SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
3161 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Hal-hal Penting untuk Pemilik Kartu Kredit Pemula

(Posted:2015-09-23 14:22:25)

Entah disadari atau tidak, cara pembayaran tunai perlahan-lahan sudah mulai berkurang saat ini. Apa pun yang kita lakukan, dari mulai naik taksi, makan di restoran, bayar belanjaan, hingga layanan pesan antar, semua bisa diselesaikan dengan kartu kredit.



Bagi Anda yang berencana untuk mengajukan aplikasi kartu kredit atau tergolong baru memiliki kartu plastik berisi microchip ini, ketahuilah beberapa hal berikut:

1. Pahami isi tagihan kartu kredit

Sebagai nasabah bank atau kartu kredit, Anda berhak menanyakan secara detil tentang hal-hal yang tidak Anda mengerti. Cara yang termudah ialah menelepon call center bank penerbit kartu yang biasanya siap membantu 24 jam. Jangan abaikan tagihan Anda, tapi cobalah memahami semua yang tertera di dalamnya. Baca Money Basics LiveOlive untuk memperoleh gambaran jelas tentang saldo akhir, pagu kredit, tentang total pembayaran minimum, dan lain-lain.

2. Kartu kredit bukan kartu ATM

Saat menerima kartu kredit untuk pertama kalinya, bank akan memberikan PIN kartu yang diperlukan ketika membayar di toko, sekaligus bisa digunakan untuk mengakses ATM.

Meski naluri pertama saat menghampiri ATM ialah untuk mengambil uang tunai, ketahui kalau kartu kredit mengenakan bunga lebih besar untuk tarik tunai dibandingkan transaksi biasa. Oleh sebab itu, jika Anda benar-benar tidak punya uang tunai di dompet, lebih baik gunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran daripada melakukan tarik tunai – tapi ingat, Anda harus melunasinya sebelum tagihan kartu kredit berikutnya tiba!

3. Pembayaran minimum

Seperti banyak pengguna kartu kredit pemula, ketika melihat kolom “Pembayaran Minimum”, Sinta mengira ia hanya perlu membayar jumlah tersebut setiap bulannya. Setelah beberapa bulan melakukan hal tersebut, ia menyadari bahwa jumlah tagihan kartu kreditnya tak kunjung berkurang.

Dengan melakukan pembayaran minimum, Anda secara sadar mempertahankan utang kartu kredit Anda. Padahal, bank mengenakan bunga sekitar 3% per bulan atau hampir 40% per tahun!

Kuncinya, kontrol pemakaian kartu kredit Anda sesuai anggaran yang tersedia dan jadikan tagihan kartu kredit sebagai prioritas utama yang harus Anda lunasi begitu menerima gaji. Pastikan Anda tidak meninggalkan saldo utang.

4. Maksimalkan manfaat kartu

Kartu kredit memang dibuat untuk memanjakan nasabahnya. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Online shopping

Dengan memiliki kartu kredit, Anda pun semakin mudah untuk melakukan transaksi pembelian online, terutama untuk memesan tiket pesawat dan akomodasi liburan. Jika Anda ingin memaksimalkan keamanan, gunakan sistem pembayaran online semacam PayPal.

  • Cashback

Beberapa kartu kredit kini menawarkan cashback untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu senilai jumlah tertentu, entah itu untuk semua transaksi atau hanya di merchant tertentu, misalnya untuk pengisian bensin.

  • Beli 1 gratis 1 (buy 1 get 1)

Promo yang satu ini paling sering ditemui untuk pembelian tiket bioskop dan menu restoran pada hari-hari tertentu. Jika Anda dan pasangan punya kartu kredit yang berbeda, tidak ada salahnya untuk menanyakan promo-promo yang sedang berjalan dalam bulan tersebut.

Pemakaian kartu kredit yang bijaksana tidak hanya akan memudahkan transaksi, tapi juga memberi Anda diskon untuk hal-hal yang Anda sukai. 


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman