SITE STATUS
Jumlah Member :
499.965 member
user online :
928 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Bayi Kembar Lima Hasil Inseminasi

(Posted:2015-06-24 13:25:12)

Kebahagiaan terpancar dari pasangan Nia Rachmawati dan Hari Saputra warga kompleks perumahan TNI AL Kenjeran Kota Surabaya, yang beberapa waktu lalu telah melahirkan anak kedua. Kelahiran anak kedua ini pasangan dikaruniai bayi kembar, bukan dua atau tiga, melainkan kembar lima.



Bayi kembar lima yang dilahirkan di RSUD dr. Soetomo Surabaya merupakan hasil dari program inseminasi yang kesekian kalinya, karena menurut salah satu dokter yang menangani yaitu dr. Relly Yanuari Primariawan SpOG ibu bayi tersebut sebelumnya telah melakukan inseminasi dan bayi tabung, meskipun sebelumnya telah memiliki anak kurang lebih lima tahun yang lalu, tetapi telah meninggal. Pasangan Hari dan Nia melakukan inseminasi di Klinik Fertilitas RSU dr Soetomo Surabaya dimulai sejak Oktober 2014. Setelah lima minggu proses inseminasi diketahui janin ternyata kembar lima. Kehamilan di usia enam minggu sudah diketahui kembar lima. Meski kondisinya lemah, Nia sangat kuat untuk bertahan sampai usia kandungan tujuh bulan dua Minggu. Kemudian dilakukan operasi cesar pada usia kehamilan 32 minggu karena ditakutkan membahayakan bayi dan ibu bayi. Sebenarnya usia kandungan cukup untuk melahirkan adalah 37 minggu, karena dilahirkan premature, kelima bayi kembar tersebut sedang dirawat intensif di ruang Neonatus Intensive Care Unit (NICU) karena masuk fase penyempurnaan fungsi jantung yang disebabkan dilahirkan dalam kondisi prematur. 

Kepala Divisi Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi Departemen Obstetri-Ginekologi (obgin) RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Relly Yanuari Primariawan, Sp.OG menjelaskan, lima bayi ini kembar ini merupakan kembar non identik (dizigotik) karena pada saat proses inseminasi, terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang dibuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Kembar identik disebabkan oleh sel telur yang dibuahi sperma mengalami pembelahan sel. Apabila pembelahan sel sempurna, kembar juga akan terjadi sempurna. Jika pembelahan sel tidak sempurna, akan terjadi kembar siam atau dempet.  


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman