SITE STATUS
Jumlah Member :
498.657 member
user online :
456 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- KEKELIRUAN OSTEOPOROSIS



Blog posted by

KEKELIRUAN OSTEOPOROSIS


Blog posted on 25-05-2009

Kita sering mendengar isyu dari pihak yang kurang
bertanggungjawab, yang menyebutkan salah satu penyebab dari Osteoporosis adalah dari kebiasaan mengkomsumsi soft drink dan minuman penambah stamina/energy drink. Selain itu disebutkan juga
bahwa kalsium tubuh akan diserap oleh bahan-bahan (ingredients)
yang terkandung dalam minuman instant. Benarkah? Mari kita kaji lebih ilmiah

Penyakit Osteoporosis atau Kerapuhan Tulang (KT) dapat terjadi baik pada pria maupun wanita. Namun resiko terjadinya osteoporosis pada wanita lebih tinggi karena mengalami menopause (> 45 tahun), yaitu masa dimana terjadi penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh
(masa berhenti haid). Sedangkan pada pria osteoporosis terjadi di usia lanjut (> 70 th). Diperkirakan 1 dari 3 wanita dan 1 dari 12 pria di atas usia 50 tahun di seluruh dunia mengidap osteoporosis. Pada stadium awal osteoporosis tidak memberikan gejala yang nyata, kita dapat curiga apabila ada rasa sakit di punggung bagian bawah, ada pemendekan tinggi badan, tubuh makin lama makin membungkuk.

Untuk mengetahui secara dini terjadinya osteoporosis, dapat digunakan
beberapa pemeriksaan seperti: Pengukuran kepadatan massa tulang (Bone Mineral Density/BMD) dengan Densitometer. Pemeriksaan Laboratorium dengan mengukur petanda biokimiawi untuk mengetahui keseimbangan pembentukan dan penghancuran tulang. Osteoporosis dapat dicegah dengan mengkonsumsi nutrisi berkalsium tinggi dan aktivitas fisik dengan beban.

Hal apa saja yang dapat menghilangkan kalsium?

Kekurangan vitamin D.
Seperti diketahui, vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan
kalsium dalam usus. Karena itu, harus dipastikan bahwa tubuh kita tidak kekurangan asupan vitamin

Sodium.
Pola makan yang tinggi sodium meningkatkan kehilangan kalsium dan mineral lain.Sebuah penelitian menyatakan bahwa setiap kelebihan dua gram asupan sodium akan menurunkan penyerapan kalsium sekitar 30-40 mg.

Pengobatan.
Sejumlah pengobatan untuk asma, jantung dan rematik diketahui dapat
mempengaruhi penyerapan kalsium. Untuk itu, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan obat-obatan yang dapat mengganggu penyerapan kalsium.Gaya
hidup yang tidak baik. Merokok dan minum-minuman beralkohol sangat
merugikan dalam kaitannya dengan osteoporosis. Penelitian menunjukan bahwa merokok mempercepat kehilangan tulang dan andil atas berkurangnya kemampuan penyerapan kalsium. Sementara itu, minum-minuman beralkohol dapat merusak massa tulang sehingga meningkatkan resiko patah tulang.Konsumsi soda dan kafein yang berlebihan juga dapat menggangu penyerapan kalsium.
Kafein yang terkandung dalam sejumlah minuman ringan biasanya
mengandung sekitar 10 sampai 50 miligram kafein per sajian. Kafein
pada minuman jenis ini berasal dapat berasal dari bahan ramuan minuman itu sendiri ataunya dari bahan aditif yang didapatkan dari proses dekafeinasi. Guarana, bahan utama pembuatan minuman energi, mengandung sejumlah besar kafeina dengan jumlah teobromina dan teofilina yang kecil. Gaya hidup yang tidak aktif. Mereka yang kurang atau tidak pernah berolahraga, terutama aktivitas fisik yang mendukung berat badan, dan kekurangan asupan kalsium beresiko kehilangan kalsium dari tulang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa soft drink dan minuman penambah
stamina/energy drink bukanlah penyebab utama dari penyakit Osteoporosis. Karena Osteoporosis disebabkan oleh faktor usia yang terus bertambah dan kemampuan tulang untuk menyerap kalsium berkurang karena makin berkurangnya hormon yang dihasilkan oleh tubuh. Walaupun salah satu faktor yang mempengaruhi penyerapan kalsium adalah konsumsi soda dan kafein yang biasa terkandung didalam minuman instant namun zat ini tidak berpengaruh karena persentase
kandungan soda dan kafein itu kecil. Osteoporosis tidak akan mengancam kita apabila kita mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein sesuai dengan petunjuknya dan menerapkan pola hidup sehat.

(Sumber : buklet "Mengenal Osteoporosis" , Novell Pharmaceutical Laboratories) .


Ditampilkan sebanyak : 644

Comment by:
bagus.. makasih... semoga bermanfaat...
Dikirim : 2009-05-29

Comment by:
good news,..
Dikirim : 2009-05-27

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
cusna's blog :