry menyimpan nutrisi yang luar biasa. Selain antioksidan tersebut, ia juga kaya serat, rendah kalori dan mengandung vitamin C, folat, potassium,, serta asam ellagic. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol, dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut, Strawberry dapat meredam gejala stroke.



Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput. Strawberry dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi. Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi.





Apel



Kemungkinan anak-anak yang minum jus buah apel setidaknya sekali mengalami sesak nafas 50 persen lebih kecil daripada mereka yang minum kurang dari sekali dalam satu bulan, demikian temuan penelitian tersebut.

Adapun manfaat apel untuk terapi antara lain, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menstabilkan gula darah, membunuh virus infeksi, meningkatkan HDL, memperlancar pencernaan, meningkatkan kemampuan jantung, hingga mempertahankan kesehatan urat syaraf,beberapa saat setelah dimakan kadar glukosa darah akan meningkat dan menimbulkan rasa kenyang.





Jeruk




Mengonsumsi jeruk dan jus jeruk terbukti memberikan perlindungan tubuh dari kanker dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Satu studi di Swedia menemukan bahwa makan jeruk satu buah perhari mengurangi risiko kanker pankreas 50-66 persen bila dibandingkan dengan makan jeruk kurang dari sekali per minggu.

Vitamin paling dikenal yang terkandung dalam jeruk adalah vitamin C. Vitamin esensial larut air ini memainkan peranan kunci dalam proses pembentukan kolagen yang merupakan komponen dasar pembentukan jaringan penghubung dalam tubuh. Pembentukan kolagen optimal sangat diperlukan untuk pembentukan ligamen, tendon, dentin, kulit, pembuluh darah, dan tulang. Juga membantu proses penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.





Nanas



Para wanita, khususnya yang rentan keropos tulang, dianjurkan menyukai jus nenas dan meminumnya secara teratur bersamaan dengan upaya mencukupi asupan kalsium.

Buah nanas dapat dijadikan minuman yang mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah, manfaat jus nanas adalah membantu mencerna protein dan konstipasi berkat kandungan bromelin yang merupakan kompleks pemecah protein, enzim ini juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan sembelit, infeksi pada saluran pernafasan, dan arthritis, kandungan lain pada buah nanas yaitu anzim peroxidase yang berfungsi mencegah tumor, buah nanas juga kaya akan vitamin C dan kalium.



Jambu



Menurut hasil penelitian ternyata, jambu biji dan ekstrak daun jambu biji dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya diabetes melitus, diare, dan demam berdarah.

Hal ini disebabkan karena jus jambu biji mengandung guava polyphenol yang dapat meningkatkan konsentrasi plasma insulin dalam darah sehingga dapat menurunkan kandungan gula darah.

Selain itu kelompok senyawa tanin dan flavonoid dalam jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab penyakit demam berdarah dangue (DBD). Sehingga jambu biji berpotensi sangat besar untuk dijadikan sebagai obat alternatif.



Alpukat



Jus dari Alpukat Hijau yang Kental. Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber enerji yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa. Menurunkan risiko strok, menurunkan risiko stroke dan serangan jantung, alpukat merupakan satu – satunya buah yang kaya lemak.

Kadarnya lebih dari dua kali kandungan lemak dalam durian. Walaupun demikian, lemak alpukat termasuk lemak sehat, karena didominasikan asam lemak tak jenuh tunggal oleat yang bersifat antioksidan kuat.





Melon





Jus dari Melon Segar. Kaya akan kandungan vitamin A, B kompleks dan C serta mineral kalium dan magnesium. Melon juga dapat membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun. Melon adalah buah yang banyak tumbuh di iklim subtropis dan mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker.

Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical.





Sirsak



Jus dari Sirsak Putih. Sari buah (jus) sirsak di dalam sistern pencernaan akan meningkatkan selera makan.Sirsak punya banyak manfaat. Di dalamnya terdapat zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.



Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total.





Mangga



Manfaat mangga untuk terapi antara lain : Desinfektan tubuh, Pembersih darah, Menurunkan panas badan, Menghilangkan bau badan. Jus mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah.





Belimbing



Terapi jus belimbing manis untuk penyembuhan asam urat dan rematik. Buah belimbing ( Averhoa carambola Linn ) termasuk dalam keluarga Oxalidaceae, buah belimbing mempunyai serat yang halus, rasa yang manis, segar dan dagingnya berair.

Kandungan vitamin C pada buah belimbing banyak digunakan sebagai antioksidan, maningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit serta menurunkan darah tinggi, buah blimbing juga mengandung pektin yang berfungsi menurunkan kolesterol dan asam empedu dalam tubuh.





Tomat



Terapi jus tomat untuk penyembuhan asam urat dan rematik.Buah tomat ( Solanum lycopersicum Linn ) mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya adalah vitamin B, C, dan K. kandungan zat besi, fosfor, karoten, likopen, potassium, kalsium, dan yodium. Sari dari buah tomat mempunyai kadar kalori yang rendah dan kandungan vitamin C yang tinggi.





Semangka

Buah semangka ( Citrullus vulgaris ) termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Buah semangka mengandung banyak air dengan kalori yang rendah sehingga dapat berfungsi sebagai diuretik. Warna merah atau kuning pada buah semangka berasal dari pigmen karotenoid jenis flavonoid yang berguna sebagai pelindung dari serangan radikal bebas.





Pear



Mengkonsumsi buah pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi,berminyak, dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.





Wortel



Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Jus wortel memiliki efek terhadap kesehatan. Minum jus wortel juga bagus untuk efek pembersihan liver dengan kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran ini. Vitamin A mengurangi empedu dan lemak di dalam liver.





Manfaat jus wortel adalah berguna sebagai anti-inflammatory dan menyegarkan kulit. Dan dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, jus wortel membantu memudarkan bercak-bercak di kulit. – Jus wortel yang dikonsumsi tiap hari mampu mengatasi kulit kasar karena bercak dan pigmentasi.












Ditampilkan sebanyak : 1434

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
imas-z's blog :