SITE STATUS
Jumlah Member :
504.412 member
user online :
526 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Nailah vs Hirschprung



Blog posted by

Nailah vs Hirschprung


Blog posted on 11-01-2009
Hirschprung? aku kaget saat mendengar kata itu dan lebih kaget lagi setelah mendengar penjelasan dari dokter bahwa arti kata itu adalah cacat usus. cacat usus? ya... ternyata ada bagian pada usus anakku yang tidak memiliki persyarafan,sehingga susah mendorong kotoran keluar. Ya Allah... ternyata hal inilah yang membuat bayi mungilku Nailah (pada saat itu berumur 2 bulan) susah poop selama beberapa hari. Kata dokter, tindakan yang harus kami lakukan adalah oprasi untuk memotong usus yang tidak berfungsi. Ya Allah... bunda mana yang tega melihat bayi mungilnya dioperasi? Aku benar2 kaget. Apalagi saat mendengar penjelasan itu aku tidak didampingi suamiku. Sepanjang perjalanan pulang aku tidak bisa membendung airmataku. Setelah aku bercerita pada suamiku, kata suamiku kami tidak boleh gegabah. kami harus cari informasi dulu tentang penyakit ini. Butuh waktu lama bagi kami untuk mencari info karena kami ingin tahu semuanya dengan jelas. 1 bulan setelah nailah didiagnosa hirschprung, terjadi musibah bayi tetangga kami meninggal dunia. Padahal bayi itu baru 8bulan. Karena kami baru pindah rumah, jadi kami tidak tahu apa2. Setelah mendengar cerita dari tetangga,ternyata bayi itu dioperasi ususnya oleh seorang dokter. pasca operasi bayi itu tidak kunjung sembuh. Luka bekas operasinya mengeluarkan cairan terus. hingga akhirnya meninggal dunia. innalillahi wainalillahiroji'un.Dan yang membuat kami terkejut lagi,dokter yang mengoperasi adalah dokter yang menyarankan operasi anak kami. setelah kami mencari tahu ternyata dokter itu bukan dokter spesialis bedah anak. Dan yang mengejutkan sudah banyak korban salah operasinya. Esok harinya kami langsung minta dirujuk ke RS lain diluar kota yang memilki ahli bedah anak. Kamisempat ngotot, karena perusahaan tempat suami saya bekerja bekerjasama dengan RS tersebut. Butuh waktu 1minggu hingga surat rujukan kami terima. Akhirnya kami dirujuk ke RS Dharmo di SBY. Disana ada ahli bedah anak yang sudah senior namanya dr.Purwanto. Setelah jauh2 kami datang dari Kal-Tim ternyata dokter sedang ada konfrensi di Bali sehingga kami harus tertahan 1minggu.Setelah dichek2,ternyata usus anak kami yang cacat hanya 1cm. Dan menurut dr.Purwanto TIDAK PERLU DIOPERASI. Seiring dengan berjalannya waktu anak kami akan bisa poop sendiri apalagi jika dia sudah bisa mengejan. Pesan dokter kepada kami adalah jangan lupa makan buah2an dan makanan berserat. Untuk sementara Nailah poop dibantu obat2an yang dimasukkan dari dubur dan jika perlu diminumkan obat pancahar. Alhamdulillah... saat umur Nailah 8 bulan Nailah sudah bisa poop sendiri hingga lepas dari ketegantungan terhadap obat. Sekarang nailah sudah 1 th. Nailah sudah bisa tesenyum ceria.


Ditampilkan sebanyak : 1786

Comment by:
wah alhamdulilah dehh untung gak ikutin dokter pertama.. aku bacanya ampe merinding.. yaud, cepet sehat yah dekk
Dikirim : 2009-01-18

Comment by:
duh dokter mana tuh ris yan seenaknya aja. alhamdulilah ya nailah dah sembuh.semoga sehat2 selalu ya naila, amin.
Dikirim : 2009-01-16

Comment by:
Ya Alloh...knp dokter segegabah itu menyrankan operasi, untung nailah ga jd dioperasi,alhamdulilah Alloh SWT masih sayaaaaang sm nailah, smg sehat terus ya sayang..
Dikirim : 2009-01-15

Comment by:
Syukur Alhamdulillah ya nailah sudah sehat tanpa dioperasi. Ya Allah yang saya takutkan ini persis banget loh dengan Malika ku.. Kalau mau pup seperti apa yg Nailah rasakan. duu.. aku jadi takut nih,tp terkadang lancar dan bisa 2-3 hari gak pup.
Dikirim : 2009-01-13

Comment by:
Alhamdulillah... Semoga Nailah sehat selalu n makin lucu n nggemesin! Kayla dulu juga jarang BAB sampe umur 3 bulan. Sempat khawatir, tp alhamdulillah setelah 3 bulan jadi lancar dgn sendirinya tanpa dikasih obat2an
Dikirim : 2009-01-13

Comment by:
Alhamdulillah,Allah tidak akan memberi cobaan diluar kemampuan qta.Semoga sehat selalu Nailah.
Dikirim : 2009-01-13

Comment by:
Alhamdulillah..kok bisa sih dokter itu masih praktek? kasian kan pasien2nya...mudah2an Nailah tetep sehat dan pintar yah
Dikirim : 2009-01-12

Comment by:
sehat selalu ya nailah sayang.... bunda rista..tulisan yg bagus semoga bermanfaat bagi ibu-ibu lain
Dikirim : 2009-01-12

Comment by:
Alhamdulillah bunda, Allah SWT masih memberikan petunjuk-Nya bagi bunda sekeluarga shg bunda diberi jalan untuk mencari second opinion. Baru sekarang saya denger ada kelainan usus spt itu dari cerita bunda. Halo Nailah sehat2 selalu ya Nak !
Dikirim : 2009-01-12

Comment by:
alhamdullilah... Semoga makin banyak orang tua yang seperti bunda nailah yang nggak gegabah langsung percaya apa kata dokter. Dokter juga kan manusia, bisa salah juga. Nggak ada salahnya cari opini kedua, atau ketiga karena anak2 kita terlalu berharga untuk menanggung tindakan medis yang sebetulnya nggak perlu. Salam kenal ya bunda. salam untuk nailah... Love, Bundanya Selma
Dikirim : 2009-01-12

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
rista's blog :